-->

√√ Penyebab dan Solusi Kartu ATM tidak dapat Transaksi

Daftar isi [Tutup]


    Penyebab dan Solusi Kartu ATM tidak dapat Transaksi - Halo Teman-Teman, Kalau kita sedang membutuhkan benda ini dan untuk memenuhi hajat dan tiba-tiba mengalami masalah sebel nggak sih? Kalau Admin sih sebal ya.

    Benda apakah ini? Ya Kartu ATM. Jadi ketika kita membutuhkan Kartu ATM untuk mengambil uang namun tiba-tiba tidak bisa di pakai dengan beberapa alasan (keterangan) yang muncul pada layar mesin ATM, kemungkinan banyak dari kita akan sebal.
    Wanita Memegang Kartu ATM
    Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

    Bagaimana tidak sebal, lagi butuh-butuhnya ehh malah bermasalah ya. hehe
    Lalu apakah solusinya?

    Nanti akan Admin jabarkan dibawah mengenai beberapa permasalahan umum yang dijumpai dalam penggunaan Kartu ATM.

    Latar Belakang

    Yang mendasari Admin nge-share hal ini adalah karena Admin pernah mengalami sendiri 1 atau 2 permasalahan yang nanti akan Admin share semua hal yang Admin tahu.

    Memang beberapa permasalahan Admin alami sendiri, dan beberapa hal yang Admin share nanti merupakan permasalahan yang orang lain alami atau mengutip dari beberapa sumber.

    Salah 2 dari permasalahan yang Admin pernah alami langsung seperti TRANSAKSI DITOLAK pada ATM BNI  dan juga karena PENYALAHGUNAAN KARTU pada ATM BNI. 

    Berbekal dari permasalahan tersebut, biar jika Teman-Teman menemui permasalahan yang sesuai dengan yang Admin share dibawah, harapannya adalah Teman-Teman jangan panik dan segera melakukan tindakan-tindakan yang sesuai.

    Permasalahan yang akan Admin share nanti merupakan permasalahan umum, jadi tidak hanya pada khusus ke Bank Tertentu namun juga ada beberapa permasalahan yang dikhususkan dari Bank tertentu seperti 2 permasalahan di atas ya Teman-Teman.

    Jadi uraian permasalahan yang Admin share nanti harapannya bisa menjadi panduan umum untuk semua Teman-Teman yang menggunakan ATM pada Bank-Bank umum yang ada di Indonesia.

    Oke langsung saja berikut beberapa permasalahan dan juga solusi untuk mengatasi beberapa masalah yang menjumpai pengguna ATM.

    Penyebab dan Solusi Permasalahan pada Kartu ATM

    1. Transaksi DITOLAK
      Khususnya pada ATM BNI ya Teman-Teman, mungkin juga berlaku untuk Bank yang lainnya. Jika transaksi di ATM BNI kita DITOLAK penyebabnya adalah rekening kita Dormant atau rekening tidak aktif digunakan untuk transaksi selama 6 bulan terakhir. 

      Solusinya adalah dengan kita ke Bank BNI terdekat ke bagian Teller dan menabung sejumlah minimal Rp 100.000,- dengan membawa Buku Tabungan tentunya serta identitas. Setelah dinyatakan masuk dana tersebut, segera Teman-Teman menuju ke ATM terdekat (biasanya dalam 1 area Bank ada ATM juga) untuk melakukan transaksi (ambil uang).

      Jika memang berhasil syukurlah karena memang seperti itu solusinya. Jika memang belum berhasil Teman-Teman bisa masuk ke Bank lagi untuk meminta bantuan pegawai Bank untuk mengatasi permasalahan tersebut.

      Harusnya apapun masalahnya jika kita ke Bank langsung maka akan selesai hehe.

      Teman-Teman bisa menuju ke postingan Admin sebelumnya disini mengenai permasalahan ini, disana dijelaskan lebih lengkap bahkan komentarnya juga banyak yang berupa pertanyaan, sharing dan lain sebagainya.

    2. Penyalahgunaan Kartu
      Terutama pada ATM BNI ya Teman-Teman, Permasalahan ini muncul jika kartu ATM BNI kita sudah Expired. Lho koq bisa ATM BNI kita mengalami expired?

      Jawabannya bisa donk, hehe karena identitas dari kartu ATM merupakan semacam pita magnetik, jadi di dalam kartu ATM BNI kita ada identitas yang bisa dikenali oleh mesin ATM berupa data-data informasi kita sebagai pemilik rekening.

      Jadi identitas tersebut bisa rusak atau berkurang kemampuan untuk dibaca mesin ATM karena waktu, karena kesalahan penyimpanan kita, dan mungkin kena benda-benda cair atau yang dapat merusak identitas dari ATM BNI kita, maka di dalam kartu ATM tersebut ada masa EXPIRED nya.

      Biasanya masa Expired kartu kita selama 5 tahun sejak kartu di cetak.

      Dan pada ATM bank yang lain juga kemungkinan bisa mengalami hal seperti ini. Karena jenis kartu ATM pun hampir sama dari semua Bank atau malah bahkan sama kekuatan magnetiknya, kekuatan kartu untuk menyimpan identitasnya.

      Solusi dari permasalahan ini adalah dengan kita mengganti kartu ATM BNI kita. Untuk mengganti kartu ini sudah pasti kita harus ke Customer Service Bank BNI terdekat dengan membawa Kartu ATM yang rusak, Buku Tabungan dan juga identitas seperti KTP atau SIM.

      Dari Pihak Bank pun biasanya memberikan pilihan jenis kartu ATM, perhatikan baik-baik ya jenis ATM ini, karena misalnya jenis ATM Silver dan Gold akan menentukan besaran iuran bulanan serta menentukan besaran maksimal transaksi. Sesuaikan dengan kebutuhan Teman-Teman ya.

      Teman-Teman bisa menuju ke postingan Admin sebelumnya disini mengenai permasalahan ini, disana dijelaskan lebih lengkap bahkan komentarnya juga banyak yang berupa pertanyaan, sharing dan lain sebagainya.

    3. Kartu ATM Terblokir
      Hal yang umum yang menyebabkan kartu ATM tidak dapat transaksi adalah karena Kartu ATM terblokir. Terblokir ini biasanya karena kesalahan memasukkan PIN hingga 3 kali.

      Ya jadi kita hanya diberikan toleransi kesalahan dalam memasukkan PIN ATM sebanyak 3 kali saja, jika kita 3 kali memasukkan PIN pasti kita tidak dapat mengambil uang dengan kartu ATM tersebut.

      Saran Admin ketika kita memang lupa PIN, jangan diulang-ulang terus. Misalnya percobaan pertama lupa dan kita masukkan 1 kali lagi (2 kali memasukkan PIN) masih lupa juga dan tidak berhasil. Saran Admin adalah STOP dulu, karena kesempatan hanya 1 kali lagi.

      Stop sambil di ingat-ingat betul PIN nya, dan juga mungkin sambil cari-cari petunjuk di Chat Whatsapp mungkin barangkali pernah mengirimkan PIN terbaru ke pasangan. Atau di aplikasi Note di HP mungkin ada PIN yang tersimpan.

      Saran Admin ketika Teman-Teman sering melakukan gonta-ganti PIN, catatlah pada aplikasi Note di HP, dan berikan inisial untuk PIN yang di catat.

      Misalnya seperti ini, kalian misalnya punya angka favorit angka 8. Katakan itu tanggal jadian kalian hehe, yang pasti tidak pernah lupa. Jika Teman-Teman membuat PIN ATM dengan kombinasi angka 845681, maka pada aplikasi Note Teman-Teman tuliskan seperti ini #456#1.

      Jadi ketika ada orang lain yang menemukan Note tersebut, walaupun tahu bahwa itu PIN ATM, belum tentu orang tersebut bisa mengetahui PIN ATM yang sebenarnya.

      Kenapa kita perlu mencatatnya? Karena ingatan kita terbatas, apalagi Teman-Teman yang jarang menggunakan ATM, apalagi jika kartu ATM nya ada banyak, dan beberapa alasan yang lainnya.

      Cukup panjang dan lebar ya mengulas poin ini hehe, sampai hampir lupa menuliskan solusinya. Jadi solusinya ketika lupa PIN Kartu ATM kita adalah kita menuju ke Customer Service Bank Teman-Teman, dan sampaikan permasalahannya. Jangan lupa membawa Buku Tabungan, Kartu ATM yang terblokir dan juga identitas diri Teman-Teman. Semoga permasalahan cepat selesai ya.

    4. Kartu ATM sengaja DIBLOKIR
      Kenapa hal ini bisa terjadi? Misalnya saja ketika Kartu ATM Teman-Teman "ketlisut", apa ya bahasa Indonesianya yang baik dan benar, ya intinya kartu ATM hilang namun tiba-tiba ketemu.

      Karena saking paniknya, sudah melapor ke Call Center Bank untuk memblokir semua transaksi yang ada, jadi mau tidak mau pasti Kartu ATM nya diblokir.

      Solusi untuk membuka blokirannya adalah dengan cara Telepon ke Call center Bank penerbit kartu ATM, ada beberapa Bank yang bisa membuka Blokiran dengan hanya telepon saja (tentu ditanya identitas dan sederet pertanyaan lain yang pasti hanya si pemilik Kartu yang bisa jawab).

      Namun ada juga Bank yang mengharuskan kita si pemilik rekening untuk datang langsung ke Cabang Bank terdekat.

      Penyebab kartu ATM sengaja di blokir misalnya kasus di atas tadi yang "ketlisut", kemudian Kartu ATM tertelan, lalu kehilangan dompet, atau merasa tertinggal kartu ATM nya di mesin ATM karena terburu-buru.

    Tips Merawat Kartu ATM

    Untuk merawat kartu ATM agar tidak mengalami kerusakan yang akhirnya mengalami kegagalan pada saat dibutuhkan (saat transaksi) bisa lakukan hal-hal berikut ini :
    1. Simpan sebaik-baiknya
      Untuk menyimpan biasakan pada slot yang khusus untuk kartu-kartu pada dompet kita, jadi biar posisinya tepat dan sesuai dengan slot kartu-kartu. Serta usahakan dalam 1 slot tersebut hanya ada 1 ATM saja, jangan ditumpuk dengan kartu-kartu yang lainnya. Agar tidak lengket dan saling menempel. Kalau lengket bisa merusak pita magnetik yang ada di Kartu ATM.
    2. Usahakan pelapis ATM tidak lepas
      Jadi dalam kartu ATM itu terdapat seperti plastik transparan dan tipis sekali untuk melindungi kartu ATM kita, kalau dilihat saat kena cahaya biasanya mengkilap. Nah usahakan lapisan tersebut jangan sampai rusak.
    3. Jangan sampai patah
      Patah ini biasanya karena tertekan atau tertindih yang tidak sengaja, jadi jangan menyimpan dompet (apalagi hanya kartu ATM langsung) di saku belakang. Karena rawan tertindih saat sedang duduk.
    4. Buat alarm atau reminder 
      Hal ini untuk menghindari kelalaian kita. Untuk menghindari kartu EXPIRED, Kita bisa setting alarm 5 tahun ke depan dengan Google Calendar. Walaupun kita ganti HP asalkan akun Google kita masih 1 insyaAllah alarm ini masih Work. Contoh jika ATM Epired pada bulan 03/2025, kita bisa setting alarm pada tanggal 01-02-2025 dengan reminder untuk mengganti kartu ATM.

      Untuk menghindari rekening Dormant pun boleh juga membuat reminder seperti ini, jadi setiap bulan ke-5 dibuat reminder ulang seperti itu, menghindari hingga 6 bulan, karena kalau lebih dari 6 bulan rekening kita menjadi Dormant (tidak aktif) sehingga butuh ke Teller lagi untuk mengaktifkannya.

      Ya kecuali kalau Teman-Teman seneng ketemu mba mba Teller bank atau mas mas teller bank hehe
    5. Jangan sampai tergores atau pita magnetik rusak
      Pita magnetik memang sangat sensitif, jika kira sedikit saja merusaknya bisa saja kartu ATM tidak dikenali. Jaga dengan baik ya Teman-Teman. Kerusakan pita magnetik juga bisa diakibatkan oleh magnet, jadi Kartu ATM kita jangan dimainkan di dekat magnet ya Teman-Teman.
    6. Jangan sampai kena air, debu, panas
      Karena hal-hal tersebut bisa menimbulkan kerusakan fisik pada ATM, sehingga kita harus menjaganya dengan baik agar Kartu ATM tetap dapat digunakan dan berfungsi dengan baik.

    FAQ (Frequently Asked Questions)

    Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin akan Teman-Teman tanyakan ketika menghadapi permasalahan dalam penggunaan Kartu ATM Teman-Teman.
    1. Apakah Saldo hilang ketika Kartu ATM terblokir?
      Jawabannya : Tidak hilang. Kalau permasalahan hanya ada di Kartu ATM bisa dipastikan saldo yang ada dalam nomor rekening Teman-Teman tidak hilang. 
    2. Apakah bisa ambil uang tanpa menggunakan Kartu ATM?
      Jawabannya : Bisa donk, tapi kita harus ke Bank Terdekat dan mengisi formulir penarikan tunai, silakan di isi dan tentu harus bawa buku Tabungan ya Teman-Teman serta identitas diri. Ingat yang bisa ambil ini adalah pemilik rekening, tidak bisa diwakilkan ya Teman-Teman. Kecuali mungkin kalau menggunakan Surat Kuasa.
    3. Apakah Rekening Dormant saldonya habis/hilang?
      Jawabannya : Tidak juga, disesuaikan dengan iuran rutin bulanannya. Misal saldo awal sebelum dormant masih banyak dan cukup untuk dipotong setiap bulan sebagai biaya administrasi, maka hanya berkurang sejumlah biaya administrasi setiap bulan.

      Namun kalau saldo rekening sisa sedikit dan hanya di potong 1-2 kali untuk biaya administrasi bulanan habis, saldo akan habis juga.

      Jadi selama rekening Dormant (tidak aktif) akan tetap dikenai biaya bulanan sebesar biaya bulanan normalnya.
    4. Membuka Blokir Kartu ATM apa bisa diwakilkan?
      Jawabannya ; bisa, silakan Teman-Teman baca-baca komentar postingan Admin di sini untuk mengetahuinya. Komentar yang dimaksud ditulis pada tangagl 2 September 2020 Jam 11:53. Namun pada umumnya hanya bisa dibuka blokirannya oleh si pemilik rekening.
    5. Jika ingin di transfer (dana masuk) apakah bisa menerima dana tersebut saat Kartu ATM terblokir?
      Jawabannya : bisa. Karena yang terblokir adalah Kartu ATM saja dan rekening tidak di blokir maka akan tetap bisa mendapat transfer (dana masuk).

    Penutup

    Sebagai penutup dalam postingan ini Admin mengajak kepada Teman-Teman semua untuk tetap menjada Kartu ATM dengan baik dan saran-saran Admin di atas silakan dilakukan untuk menjaga kemudahan dan manfaat dari Kartu ATM Teman-Teman.

    Tips Admin yang paling pamungkas adalah, simpan Nomor Call Center Bank penerbit Kartu ATM di HP Teman-Teman, suatu saat terjadi apapun silakan langsung menelepon ke Call Center.

    Jika ada hal-hal yang kurang jelas silakan bisa ditanyakan di kolom komentar ya Teman-Teman dan juga jika ada sharing dari Teman-Teman mengenai permasalahan dan cara mengatasinya terhadap Kartu ATM Teman-Teman silakan bisa dituliskan juga di komentar.

    Semoga Bermanfaat, 
    Salam, 
    Syaffi


    Kotak Penelusuran




    Comments