Daftar isi [Tampilkan]


Halo Teman-Teman,
Bagaimana puasanya? Lancar ya? Mudah-mudahan lancar dan dapat pahala yang banyak yaa hehe

Postingan kali ini akan mengulas secara lengkap tentang IMEI dan Aturan di Indonesia tentang pentingnya IMEI





Pengertian IMEI 
IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang merupakan kode internasional yang membedakan perangkat mobile satu dengan yang lainnya. Setiap Handphone (baik lama maupun terbaru) selalu mempunyai nomor IMEI.

Dikutip dari Web Kominfo, Nomor IMEI ada 15 digit yang merupakan dihasilkan dari 8 (delapan) digit Type Allocation Code yang dialokasikan oleh Global System for Mobile Association (GSMA) untuk mengidentifikasi secara unik Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang tersambung ke jaringan bergerak seluler.

Aturan
Menurut Siaran Pers No. 58/HM/KOMINFO/04/2020 pada Sabtu, 18 April 2020 tentang Pengendalian IMEI Mulai 18 April 2020, Pengguna HKT Akan Terima Notifikasi Bertahap

Aturan ini berlaku sejak 18 April 2020, dimana di dalam aturan ini memastikan bahwa perangkat seluler yang sudah tersambung ke jaringan operator lokal sebelum tanggal tersebut bisa dipastikan tidak akan kena blokir (perangkat akan tetap bisa digunakan).



Jika Teman-Teman membeli Handphone setelah tanggal 18 April 2020 dan membeli di toko resmi dipastikan dapat juga menggunakan perangkat tersebut di Indonesia.

Aturan ini sebenarnya memastikan bahwa, ponsel-ponsel yang ada di Indonesia merupakan ponsel resmi yang masuk, yang aman di pakai, kualitas terjaga dan telah melakukan pembayaran pajak, serta mengikuti aturan yang ada di Indonesia, seperti aturan adanya TKDN dan lain sebagainya.



Jika ponsel yang ada di Indonesia merupakan ponsel Black Market (BM) atau ponsel replika, yang tidak memenuhi aturan IMEI atau bahkan tidak ada nomor IMEI dipastikan tidak akan mendapatkan akses seluler di Indonesia.

Ketika perangkat dipasang dengan Kartu Subscriber Identification Module (SIM) dari penyelenggara telekomunikasi di Indonesia, pada dasarnya operator seluler telah mendata atau melakukan pairing nomor IMEI dan kartu SIM serta menyimpan data itu pada server milik operator seluler.
IMEI sudah terdaftar syaffi com
IMEI Admin sudah terdaftar (SIM Telkomsel)


Cek IMEI iPhone dan Android
Untuk melakukan cek IMEI pada iPhone ada berbagai cara, yaitu IMEI dapat ditemukan pada pengaturan iPhone, pada aplikasi iTunes Finder, pada fisik iPhone dan juga di dus atau kemasan saat Teman-Teman membeli iPhone.



  1. Cek IMEI iPhone di Pengaturan,
    Caranya dengan masuk ke menu pengaturan lalu masuk ke menu umum dan pilih tentang, silakan geser ke bawah dan cari nomor IMEI iPhone
  2. Cek IMEI iPhone di Fisik
    Caranya dengan membuka slot untuk kartu SIM dan temukan 15 digit IMEI iPhone Teman-Teman. Untuk perangkat iPad dan iPod Teman-Teman bisa menemukan nomor IMEI iPhone pada fisik belakang HP
  3. Cek IMEI iPhone di aplikasi Finder dan iTunes
    Untuk di aplikasi Finder Teman-Teman bisa menemukan IMEI pada tab Umum dan pada aplikasi iTunes bisa ditemukan di tab Ringkasan.
  4. Pada dus pembelian
    Untuk cek IMEI iPhone pada dus pembelian, Teman-Teman bisa melihat pada barcode yang ada, disana akan terlihat nomor seri, IMEI dan lain-lain.



Untuk melakukan cek IMEI pada Android kita bisa melakukannya melalui cara-cara berikut ini.
  1. Cek Melalui Menu Pengaturan
    Teman-Teman bisa masuk ke menu Setting atau Pengaturan, kemudian masuk ke menu Tentang Telepon dan pilih atau tap Status, silakan geser ke bawah untuk menemukan IMEI Android
  2. Cek Melalui Kardus Pembelian
    Silakan Teman-Teman kalau masih menyimpan kardus pembelian, cek pada bagian belakang kardus dan temukan barcode yang ada nomor IMEI Android




Cek IMEI Operator XL, Telkomsel, Tri, Indosat Ooredo dan Smartfren

  1. Untuk Teman-Teman pengguna dari Operator Telkomsel silakan pada dialpad ketik *377# lalu pilih 1, tunggu hingga ada SMS dari pihak Telkomsel, biasanya isinya selain info nomor IMEI isinya berpantun juga.
  2. Untuk operator XL cara cek nya dengan dial *123*817#, dan tunggu SMS konfirmasi.
  3. Operator Smartfren silakan dial di *#06#
  4. Kemudian untuk Indosat Ooredoo silakan dial *#06#
Sebenarnya untuk melakukan cek IMEI di HP apapun, secara umum adalah dengan melakukan dial *#06#, bahkan untuk HP jadul pun seperti itu. Ini Admin dulu banget saat pertama pegang HP seperti Nokia coba-coba *#5512# dan kode lain untuk melakukan miring layar bahkan layar terbalik kalau tidak salah dulu di HP Nokia 1600 bisa seperti itu




Baca Juga :



Cek IMEI di Web Kemenperin 
Setelah dilakukan cara-cara di atas, namun masih kurang yakin apakah IMEI kita sudah terdaftar di Kementerian Perindustrian atau belum, kita bisa memasukkan nomor IMEI kita yang berjumlah 15 digit pada web Kemenperin di https://imei.kemenperin.go.id/.





FAQ:

  1. Bagaimana kalau kita ke luar negeri dan kita membeli HP untuk oleh-oleh?

    Jawaban : Untuk yang beli HP di Luar Negeri Maksimal boleh membawa 2 unit, kemudian ketika sampai di Bandara di Indonesia, kita di haruskan ke Bea Cukai untuk bayar pajak. Kita juga bisa dibebaskan pajak ketika nilai barang yang di bawa kurang dari 500 USD. Untuk ke Bea Cukai pastikan kita membawa bukti pembelian dari negara asal.
  2. Bagaimana kalau kita menetap di Luar Negeri untuk sementara waktu (misalnya mahasiswa) dan mau bawa smartphone ke Indonesia?

    Jawaban : Aturannya adalah kita diharuskan untuk mendaftarkan IMEI melalui online, biar IMEI nya tidak diblokir. Sebelum ke Indonesia isi form bea cukai di sini: http://beacukai.go.id/register-imei.html

    Handphone yang nilainya di atas 500 USD dikenakan pajak 10% + 7.5%, jika kurang dari 500 USD tidak kena pajak, namun tetap harus daftar untuk bisa menggunakan HP di Indonesia.
  3. Bagaimana kalau HP BM yang kita beli sebelum tanggal 18 April ?

    Jawaban : HP BM tersebut dipastikan aman, karena sudah terdaftar SIM nya dan pasti sudah mendapatkan sinyal dari operator di Indonesia, jika ada IMEI nya ya Teman-Teman, kalau tidak ada IMEI dipastikan tidak bisa, kalaupun ada IMEI dan format tidak sesuai ketentuan (IMEI nembak) kemungkinan tidak bisa. IMEI nembak misalnya HP tersebut merupakan replika dan pasti tidak dibuat di pabrik resmi, nah bisa dipastikan kalau ada nomor IMEI nomornya ngasal atau tidak sesuai.

    Jika HP BM yang beli setelah tanggal 18 April 2020 jika tidak register ke Bea Cukai pasti tidak aman dan tidak bisa di pakai di Indonesia yang artinya HP tersebut tidak terdaftar di kemenperin.
  4. Bagaimana kalau kita membeli HP 2 buah dengan nilai barang 700 USD, Berapa yang kena Pajak?

    Jawaban : Nilai barang tidak kena pajak adalah 500 USD, yang 200 USD kena pajak dengan ketentuan seperti di atas. Prosentasenya dari nilai barang keseluruhan dikurangi dengan nilai minimal tidak kena pajak. 





Ilustrasi ketika kita bawa HP dari Luar Negeri bisa di lihat berikut ini, Sumbernya dari socmed BeaCukaiRI
Cek Imei Bea Cukai RI Lengkap syaffi com




Yuk Selektif Membeli HP
Untuk Teman-Teman yang sudah tahu informasi ini, Yuk Kita selektif dalam membeli HP, pastikan HP tersebut resmi dan kita sudah mendapatkan IMEI nya, agar keamanan dalam penggunaan HP kita dijamin pemerintah.



Jangan sampai kita membeli HP asal dan data-data penting kita rawan dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Selain itu dengan kita membayar pajak (misal beli dari luar harga diatas 500 USD) kita membantu negara ini untuk pembangunan dan kita sebagai warga negara yang taat pajak.

Semoga bermanfaat ya Teman-Teman, jika ada informasi yang kurang silakan komentar di bawah dan kalau ada koreksi sampaikan dengan kata-kata yang baik ya. Terimakasih.

Salam,
Syaffi