--> √√ Google Search Engine Optimization : 20+ Tips dan Trik untuk menggunakannya -->

√√ Google Search Engine Optimization : 20 lebih Tips dan Trik untuk Menggunakannya


Daftar isi [Tutup]
    Advertisement
      Hai Teman-Teman, saat ini, siapa sih yang tidak kenal Google? Perusahaan raksasa yang sudah menguasai hajat hidup orang banyak. Kenapa seperti itu? 

    Karena hampir semua orang yang menggunakan internet memakai layanan Google. Lalu apakah Teman-Teman sudah mengetahui untuk mengoptimalkan mesin pencari Google ini?

    Awalnya Google hanya memberikan layanan Google Search Engine saja, namun seiring berjalanannya waktu, banyak layanan yang diberikan oleh Google.

    Namun Search Engine masih menjadi layanan terbaik yang dimiliki Google.

    Yuk kita bahas mengenai Google Search Engine Optimization, untuk menghasilkan dan menggunakan  pencarian kita di Google dengan efektif dan efisien.

    ilustrasi Google Search Engine Optimization




    Pengertian Google Search Engine

    Mesin pencari Google merupakan sistem yang akan mengumpulkan data di internet, kemudian bisa menyajikan data untuk Teman-Teman. 

    Search Engine ini bekerja siang malam tanpa kenal lelah tanpa kenal waktu, iyalah, wong Search Engine ini adalah robot atau biasa lebih dikenal Bot Google hehe

    Google menampilkan data yang dicari kalian berdasarkan kata kunci. Google akan memberikan data sesuai dengan kata kunci yang di masukkan ke dalam kotak pencarian Google.

    Tampilan_Google_Search_Engine


    Data yang ada di internet jumlahnya sangat banyak, bahkan miliaran data, atau triliunan, pokoknya banyak banget deh. Untuk mencari data tertentu, makanya kita butuh yang namanya mesin pencari atau Search Engine salah satunya milik Google ini.

    Search Engine milik Google selalu dikembangkan dan selalu diperbaiki oleh Google.

    Hal ini yang kadang membuat dilema para Blogger? Kenapa demikian? Karena kadang ada Blogger yang mengejar artikel yang ramah Search Engine, namun karena Search Engine ini selalu berkembang, bisa jadi di tahun tertentu atau di periode tertentu.

    Bisa jadi cara yang sama sudah tidak relevan lagi di mata mesin pencari, salah satunya algoritma Search Engine miliknya Google yang sering berubah.

    Misalnya dulu saat sebelum 2010 an, blogger mungkin untuk bisa dapat peringkat 1 (halaman 1) bisa jadi dengan cara menyebar kata kunci sebanyak mungkin (densitas keyword), yang artinya sangat ramah Search Engine, namun bagi visitor mungkin berfikir, bahasanya kurang cocok atau susah dipahami dsb.

    Namun untuk kondisi saat ini, dengan algoritma dan perbaikan terus menerus, Search Engine sudah seperti atau mendekati perilakunya manusia, yang mana Search Engine Google bisa menilai oh ini artikel enak dibaca, oh ini kebanyakan keyword dan lain sebagainya.

    Dengan sistem dan algoritma yang selalu berkembang, Search Engine Google akan memberikan hasil pencarian yang terbaik sesuai Sistem yang di buat oleh Google. 

    Dalam hitungan sepersekian detik kata kunci yang di cari akan disajikan dengan cepat, dan tentunya yang paling relevan menurut kata kunci yang dimasukkan.

    Begitulan Search Engine miliknya Google bekerja saat ini, dan kemungkinan Search Engine yang lain pun perilakunya akan mengikuti miliknya Google ini. Kalau tidak mengikuti, mungkin para penggunanya akan lari dan menggunakan Search Engine miliknya Google, karena yang terbukti memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan penggunanya.



    Apa Saja yang dilakukan oleh Mesin Pencari Google?

    Google di internet dunia ini akan melakukan pekerjaannya untuk mengumpulkan data, kemudian mengolah data dan menyajikan data untuk Teman-Teman yang sedang membutuhkan data melalui mekanisme input kata kunci di Google Search Engine.

    Secara lengkap apa saja yang dilakukan Google Search Engine dapat di baca disini, mengutip sedikit dari sumber tersebut, Google akan melakukan hal-hal berikut ini.
    1. Crawling
      Merupakan kegiatan oleh Google Search Engine untuk mengumpulkan data secara terus menerus di internet dan menambahkannya ke dalam daftar halaman yang dikenal.

      Proses crawling ini umumnya dilakukan sendiri oleh Google, namun kita sebagai pemilik blog atau website pun bisa membantu memberitahu Google untuk melakukan Crawling di Blog atau Situs kita melalui layanan Google yaitu Google Search Console.

      Untuk memberitahu secara manual Google Search Engine, kita bisa memanfaatkan Google Webmaster untuk submit URL, untuk submit peta situs, sehingga artikel kita atau posting kita akan segera di indeks oleh Google.



      Dalam melakukan Crawling pun Google akan memilah-milah, karena tidak semua directory atau URL ataupun halaman tertentu boleh di telusuri, misalnya halaman yang tidak boleh di telusuri seperti halaman contact, atau directory admin dan lain sebagainya.

      Kita bisa mengaturnya dengan pengaturan khusus di Robots txt.

      Google Search Engine akan melakukan Crawling pada situs atau blog yang sesuai dengan syarat dan ketentuannya Google.

      Sehingga halaman-halaman / situs website atau blog mungkin yang isinya judi, perdagangan ilegal, obat-obtan terlarang dan yang mengandung kata-kata yang memang di sensor oleh Google, tidak akan di Crawling oleh Google.

    2. Pengindeksan
      Selanjutnya Google akan melakukan pengindeksan, yaitu kegiatan menganalisa yang dilakukan oleh Google Search Engine terhadap hasil Crawling tadi.

      Yang di analisa adalah teks, video, gambar, lalu Google akan menyimpannya di dalam database Google.
      indeks pada Google Search Engine Optimization
      Sumber : Pexels

      Ini yang penting kita pahami sebagai Blogger, bahwa Google melalui halama support, silakan klik di sini untuk menuju ke sana.

      Google memberikan bocoran setidaknya agar bisa di indeks lebih baik oleh Google, yaitu kita sebagai Blogger diminta untuk membuat judul halaman yang pendek dan bermakna.

      Kemudian diminta untuk menggunakan judul halaman yang menyampaikan subjek atau isi halaman tersebut dengan kata lain adalah keyword atau kata kunci artikel tersebut.

      Gunakan teks utuk menyampaikan informasi, karena Google menyampaikan sendiri bahwa Google bisa memahami gambar dan video namun tidak sebaik memahami teks.

      Jika kita menambahkan gambar atau video silakan deskripsikan Gambar atau Video tersebut dengan cara memberikan alt teks dan atribut lainnya yang relevan terhadap gambar/video tersebut.

    3. Penayangan dan Pemberian Peringkat
      Saat kita mengetik kata kunci dalam Google Search Engine, maka Google akan memberikan hasil yang paling relevan menurut Google.

      Yang paling relevan ini banyak kategorinya, misalnya dari kategori tempat, kemudian dari bahasa, perangkat dan lain sebagainya.

      Untuk bisa dijadikan sebagai peringkat yang baik di Google Search Engine, Google memberikan saran sehingga artikel blog atau website kita akan menjadi paling direkomendasikan oleh Google, alias mendapat rangking pertama pada Google Search Engine.

      Ini yang menjadi cita-cita para blogger pada umumnya, artikel bisa mejeng di page one (halaman pertama) dan traffic banyak yang masuk. Termasuk Admin juga hehe.

      Sarannya Google yaitu, buat web atau blog yang cepat dan mobile friendly (karena sebagian besar orang menggunakan mobile untuk akses internet).

      Kemudian isi artikel yang berguna dan sesuai dengan judul atau kata kunci, lalu tidak melanggar kebijakan Google.

      Infonya, Google menyukai artikel atau postingan yang menjaga sekali orisinalitas dan juga kedalaman dalam membahas, alias yang membahas rinci dan detail terhadap suatu keyword.

      Hal ini akan mendapat penilaian terbaik di mata Google Search Engine atau mesin pencari Google.

      Ilmu ini yang akan terus berkembang, dan Admin sendiri selalu dan selalu belajar bagaimana membuat konten yang se-ori mungkin serta yang sebaik mungkin, baik di mata mesin pencari Google maupun di mata visitor blog ini.

      Kalau Teman-Teman punya saran untuk memperbaiki artikel Admin, bisa donk di tuliskan di kolom komentar seperti apa sih sarannya? Terimakasih sebelumnya Teman-Teman.

    Google Search Engine Optimization apa?

    Optimasi Mesin Pencari Google merupakan suatu cara untuk mengoptimalkan mesin pencari Google, sehingga hasil pencarian dari keyword atau kata kunci yang di dapatkan menghasilkan data yang sesuai atau yang paling relevan menurut kita.

    Teknik pencarian di Google sebenarnya sangat banyak sekali, dengan kita mengetahui teknik pencarian tersebut di Google agar hasil yang didapatkan tepat sasaran dan tentunya efektif.

    Jadi harapannya adalah, hasil yang keluar sesuai dengan keinginan kita dan menjawab kebutuhan kita.

    Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan hasil pencarian di Google Search Engine.

    Yang harus Kalian lakukan adalah, silakan menuju Google.com, lalu gunakan perintah-perintah pencarian Google berikut ini.
    1. Gunakan tanda petik saat mencari kata kunci di Google Search untuk mendapatkan hasil sesuai dengan urutan kata dalam tanda petik (").
      tanda petik Google Search Engine Optimization


    2. Gunakan tanda minus (-) untuk mencari pengertian selain yang dikecualikan pada Mesin Pencari Google.
      tanda minus Google Search Engine Optimization

      Beda hasilnya dengan tanpa tanda minus (-). Cukup jelas ya perbedaannya?
      tanpa tanda minus Google Search Engine Optimization

    3. Gunakan tanda bintang (*) untuk mencari data yang kurang lengkap, biasanya untuk mencari kutipan tertentu atau ungkapan tertentu ketika menggunakan mesin pencari Google.
      tanda bintang Google Search Engine Optimization

    4. Mencari data pada situs tertentu, gunakan kata site: (misalnya tutorial site:syaffi.com), maka hasilnya aseperti di bawah ini.
      tanda site Google Search Engine Optimization

    5. Gunakan tanda at (@) untuk mencari akun media sosial, biasanya untuk mencari akun media sosial seseorang tokoh atau artis.

      Mesin pencari Google akan mengerti dan memahami bahwa dengan tanda itu, merupakan untuk mencari akun media sosial orang.
      tanda @ Google Search Engine Optimization

    6. Mencari sesuatu yang berhubungan gunakan related:, misalnya mencari situs yang relate dengan detik.com gunakan cara related:detik.com.

      Hasil pencarian Google menemukan ada situs seperti tempo, sindonews dan lain sebagainya.
      tanda related Google Search Engine Optimization

    7. Mencari definisi suatu kata kunci, gunakan define: Bagi pelajar cocok nih jika ingin mencari di Google istilah dalam mata pelajaran hehe. Mudah sekali ya.
      tanda define Google Search Engine Optimization

    8. Berhitung formula tertentu (namun bukan formula rumit seperti aljabar, turunan, integral ya), tinggal ketik saja formula tersebut.

      Untuk menampilkan Kalkulator di mesin pencari Google, bisa juga dengan mengetik Calculator pada kotak Google Search. Nanti akan tampil kalkulator.
      formula Google Search Engine Optimization

    9. Informasi tiket penerbangan atau perjalanan menggunakan moda transportasi, kita bisa mengetik kata kunci pada Google Search dengan kata kunci bandara, kode stasiun, nama terminal dan lain sebagainya.

      Contohnya dibawah kita ketik SUB CGK, yang merupakan kode dari nama bandara untuk Bandara Juanda dan Bandara Soekarno Hatta. Maka akan tampil banyak tiket penerbangan dari bandara tersebut.
      sub cgk Google Search Engine Optimization

    10. Membuka situs yang sudah tidak bisa di akses, maksudnya adalah mungkin saat ini situs tersebut tidak ada (dihapus), atau ada gangguan server dan lain sebagainya.

      Kita bisa melihat situs tersebut saat terakhir di crawl oleh Google, dengan cara menambahkan cache:
      cache Google Search Engine Optimization
      Atau Teman-Teman bisa juga dengan mengetik kata kunci dan klik tanda panah kecil pada hasil pencarian Google Search lalu pilih cache. Lihat screenshoot di bawah ini.
      Cache_detik_com_pada_google_search_engine


      Barangkali saat pencarian dan snippet nya cocok saat dibuka, ternyata web nya tidak bisa di akses, kita masih bisa mendapatkan informasi tersebut melalui cache ini.

    11. Gunakan kata penjelasan dalam pencarian, contohnya jika menulis bubur ayam, Google Search akan menampilkan menurut Google yang terbaik yaitu tentang resep bubur ayam.
      resep bubur ayam Google Search Engine Optimization




      Padahal Teman-Teman mau mencari Bubur Ayam di Surabaya, yang mungin lagi berkunjung ke Surabaya maka perlu ditambahkan dalam kata kunci, bedakan hasil setelah menambahkan kata Surabaya.
      bubur ayam surabaya Google Search Engine Optimization

    12. Gunakan Image untuk mencari gambar yang sesuai, kita bisa menempelkan gambar atau juga URL dari gambar yang akan di cari. Google Search Engine juga mengenali image lho ya ternyata.
      Google Image Google Search Engine Optimization




    13. Mengkonversikan Satuan tertentu, misalnya mengkonversi nilai uang dari IDR ke USD.

      Contohnya sebagai berikut :
      Silakan ketik saja "1.000.000 IDR ke USD", maka hasilnya sebagai berikut ini
      Google Search Engine Optimization 20 lebih Tips dan Trik untuk Menggunakannya


    14. Mencari nilai saham, misalnya ingin melihat nilai saham TLKM , ketik saja di mesin pencari Google dengan kata kunci "Saham TLKM", maka akan muncul ringkasan nilai saham yang bisa dilihat 1 hari, 5 hari, 1 bulan dan seterusnya.
      Google Search Engine Optimization 20 lebih Tips dan Trik untuk Menggunakannya


      Pencarian nilai saham atau harga saham ini juga bisa untuk nilai saham luar negeri.

    15. Mengetahui nilai Kurs Mata Uang, maka kita akan dengan mudahnya mendapatkan informasi dari KURS dari suatu mata uang.

      Misalnya mau mengetahui Kurs Dollar hari ini, maka ketik saja kata kunci "Kurs Dollar hari ini" maka akan muncul nilai Kurs Dollar hari ini (atau hari terakhir perdagangan saat Kalian mengaksesnya pada hari libur).
      Google Search Engine Optimization 20 lebih Tips dan Trik untuk Menggunakannya


      Kalau mau mencari Kurs negara lain juga bisa, misalnya Kurs IDR ke Dollar Singapura.
      Google Search Engine Optimization 20 lebih Tips dan Trik untuk Menggunakannya


    16. Mengetahui Kondisi Cuaca dengan mudah melalui Google Search Engine, cukup ketik saja di mesin pencari Google dengan kata kunci "Cuaca saat ini", maka akan memberikan informasi cuaca di lokasi Kalian.
      Google Search Engine Optimization 20 lebih Tips dan Trik untuk Menggunakannya


      Jika belum diijinkan akses lokasinya, silakan ijinkan Google Search untuk mengakses lokasi kalian ya.

    17. Untuk mengetahui Rute ke suatu tempat, Maka Teman-Teman bisa dengan mudah mengetahui rute dari lokasi Kalian ke tempat tertentu.

      Misalnya nih Admin mau mengetahui rute dari lokasi Admin ke Terminal Purabaya, ketik saja "rute ke Terminal Purabaya", maka oleh Google akan diberikan rute menuju ke lokasi tujuan.
      Google Search Engine Optimization 20 lebih Tips dan Trik untuk Menggunakannya


      Rute ini ketika di tap maka akan membuka Google Maps.

    18. Untuk mengetahui lokasi penting terdekat dari lokasi kita, misalnya saja mau mencari ATM BNI terdekat, mencari SPBU terdekat, lokasi masjid terdekat dan lain sebagainya.

      Misalnya admin mau mengetahui lokasi "Stasiun Terdekat", maka ketika kata kunci itu dimasukkan akan memberikan informasi stasiun terdekat dari lokasi Admin.
      Google Search Engine Optimization 20 lebih Tips dan Trik untuk Menggunakannya


    19. Mengetahui keyword tertentu di dalam title atau judul artikel, hal ini biasanya untuk mencari hal yang spesifik yang ada di judul artikel.

      Dengan kita menggunakan atau mengetik intitle maka keyword tersebut pasti ada di judul artikel, sehingga diharapkan permasalahan atau informasi yang akan diberikan oleh Google menjadi lebih spesifik dan sesuai keinginan kita.

      Contohnya ingin mencari solusi sheet excel yang hilang dan ingin memunculkan kembali, Ketik saja di Google Search "intitle:sheet excel hilang" maka akan muncul kata kunci sheet excel hilang dalam judul artikel.
      Google Search Engine Optimization 20 lebih Tips dan Trik untuk Menggunakannya


    20. Menerjemahkan sederhana (bahkan lebih rumit juga bisa), misalnya saja Kalian bingung dari arti suatu bahasa dan mau menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Kalian bisa dengan mudahnya menggunakan Google Search Engine Optimization ini.

      Contohnya mau menerjemahkan arti home ke dalam bahasa Indonesia. Ketik saja di Google Search "terjemahan home", maka akan dengan mudahnya kita mendapatkan arti dari terjemahan tersebut.
      Google Search Engine Optimization 20 lebih Tips dan Trik untuk Menggunakannya


      Kalau bahasa lain bagaimana? Sangat bisa donk. Contohnya ketika Kalian mendapatkan dalam bahasa asing istilah Guten Morgen, itu bahasa negara mana? Tulis saja kata kunci "terjemahan Guten Morgen" di Google Search, maka akan keluar hasilnya.
      Google Search Engine Optimization 20 lebih Tips dan Trik untuk Menggunakannya


      Ternyata bahasa tersebut adalah bahasa Jerman dan artinya adalah selamat pagi, ya semudah itu mendapatkan terjemahan saat ini dengan memanfaatkan Google Search Engine Optimization.

    21. Melihat Kepanjangan dari Singkatan tertentu, misalnya saja Teman-Teman mau mencari informasi kepanjangan ASEAN. Maka ketik saja di Google Search "kepanjangan ASEAN" maka akan muncul snippet atau cuplikan hasil dari kepanjangan tersebut.
      Google Search Engine Optimization 20 lebih Tips dan Trik untuk Menggunakannya


      Kalau ingin lebih detailnya bisa masuk ke situs atau website tersebut. Memang secara umum cara kerja mesin pencari Google seperti itu sih hehe

    22. Ajukan pertanyaan, maka Google akan menjawabnya. Misalnya saja Teman-Teman bertanya tentang "kapan roket nasa mendarat di bulan pertama kali?" dan Google akan menampilkan cuplikan jawaban dari pertanyaan Kalian.
      Google Search Engine Optimization 20 lebih Tips dan Trik untuk Menggunakannya


    23. Mencari file dengan format tertentu dan dengan kata kunci tertentu. Misalnya saja kita mau mencari file pdf, dengan kata kunci makalah statistik.

      Maka, perintahnya adalah makalah statistik filetype:pdf, maka hasilnya sebagai berikut ini.
      Pencarian Cepat dengan cara filetype
      Pencarian Cepat dengan cara filetype

    24. Mencari kata dalam judul artikel, silakan gunakan intitle: diikuti kata kunci atau gunakan allintitle: diikuti kata kunci.

      Bedanya adalah, kalau intitle hanya mengandung kata kunci saja di dalam judul, sedangkan allintitle mengandung seluruh kata kunci tersebut.

      Lihat contoh perbedannya berikut ini.
      Teknik Pencarian di Google intitle
      Teknik Pencarian di Google intitle


      Cari di Google dengan allintitle
      Cari di Google dengan allintitle

    25. Melihat kata kunci dalam URL, bisa dengan inurl: diikuti kata kunci atau dengan allinurl: diikuti kata kunci.

      Bedanya adalah kalau inurl akan menampilkan kata kunci dalam URL saja, sedangkan kalau allinurl akan menampilkan seluruh URL yang mengandung kata kunci tersebut.

      Untuk melihat perbedannya sebagai berikut ini ya Teman-Teman.

      Cara Search Kata di Web dengan inurl
      Cara Search Kata di Web dengan inurl


      Google Search Tips dengan metode allinurl
      Google Search Tips dengan metode allinurl
    Sekian Teman-Teman mengenai Trik dalam menggunakan Google Search Engine Optimization, sehingga akan mendapatkan hasil pencarian sesuai dengan yang kita mau dan kita inginkan.

    Gunakan sebaik dan seefisien mungkin agar apa yang kita cari di Google Search ini akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi kita.

    Admin juga berharap ketika kalian mencari Kata Kunci yang relevan dengan blog Admin ini, yang muncul di halaman pertama dan yang kalian klik adalah blog syaffi.com ini.

    Admin akan terus dan terus belajar sehingga apa yang Bot Google inginkan dan para pengunjung inginkan akan tersaji dengan baik oleh Admin melalui artikel-artikel blog ini yang berkualitas sesuai kemampuan Admin.

    Sekian, Semoga Bermanfaat,
    Salam,
    Syaffi



    Artikel Populer dan Iklan



    Dapatkan Artikel Terbaru Via Email


    Comments