Daftar isi [Tampilkan]


Hai Teman-Teman,

Beberapa waktu lalu Admin berselancar di dunia maya, baca-baca di blog temen-teman blogger yang lain perihal tips untuk mempercepat loading halaman di blog kita.

Alhasil banyak ilmu memang yang bisa di dapat dari berselancar itu, dan salah satu rekomendasi yang cukup penting dari hasil berselancar itu adalah dengan kita melakukan opptimasi ukuran image atau gambar sebelum di upload di blog.

Hal tersebut untuk menjaga agar kenyamanan pengunjung blog kita semakin meningkat, yaitu kenyamanan saat loading page atau halaman semakin cepat karena ukuran image atau gambar yang kecil namun tidak terlalu menurunkan ketajaman atau kualitas image.

Jadi gambar atau image yang ada di blog kita, secara ukuran (dalam kB) akan turun namun kualitas dari gambar maupun resolusi akan tetap sama.

Woaa, berita bagus bukan untuk Teman-Teman blogger yang belum mengetahui hal ini, ya waktu kemarin Admin tahu ini juga terkesan dengan perubahan kecepatan loading gambar di blog ini. Hal ini subjektif memang, namun memang rasanya lebih cepat hehe

Teman-Teman bisa membuktikan sendiri di blog teman-teman sendiri ya, bagaimana isi page atau halaman di blog Teman-Teman dengan gambar yang sama sebelum dan sesudah di kompress.




Langsung saja Teman-Teman, berikut caranya. Oiya, jangan berfikir bahwa kita harus menguasai editor foto / gambar yang "njelimet" hehe

Jadi tidak perlu belajar Photoshop atau Corel dan lain sebagainya untuk kita bisa melakukan kompres foto / gambar ya Teman-Teman.

Kita akan melakukannya secara online, Yap secara online yang penting ada koneksi internet dan browser kita, kita sudah bisa melakukan kompres foto atau image dengan penurunan ukuran hingga minus 70 %.

Artinya, jika sebelumnya kita punya foto dengan ukuran 100 kB dan dengan melakukan kompresi secara online tersebut kita bisa menurunkan ukuran menjadi 30 kB dan kita masih mendapatkan kualitas foto yang hampir sama atau nyaris sama (itu subjektif yang admin lihat).

Hadeuh, masih bertele-tele juga nih Adminnya hehe Ok, check caranya dan ikuti langkahnya berikut ini ya Teman-Teman :

  1. Kunjungi situs https://compressjpeg.com/ sehingga tampilannya muncul seperti di bawah ini
    .
    .
  2. Pilih Upload Files dan tunggu proses upload hingga selesai dan bisa di download dengan menekan / klik yang ditandai merah
    .
    .
  3. Selesai dan kita bisa lihat ukuran yang turun hingga 70% di bawah ini


Teman-Teman bisa melakukan kompres image ini lebih dari satu image secara bersamaan, artinya kalau Teman-Teman punya banyak image dan mau di kompres sekaligus juga bisa dilakukan secara bersama-sama.




Sebenarnya Teman-Teman, di lain situs juga banyak cara kompres image secara online yang lain, situs di atas hanya contoh saja.

Teman-Teman tinggal menuju ke Google Search dan masukkan kata kunci kompres image, dan nanti hasilnya akan banyak, silakan Teman-Teman pilih sendiri sesuai keinginan dan kemudahan dalam menggunakannya.


Pesan yang ingin di sampaikan dari post ini adalah Teman-Teman blogger yuk optimasi kualitas blog kita dengan salah satunya menurunkan ukuran gambar / image yang ada di post kita supaya pengunjung merasa nyaman dan tentunya hemat kuota.

Jika ada yang masih kurang jelas atau ada yang mengalami kesulitan, silakan komentar di kolom bawah yah.


Semoga Bermanfaat,
Salam,
Syaffi