Daftar isi [Tampilkan]


Hai Teman-Teman,

Beberapa orang mungkin kurang/tidak aware terhadap kartu ATM yang dipakainya, yang selama ini digunakan untuk transaksi, sehingga sampai kejadian Kartu Expired.

Iya, betul, kartu ATM bisa expired. Lalu gimana cara mengetahui kalau ATM bisa expired? Lalu kenapa ATM bisa expired? Cara mengatasinya bagaimana? Solusinya apa? Bagaimana cara cek expired ATM?
Wanita Pegang ATM

Bentar, bentaaar, sabaar gaaan.. satu-satu pertanyaannya, tenang jangan panik..hehe


Penjelasan Kenapa ATM Expired

Jadi, memang kartu ATM bisa expired, bank apapun rata-rata punya masa berlaku ATMnya, hal ini untuk menjaga salah satunya terkait dengan magnetik yang ada di dalam kartu ATM tersebut, kalau ATM di pakai dengan cara di gesek baik itu untuk pembayaran debit maupun untuk ambil uang di ATM sendiri, lambat laun mungkin bisa terjadi pita magnetiknya rusak, sehingga ATM nya tidak bisa di pakai atau tidak dikenali oleh ATM atau mesin EDC.

Untuk itu ada masa expired ATM, agar magnetiknya baru dan diyakini kartu ATM tersebut tidak mengalami kendala jika dipakai untuk transaksi. Jadi, Temen-Teman sudah paham ya kenapa kartu ATM ada expirednya?


Baca Juga : 


  1. Tidak Bisa Ambil Uang di ATM BNI, Keterangan Transaksi Ditolak
  2. Semua Tentang Kartu Kredit BNI dan Kartu Kredir BRI
  3. Cara Menutup Layanan Perisai Plus Kartu Kredit BNI
  4. SOLUSI Kode OTP tidak segera di SMS saat Transaksi Menggunakan Kartu Kredit
  5. Kalau di Telepon Ngakunya dari Pihak Bank tertentu, apa yang harus dilakukan?





Cara Mengetahui Kartu ATM Expired

Lalu bagaimana sih cara kita tahu kapan expired ATM, untuk jaga-jaga jangan sampai kejadian Kartu ATM kita expired dan tidak bisa ambil uang. Oke langsung saja di lihat pada foto berikut ini.
Kita bisa cek kapan expired kartu ATM kita seperti yang di tandai kotak kuning, kebetulan ini ATM BNI, kemungkinan untuk ATM Bank lain hampir sama cara cek nya.

Jadi pada ATM tersebut diatas, expirednya sampai dengan bulan Mei 2024, artinya sebelum berakhirnya bulan Mei 2024 kita bisa ke Bank tersebut untuk persiapan penggantian kartu ATM kita, sehingga transaksi kita bisa lancar.





Kemudian untuk Teman-Teman yang sudah 'kadung' atau terlanjur ATM nya expired, biasanya ketahuan kalau sudah kejadian, dimana di ATM tempat kita ambil uang akan muncul notifikasi Penyalahgunaan Kartu, Harap Ambil Kartu Anda seperti yang muncul pada layar ATM berikut ini.
Penyalahgunaan Kartu Harap Ambil Kartu Anda Pada ATM BNI

ATM tersebut sudah jelas expired, lalu apa yang harus kita lakukan untuk memperbarui ATM kita?

Apa yang harus dilakukan ketika Kartu ATM Expired?

Yang jelas kita harus menuju ke Bank penerbit kartu ATM kita, sebagai contoh yang Saya alami adalah di Bank BNI, kita harus datang sendiri ke BNI terdekat dengan membawa ATM yang expired, Buku Tabungan, KTP dan uang untuk biaya penggantian kartu.




Kita harus datang sendiri atas nama rekening tersebut ke Bank BNI terdekat menuju ke Customer Service, dengan membawa persyaratan di atas, kemudian untuk uangnya bisa dilakukan pemotongan ke rekening kita selama saldonya mencukupi.

Biasanya diberikan/ditawarkan kartu ATM dengan jenis yang berbeda dan dengan iuran bulanan yang berbeda pula, di sini Teman-Teman harap konsekuen ya untuk keputusan pengambilan/penentuan jenis ATM penggantinya. 

Misalnya untuk ATM jenis Silver, Gold akan berbeda iuran setiap bulan dan tentunya limit pengambilan uang dan transaksi lainnya akan berbeda, sesuaikan dengan kemauan Teman-Teman. Proses tersebut jika tidak antri lama mungkin sekitar 20 menit sudah selesai.




Jika kita minta Kartu ATM dengan jenis tertentu dan saat itu tidak tersedia, biasanya pihak Bank akan menawarkan kita untuk menunggu sekian hari. Misalnya yang Teman-Teman minta adalah kartu ATM Silver dan di Bank tersebut hanya tersedia kartu ATM Gold, kita diminta untuk menunggu 1 minggu misalnya untuk kesediaan kartu Silver.

Kalau Teman-Teman tidak membutuhkan kartu ATM dalam waktu dekat silakan bisa menunggu atau jika harus segera mendapatkan kartu ATM silakan pilih yang tersedia saat itu, tentu dengan iuran bulanan dan juga limit ambil uang atau limit transfer yang berbeda dari setiap kartu ATM. Teman-Teman harus mempertimbangkan itu.

Misalnya juga kalau Teman-Teman menghendaki di kartu ATM ada namanya, biasanya kita diminta untuk menunggu beberapa hari juga.




Penutup

Sekian dulu ya Teman-Teman sharing kali ini, Semoga transaksi Teman-Teman dengan Kartu ATM nya tidak mengalami masalah dan silakan komentar jika ada penjelasan yang kurang tepat atau kurang jelas.



Semoga bermanfaat
Salam,
Syaffi