--> ✓✓Cara Menggunakan Google Webmaster Tool agar Postingan Blog Kita di Index oleh Google Search Engine -->

✓✓Cara Menggunakan Google Webmaster Tool agar Postingan Blog Kita di Index oleh Google Search Engine


Daftar isi [Tutup]
    Advertisement
     

    ✓✓Cara Menggunakan Google Webmaster Tool agar Postingan Blog Kita di Index oleh Google Search Engine

    Teman-Teman, bagaimana kabarnya? 
    Semoga kita selalu dalam keadaan sehat wal'afiat.

    Postingan kali ini mungkin ditujukan bagi para blogger pemula, namun kalau mungkin blogger yang sudah lama dan belum mengetahui cara-cara ini bisa dipraktekkan juga.

    Jadi, dalam postingan ini akan diberitahukan cara-cara nya agar postingan kita dapat di index oleh Mesin Pencari Google dengan segera.

    Cara Menggunakan Google Webmaster Tool agar Postingan Blog Kita di Index oleh Google Search Engine

    Kenapa dengan segera? Karena sebenarnya, jika postingan kita di blog atau website dibiarkan begitu saja, Mesin Pencari Google tetap akan melakukan index seiring berjalannya waktu.

    Artikel yang ada di Blog atau Website akan tetap di indeks asal tidak di blok Robots.txt

    Hal itu pernah admin alami sendiri dulu waktu belum mengenal adanya Google Webmaster Tool, dimana postingan Admin yang dibiarkan begitu saja dengan waktu yang lama (berbulan-bulan) karena waktu itu Admin belum seserius sekarang dalam mengelola blog.

    Untuk kondisi saat ini mungkin postingan Admin di blog ini akan lebih mudah terindex (hitungan hari) karena blog ini sudah "punya nama" di Google Search Engine.
    Makanya di awal Admin mengatakan bahwa cara ini cocok bagi Teman-Teman para blogger pemula.

    Begitu postingan blog atau website kita sudah di index oleh Google, maka akan mudah untuk mendapatkan traffic atau Unique Visitor (UV) ke blog atau website kita.

    Bagi yang sudah pasang Adsense di blog pasti akan merasakan manfaatnya sekali ketika banyak UV yang mampir dan bahkan melakukan pembelian atau belanja sesuai dengan iklan yang muncul dalam halaman yang sedang dibuka.

    Hal itu memang cita-cita dari kebanyakan atau hampir semua blogger yang sudah monetize blog nya.

    Mesin Pencari Google

    Jadi Teman-Teman, ketika kita mengetikkan kata kunci atau keyword pada kotak pencarian Google, maka akan banyak muncul di halaman pertama link-link yang menuju ke blog atau website tertentu.

    Nah link-link yang ditampilkan tersebut merupakan artikel yang sudah di index oleh Google lalu ditampilkan oleh Google sesuai dengan Key Word yang kita ketikkan sebelumnya.

    Dengan kita melakukan cara-cara yang nanti kita lakukan di bawah, maka link-link yang muncul di halaman pertam atau halaman-halaman selanjutnya, bisa di isi dengan postingan artikel kita di blog atau website kita.

    Akan sangat menyenangkan jika postingan kita bisa tampil dan muncul di halaman pertama Google Search Engine atau bahkan bisa ditampilkan paling atas di halam pertama hasil pencarian oleh Google.

    Hal itu merupakan cita-cita semua blogger untuk bisa tampil di halaman pertama, istilah umum dan keren bagi para blogger adalah "page one" atau biasa disebut / diplesetkan menjadi "pejwan" hehe

    Untuk bisa menjadi artikel teratas di page one, kita harus menerapkan SEO atau artikel kita harus berkualitas, jangan hasil copas dan sejenisnya. Artikel seorisinil mungkin dan informasinya bagus serta sesuai dengan apa yang diharapkan oleh orang yang mengetikkan kata kunci.

    SERP (Search Engine Result Page)

    Untuk bisa tampil di halaman pertama, tidak lah mudah, namun juga tidaklah sulit kalau kita tahu ilmunya. Intinya terus belajar dalam menyempurnakan artikel yang kita buat dan juga belajar tentang SEO. Ada banyak tutorial di Google Search Engine mengenai tutorial tersebut.

    Untuk bisa tampil di halaman pertama pun terkadang butuh waktu yang cukup lama, namun bagi sebagian blogger tidak juga, mungkin hanya selang 1-2 hari postingan blogger yang memang sudah menguasai ilmu per-SEO-an bisa "nangkring" di halaman pertama Mesin Pencari Google.

    Salah satu cara untuk mempercepat agar postingan kita segera "nangkring" di halaman pertama Google atau bahasa lainnya adalah agar postingan kita cepat di index oleh Mesin Pencari Google adalah dengan melakukan submit URL di Google Webmaster.

    Untuk bisa di index oleh Google, terdapat pengaturan juga di blogger Teman-Teman, yang intinya adalah membolehkan Robot Search Engine untuk melakukan index. Secara Default, Robots tersebut diperbolehkan untuk mengindex (terutama di blogger) seluruh isi dari blog yang kita buat.

    Namun kita juga bisa melakukan blok atau tidak mengijinkan Robots dari mesin pencari untuk melakukan index pada postingan atau halaman tertentu. Sebagai contoh misal di halaman kontak, kita tidak ingin dicari oleh Robots, maka kita bisa melakukan setting pada tag robot khusus (pada blogger) di kanan bawah saat kita entri postingan.

    Cara Menggunakan Google Webmaster Tool

    Oiya kembali ke pokok bahasan postingan ini, langsung saja berikut cara-cara memanfaatkan Google Webmaster Tool untuk submit artikel kita agar segera di index dan harapannya segera muncul di halaman pertama mesin pencari milik Google.

    1. Pada kotak pencarian ketik saja "Google Webmaster Tool", kemudian pilih yang paling atas

      Cara Menggunakan Google Webmaster Tool agar Postingan Blog Kita di Index oleh Google Search Engine Searching Google Webmaster Tool syaffi com
      .
      .
    2. Kita akan dibawa ke tampilan Google Webmasters, kemudian pilih Search Console

      Cara Menggunakan Google Webmaster Tool agar Postingan Blog Kita di Index oleh Google Search Engine Pilih Search Concole syaffi com

    3. Kalau Teman-Teman pada browser sudah login ke akun gmail, maka akan dibawa langsung ke tampilan Google Search Console, namun di cara ini kita akan melakukan login dulu ke akun gmail kita.

      Cara Menggunakan Google Webmaster Tool agar Postingan Blog Kita di Index oleh Google Search Engine Jika belum login gmail maka akan diarahkan ke page ini dan klik mulai sekarang syaffi com

      Untuk loginnya kita klik "Mulai Sekarang" kemudian kita diminta untuk memasukkan email dan password dari Gmail kita.
      Cara Menggunakan Google Webmaster Tool agar Postingan Blog Kita di Index oleh Google Search Engine Login dulu ke Gmail syaffi com

      Oiya, turorial ini untuk yang punya blog di blogspot ya Teman-Teman. Kalau Teman-Teman punya blog selain di blogspot, Teman-Teman harus memasukkan script ke html blog atau website Teman-Teman.

      Script ini merupakan kode khusus yang otomatis diberikan oleh Google Search Console untuk mengenali bahwa website atau blog tersebut merupakan milik Teman-Teman.


    4. Setelah login berhasil, kita akan dibawa ke tampilan "Welcome to Google Search Console", pada tampilan ini silakan masukkan domain yang kita miliki, bisa juga alamat blogspot kita, karena di contoh sudah .com ya Teman-Teman. Setalah itu klik saja Contiue.

      Cara Menggunakan Google Webmaster Tool agar Postingan Blog Kita di Index oleh Google Search Engine
      .
      .
    5. Setelah itu kita dibawa ke tampilan verified ownership domain, karena domain ini sebelumnya dari blogger yang ditautkan ke URL pihak ketiga. Jadi pada tampilan ini, sudah auto verified ya Teman-Teman.
      Cara Menggunakan Google Webmaster Tool agar Postingan Blog Kita di Index oleh Google Search Engine

      Nah kalau Teman-Teman yang punya domain selain di blogger, maka diminta untuk verifikasi dulu seperti yang dijelaskan pada poin 3 di atas.
      .
      .
    6. Setelah itu, silakan menuju postingan Teman-Teman yang akan didaftarkan untuk di index oleh Google, copy URL nya dan paste di kotak yang ada dan ditandai nomor 1 di screenshoot di bawah ini.
      Cara Menggunakan Google Webmaster Tool agar Postingan Blog Kita di Index oleh Google Search Engine

      Setelah di paste dan enter, sesaat Google Search Console akan mencari apakah alamat / URL tersebut sudah ada di index Google atau belum. Untuk kasus ini URL tersebut belum ada di Google karena memang artikel masih baru.

      Keterangan artikel belum ada di index Google bisa dilihat pada Nomor 2 screenshot, dan kita akan meminta Google untuk mengindex artikel tersebut dengan melakukan klik pada nomor 3, yaitu "Request Indexing".


    7. Setelah melakukan Request, selanjutnya muncul pop up bahwa indexing requested. Kalau sudah seperti ini kita hanya perlu menunggunya saja, namun tidak akan lama karena kita sudah meminta ke Google untuk segera melakukan index terhadap artikel kita.
      Cara Menggunakan Google Webmaster Tool agar Postingan Blog Kita di Index oleh Google Search Engine
      .
      .
    8. Selang beberapa waktu (kadang hitungan jam), kita bisa melakukan cek kembali dengan input URL seperti pada poin 6, maka ketika di enter akan ada keterangan "URL is on Google".
      Cara Menggunakan Google Webmaster Tool agar Postingan Blog Kita di Index oleh Google Search Engine

      Hal ini artinya, artikel kita dengan alamat URL tersebut sudah masuk di index Google, dan kita berhasil untuk meminta Google melakukan index artikel kita.


      Baca Juga :


      Jika Teman-Teman melakukan perubahan-perubahan pada artikel yang sudah di post sebelumya, maka Teman-Teman bisa melakukan permintan indexing lagi, agar perubahan-perubahan yang sudah dilakukan dapat segera di index oleh Google.

      Contohnya karena merasa artikel awal belum di SEO, setelah ditambahkan kata kunci di dalam artikel atau ditambah paragraph lain yang mendukung topik artikel, dan merasa sudah bagus dan layak untuk menjadi "pejwan", Teman -Teman bisa memilih "Request Again".

      Namun ketika tidak ada perubahan dan Teman-Teman melakukan Request Again, akan tidak berpengaruh signifikan atau bahkan tidak berpengaruh sama sekali.

      Misalnya Teman-Teman sudah melakukan index sebelumnya, dan ternyata setelah di cari artikel Teman-Teman berada di page ke 5, dengan melakukan "Request Again" tidak serta merta akan berubah menjadi page 2 misalnya.

      Mungkin saja selang beberapa hari dengan keyword yang sama, sebelumya artikel berada di halaman 5 kemudian berubah ke halaman 1, itu mungkin saja karena memang artikel Teman-Teman berkualitas dan memang layak untuk di index ke halaman 1 oleh Google. Karena mungkin banyak pengunjung nya atau di share ke socmed sehingga banyak yang menuju ke URL tersebut.

      Untuk bisa memindahkan artikel kita ke halaman berapa saja, itu murni algoritma dari Mesin Pencari Google.


    9. Selanjutnya, setelah kita Request Indexing dan di cek ternyata URL sudah ada di Google, kita akan melakukan cek di Google Search Engine dengan memasukkan kata kunci (lebih tepatnya judul artikel) hehe dan ternyata sudah masuk di halaman pertama google posisi nomor 3 dari atas.
      Cara Menggunakan Google Webmaster Tool agar Postingan Blog Kita di Index oleh Google Search Engine

      Kenapa artikel itu munculnya di halaman pertama dan posisi nmor 3 dari atas? Karena yang dimasukkan bukan kata kunci yang 1,2 atau 3 suku kata, namun judul artikel hehe

      Kalau memaksa untuk di tulis kata kunci dengan 1,2 atau 3 suku kata pasti ketemu, namun entah di halaman berapa, nah contoh itu untuk mempercepat saja, bahwa URL yang sudah kita submit/request indexing sudah bisa ditampilkan oleh Google Sarch Engine melalui Google Webmaster Tool yang dimillikinya.

    Penutup

    Demikian Teman-Teman sharing kali ini tentang Cara Menggunakan Google Webmaster Tool agar Postingan Blog Kita di Index oleh Google Search Engine, apa ada kendala di Teman-Teman?

    Jika ada permasalahan atau kesulitan silakan saja berkomentar di bawah ya, siapa tahu Admin bisa membantu menyelesaikan permasalahannya.

    Semoga Bermanfaat,

    Salam,
    Syaffi


    Artikel Populer dan Iklan



    Dapatkan Artikel Terbaru Via Email


    Comments