-->

√√ Cara Add Property di Google Search Console agar Website atau Blog Kita Ditemukan dan Diindeks Mesin Pencari Google HANYA 1 MENIT

Daftar isi [Tutup]


    Hai Teman-Teman,

    Para Blogger atau yang mengelola website harus tahu ini nih. Terutama blogger pemula. Karena kalau sudah expert pasti udah khatam untuk melakukan cara yang akan Admin share di bawah nanti hehe.

    Kenapa Blogger pemula harus tahu? Kenapa harus tahu dan melaksanakan cara ini? Karena agar blog kita atau website kita, terutama postingan artikel kita dapat ditemukan oleh Google.
    1. Women Using Laptop

    Kenapa harus Google? Karena memang salah satu mesin pencari terbesar di dunia ini adalah miliknya Google. Jujur saja Blog Admin ini juga dapat traffic terbanyak dari Google Search, sekitar 90% pencarian organik Blog ini dari Google pada Agustus 2020.

    2. Presentase Kunjungan syaffi com selama Agustus 2020
    Persentase Sumber Traffic Blog syaffi.com

    Luar biasa banyak bukan pengaruhnya? Bayangkan kalau Blog atau Website kita tidak ditemukan Google, akan banyak kehilangan traffik sekitar 90 % sendiri. 

    Ada mesin pencari lainnya yang terkenal memang selain Google, seperti Yahoo Search, Bing Search, Yandex, Duck Duck Go dan lain sebagainya. Namun kali ini Admin mau berbagi caranya menambahkan property (Add Property) pada Google Search Console saja.

    Nanti akan Admin share bagaimana caranya agar blog baru bisa di indeks di mesin pencari Google hanya dalam waktu 1 MENIT SAJA. Ya Teman-Teman hanya dalam waktu 1 Menit blog baru Teman-Teman sudah bisa dicari dan ditemukan melalui mesin pencari Google. Mantap bukan?

    Untuk bisa melakukan hal itu silakan Teman-Teman baca pelan-pelan dan pahami apa yang Admin share di artikel ini ya Teman-Teman.

    Manfaat Blog Submit di Google Search Console (Google Webmaster Tool)

    Yang utama adalah agar blog kita atau website kita ditemukan dan di indeks oleh Google. Itu menurut Admin. Jadi kalau sudah masuk dan indeks oleh Google maka akan mudah ditemukan orang lain yang mencari dengan keyword yang tepat.

    Jadi ketika orang lain mengetik Keyword dan menurut Google itu ada di salah satu artikel kita, dengan seleksi algoritma dari Google bisa jadi artikel kita muncul pada halaman pertama mesin pencari Google.

    Selanjutnya adalah dengan kita submit link artikel, submit Sitemap di Google Search Console maka akan membuat artikel kita lebih cepat terindeks.

    Hal ini akan sangat membantu bagi Teman-Teman yang mempunya blog musiman atau yang viral. Contohnya adalah ketika Teman-Teman punya blog yang viral, yang kontennya isinya tentang viral. Viral ini biasanya per minggu akan ada sesuatu yang update. 

    Bayangkan jika blog Teman-Teman menulis sesuatu yang viral di minggu ini, dan ternyata oleh Mesin Pencari Google baru di baca dan di indeks pada minggu depan, bisa-bisa kita tidak dapat traffic di minggu ini bukan?

    Nah dengan kita mensubmit link artikel di Google Search Console maka seolah-olah memberitahu ke Mesin Pencari Google bahwa, "ini lho Mbah Google ada artikel baru blog ku dan ayo donk di indeks", kira-kira seperti itu ketika kita submit link artikel / posting kita di Google Search Console.

    Sehingga artikel viral yang kita buat tadi akan segera terindeks. Misalnya Senin kita buat artikel dan langsung submit ke Google Search Console, kalau situs kita sudah "teruji" dan "dipercaya" Google, biasanya hitungan jam sudah di indeks oleh Google.

    Kalau telat-telatnya artikel kita masuk dan di indeks oleh Google hari Selasa pun masih relevan artikel viral kita bukan? Lalu traffic akan masuk ke blog atau website kita bukan? 

    Untuk submit link artikel dan cek apakah artikel tersebut sudah di indeks oleh Google atau belum, silakan dilihat pada langkah nomor 6 - 8 pada artikel ini.

    Memang secara default, pengaturan blog di Blogger adalah blog kita dapat diindeks atau ditelusuri oleh mesin pencari, sehingga jika Teman-Teman blogger pemula tidak mengetahui hal ini pun dengan seiring berjalannya waktu maka otomatis blog kita akan di rayapi dan di indeks oleh mesin pencari, mesin pencari di sini tidak hanya milik Google, bisa Bing, dan lain sebagainya.

    Jadi jangan khawatir ya Teman-Teman jika tidak melakukan cara tersebut, namun membuat artikel tetap rutin dan blog kita "hidup" maka mesin pencari pun akan merayapinya.

    Jika Teman-Teman mau memastikan bahwa mesin pencari dapat menemukan blog kita, silakan Teman-Teman menuju ke Setting Blogger Teman-Teman dan temukan Setelan Privasi dapat ditemukan mesin telusur. Lihat pada Screenshoot di bawah ini untuk tampilan Blogger terbaru ya, pastikan di geser kanan dan berwarna hijau ya.

    3. Setelan Blogger agar dapat dicari mesin telusur

    Manfaat selanjutnya adalah situs atau blog kita dapat mendapatkan ranking baik di mata Google. Rangking baik artinya dapat dipercaya mesin pencari Google, dapat bersaing dengan blog atau website besar, ranking Alexa naik, kalau rangking naik dan artikel bisa bersaing artinya dapat traffic naik donk, dan ujung-ujungnya adalah blog atau website kita jika di monetize dapat pemasukkan dan pundi-pundi dollar lebih tentunya. hehe

    Manfaat selanjutnya yang tidak kalah penting adalah dipercaya client atau customer jika Website yang kita kelola merupakan website bisnis, atau yang memasarkan produk tertentu.

    Contohnya adalah ketika kita sebagai penjual Sepatu Futsal Merk XYZ misalnya, dan ketika sudah promo kesana-kemari baik di socmed maupun di tempat-tempat umum dan kemudian ada calon pembeli yang penasaran, dan mencarinya di Google Search dengan kata kunci Sepatu Futsal XYZ, namun ketika tidak ditemukan website yang memuat / mengulas / memasarkan produknya maka calon pembeli akan kecewa.

    Padahal Teman-Teman sebagai pengelola merasa sudah membuat website jualan produk Sepatu Futsal XYZ. Hal ini pentingnya Teman-Teman untuk memasukkan Situs Website tersebut ke Google Search Console agar produk Sepatu Futsal XYZ tersebut dapat ditemukan oleh calon pembeli di Mesin Pencari Google.

    Sangat penting bukan? Jika Teman-Teman yang membaca artikel ini seorang pengusaha semoga usahanya lancar, jika Blogger juga trafficnya semakin naik dan artikelnya semakin bagus dan berkualitas, doa terbaik deh buat Teman-Teman yang membaca postingan ini.

    Mungkin hanya itu yang bisa Admin jabarkan mengenai manfaatnya kita Submit Blog ataupun Website di Google Search Console.

    Selanjutnya akan dibahas langkah demi langkah, menambahkan property di Google Search Console.

    Cara Add Property di Google Search Console

    Cara ini mungkin cocok bagi blogger pemula, karena kalau yang sudah master cara-cara ini pastinya sudah "khatam" hehe.
    1. Harus punya akun Google dulu ya Teman-Teman, Teman-Teman harus punya email dari Google, kalau belum punya silakan daftar terlebih dahulu.
    2. Selanjutnya silakan menuju ke situs Google Search Console, silakan meluncur kesini, jika belum login Gmail silakan login terlebih dahulu dengan cara klik Start Now dan nanti di arahkan untuk login dengan akun Google Teman-Teman.
      4. Klik Start Now pada Google Search Console syaffi com


    3. Kemudian masukkan URL pada kotak yang tersedia. Kenapa kita memilih ini? Karena kita nanti diberikan pilihan cara verifikasi kepemilikan situs tersebut, dan menurut Admin yang paling mudah adalah dengan menggunakan edit html untuk menempelkan code yang diberikan oleh Google Search Console.
      5. Masukkan nama domain yang akan di verifikasi kepemilikannya


    4. Karena yang Admin verifikasi adalah blog dari Blogger, maka verifikasi ini secara otomatis. Lihat screenshoot di bawah ini.
      6. Kepemilikan situs diverifikasi otomatis oleh Google Search Console


      Karena Blogger merupakan produk dari Google jadi sudah otomatis ya Teman-Teman. Namun Admin tetap perlu melakukan verifikasi tambahan di Blogger ini.

      Jika Teman-Teman menggunakan selain Blogger, caranya untuk verifikasi kepemilikan situs/Web kurang lebih sama, yaitu dengan yang paling mudah adalah verifikasi HTML dengan menempelkan kode HTML yang dikasih oleh Google Search Console dan ditempelkan pada <head>.

      Akan Admin tunjukkan di bawah nanti verifikasi dengan menempelkan HTML pada <head>.

    5. Setelah berhasil melakukan verifikasi otomatis, kita masih perlu melakukan verifikasi tambahan guna memastikan bahwa kita memang benar-benar pemilik situs / blog. Caranya yaitu dengan menuju ke Setting / Setelan dan pilih Verifikasi Kepemilikan. Jika Teman-Teman menggunakan bahasa inggris silakan menyesuaikan ya.
      7. Masuk ke Setting Google Search Console


    6. Selanjutnya klik File HTML pada Metode Verifikasi Tambahan.
      8. Klik pada File HTML pada Verifikasi Tambahan


    7. Silakan Copy semua kode pada kotak nomor 1 (lihat screenshoot dibawah ini), bisa klik salin atau blok semua dan tekan tombol Ctrl+C.
      9. Copy Kode HTML pada Google Search Console


    8. Selanjutnya kita menuju ke Edit HTML pada Blogger. Kita akan paste kode File HTML di atas tadi ke <head>. Pada blogger menuju ke pilihan Tema dan klik tanda panah kecil pada pilihan sesuaikan. Lebih jelasnya lihat pada screenshoot di bawah ini.
      10. Pilh Tema dan sesuaikan HTML pada Blogger

       
      Oiya Teman-Teman, yang Admin tunjukkan ini menggunakan tampilan blogger versi terbaru ya. Memang per September 2020 ini tampilan Blogger defaultnya ke tampilan terbaru sih, namun barangkali Teman-Teman ada yang masih suka menggunakan tampilan blogger lama (opsional), silakan bisa menyesuaikan sendiri ya Teman-Teman.

    9. Kemudian pilih Edit HTML. Namun sebelum edit HTML ini lebih baik dilakukan backup terlebih dahulu, jaga-jaga kalau Teman-Teman melakukan kesalahan yang mengakibatkan blog kita tidak bisa di akses dsb karena kesalahan Edit HTML. Untuk backup silakan pilih Cadangkan. Lihat pada kotak biru pada screenshoot di bawah ini.
      11. Pilih Edit HTML pada Blogger


    10. Pada tampilan Edit HTML, cari kode </head> dengan cara tekan tombol CTRL+F dan ketik </head> untuk mempermudah mencarinya.
      12. Cari head pada edit HTML Blogger


    11. Paste kode HTML yang kita dapat pada Google Search Console tadi tepat di atas </head>  untuk melakukan verifikasi tambahan kepemilikan situs / blog, jadinya seperti di bawah ini.
      13. Kode HTML untuk verifikasi sudah di paste pada Edit HTML Blogger


    12. Kemudian simpan HTML dengan cara klik logo floppy disk dikanan atas. Pastikan tidak ada error ya Teman-Teman dan kita berhasil menambahkan kode HTML untuk verifikasi tambahan tadi. Kalau mau mengeceknya silakan ulangi langkah 8- dan pastikan kode HTML tadi sudah ada di atas </head>. 
      14. Klik simpan tema pada Edit HTML Blogger


    13. Kembali ke Google Search Console dengan tampilan verifikasi situs, selanjutnya klik Verifikasi.
      15. Klik Verifikasi setelah paste kode HTML pada head


    14. Tunggu proses verifikasi
      16. Proses Verifikasi kepemilikan situs pada Google Search Console


    15. Hingga verifikasi dinyatakan berhasil. Walaupun verifikasi ini sudah berhasil, jangan pernah hapus kode HTML tadi yang diletakkan di atas </head>. 
      17. Verifikasi kepemilikan situs pada Google Search Console berhasil


    16. Selanjutnya kita akan melakukan permintaan indeks dari artikel yang sudah kita terbitkan pada blog kita. Silakan menuju ke artikel Teman-Teman dan copy linknya. Lalu paste pada kotak Periksa URL pada Google Search Console. Lalu Enter.  
      18. Paste URL Artikel pada Google Search Console


    17. Tunggu proses pengambilan data dari Indeks Google
      19. Proses pengambilan data dari indeks Google


    18. Hasil pengambilan data dari indeks Google selesai dan ternyata URL artikel yang sudah kita terbitkan belum di indeks oleh Google. Hal ini berarti kalau ada orang yang mencari artikel dengan menelusuri menggunakan kata kunci yang sesuai keyword artikel kita di Google Search tidak akan menemukan artikel tersebut. Untuk itulah kita melakukan cara sesuai judul artikel ini agar Google mengindeks artikel kita.
      20. Keterangan URL tidak ada di Google


    19. Selanjutnya yaitu kita akan meminta Google untuk mengindeks postingan kita tersebut. Caranya dengan klik Minta Pengindeksan
      21. Proses menguji apakah URL bisa langsung dapat di Indeks


    20. Tunggu proses selesai dan muncul keterangan Pengindeksan diminta. Sampai di sini kita sudah berhasil untuk memberitahu mesin pencari Google untuk mengindeks artikel kita.
      22. Proses pengindeksan diminta ke Google Search Console


      Dengan kata lain bahwa :
       "Hei mbah Google, ini aku punya artikel nih, tolong donk di indeks, ini link artikelnya dan ini isinya. Lalu Mbah Google menjawab Oke nak, sudah dimasukkan ke antrian ya, segera setelah itu artikelnya akan bisa di cari orang lain dengan keyword yang tepat pada Google Search". 

      Google akan memproses antrian pengindeksan ini secepat mungkin, tidak ada patokan pasti berapa lama Google akan mengindeks artikel yang kita minta.

    21. Selanjutnya Admin mau membagikan trik untuk mempercepat agar artikel kita segera dalam hitungan menit sudah bisa di indeks oleh Google.

      Silakan Teman-Teman lakukan langkah nomor 16. Kemudian pilih Uji URL Aktif. Tunggu hingga proses selesai.
      23. Uji URL Aktif pada Google Search Console


    22. Kita cek di bawah ini bahwa dengan trik tersebut hanya diperlukan 1 menit saja, ya hanya 1 menit untuk mengindeks artikel kita di Google.
      24. Blog belum di Google


      Terlihat pada screenshoot di atas Admin melakukan pencarian dengan spesifik ke blog Admin dengan perintah site: namadomain.blogspot.com pada jam 9:41.
      25. Blog sudah ada di Google hanya 1 menit setelah uji URL aktif


      Kemudian pada jam 9:42 blog Admin sudah bisa di cari di Google, dengan cara mengetik seperti perintah di atas.

      Benar kan Teman-Teman? Hanya dalam waktu 1 menit saja blog baru Admin sudah masuk di Google Search atau bisa ditemukan hanya 1 menit setelah melakukan Uji URL Aktif.
    23. Selesai Teman-Teman.

    Penutup

    Sampai disini Teman-Teman kita sudah berhasil melakukan Add Property pada Google Search Console, kemudian melakukan indeks blog baru kita hanya dalam waktu 1 menit saja blog sudah masuk dan diindeks oleh Google.

    Dengan cara-cara seperti ini kita bisa lebih cepat mendapatkan traffic pada blog atau website bukan?

    Ini memang baru 1 mesin pencari Teman-Teman, namun mesin pencari dari Google ini menurut Admin yang paling ampuh, karena di blog ini sendiri dalam 1 bulan terakhir (bulan Agustus 2020) sekitar 90% jumlah visitor berasal dari Google.

    Akan lebih ampuh lagi jika kita submit juga blog kita di mesin pencari yang lain, semakin banyak visitor yang akan menuju ke blog kita.

    Mungkin lain kali akan Admin share cara submit blog atau website di mesin pencari seperti bing, duckduckgo, yandex dan lain sebagainya.

    Pesan Admin ayo tingkatkan kualitas artikel kita dan ijinkan mesin pencari menelusuri blog kita, sehingga mesin pencari dapat mengindeks dengan sendirinya blog kita tanpa kita perlu repot-repot submit di mesin pencari selain Google.

    Karena menurut Admin dengan submit di Google saja Admin rasa cukup.

    Semoga sukses untuk para blogger yang serius dengan kontennya. Semoga blog ini juga semakin maju dan memberikan kebaikan buat para pembaca dan visitor Teman-Teman semua.

    Jika cara dalam postingan ini bermanfaat, bisa minta tolong ya Teman-Teman untuk di share di socmed Teman-Teman semua terutama di komunitas-komunitas blogger pemula agar banyak yang mendapatkan manfaat dari artikel sharing kali ini.

    Jika ada pertanyaaan silakan tuliskan di kolom komentar ya Teman-Teman dan subsribe via email untuk mendapatkan artikel terbaru dari blog ini.

    Semoga Bermanfaat, 
    Salam, 
    Syaffi


    Kotak Penelusuran




    Comments