Daftar isi [Tampilkan]


Halo Teman-Teman,

Masih semangat ya untuk Tetap di Rumah, iya donk harus tetap semangat dan produktif walau di rumah. Saat ini kita memang sedang dihadapkan pada situasi yang mengharuskan beberapa aktifitas harus dilakukan di rumah.

Kalau anak Twitter bilang "kalau passion mu rebahan, ini saatnya untuk menyalurkan passionmu" hehe

Ya memang, dari pemerintah juga mewajibkan untuk beberapa situasi harus dilakukan di rumah, kalaupun harus keluar rumah, harus menjalankan protokol kesehatan, minimal memakai masker.



Dunia digital saat ini, bisa mendukung kegiatan kita yang di rumah aja, karena internet sudah hampir merata di Indonesia, mungkin sebagian kecil yang belum menikmati internet.



Kalau anak sekolah saat ini mungkin hampir semua sudah menggunakan internet, walaupun dengan kecepatan internet yang berbeda-beda, dengan kualitas internet yang berbeda, karena geografis Indonesia yang sangat luas.

Dalam mendukung Kegiatan belajar di rumah, beberapa aplikasi atau situs penyedia Online Class berlomba-lomba untuk meningkatkan jangkauan mereka bahkan meng-gratiskan layanan mereka untuk mendukung Anak sekolah tetap belajar di rumah.



Online Class
Merupakan kegiatan belajar yang dilakukan secara online, atau mudahnya adalah sekolah online, karena yang paling utama adalah kegiatan belajar mengajar. Saat ini ada banyak aplikasi dan populer yang menyediakan online class, salah satu yang paling terkenal menurut Admin adalah Ruang Guru, sering lihat iklanya di TV kan ya Teman-Teman?
online class

Dalam kegiatan ini, ada yang modelnya satu arah seperti guru yang menelaskan ke muridnya dan ada juga yang komunikasi 2 arah. Dengan komunikasi 2 arah maka murid bisa mengajukan pertanyaan langsung ke guru atau narasumber.



Keuntungan 
Untuk saat ini keuntungan melakukan online class sangat banyak, karena memang ini yang harus dilakukan untuk tetap bisa belajar dari rumah. Beberaa keuntungan yang bisa didapat yaitu :

  • Menaati peraturan pemerintah selama PSBB di beberapa daerah, sehingga bisa memutus rantai penyebaran pandemi covid19
  • Tetap bisa belajar dengan baik
  • Bisa sambil berkumpul dengan keluarga
  • Menghindari rasa bosan, karena bisa bertemu melalui online dengan Teman-Teman sekolah
  • Lebih santai dalam mengikuti kegiatan belajar
  • Fleksibilitas sangat baik, tidak harus buru-buru, kalau di hari biasa mungkin harus buru-buru mandi, naik kendaraan, uang saku dan lain sebagainya, kalau di rumah kuota saja mungkin hehe. Eh tapi nggak juga banyak operator yang kerjasama dengan aplikasi yang menyediakan akses gratis.




Kerugian 
Yang jelas keuntungannya lebih banyak ya Teman-Teman hehe, mungkin kerugiannya adalah tidak kondusif saja ketika kelas berlangsung, karena apa mungkin tidak semua siswa bisa mendapatkan akses dan kecepatan internet yang sama, sehingga berpotensi tidak tersampaikannya materi dengan baik.

Daftar Aplikasi 
  1. Ruang Guru
  2. Brainly
  3. Zenius
  4. Skill Academy
  5. Rumah Belajar
  6. Kelas Pintar
  7. Sekolahmu
  8. Pahamify



Penutup
Sebenarnya tidak hanya aplikasi atau penyedia Online Class di atas saja ya Teman-Teman, karena apa, dalam perkembangannya social media yang sering dipakai pun bisa dijadikan Kelas Online, karena sudah ada fitur untuk live streaming dan sejenisnya. Contohnya ada Youtube Live, Facebook Live dan Instagram Live.

Sebenarnya apapun metode belajarnya, Yuk tetap semangat dalam belajar, dan semoga masa pandemi ini cepat selesai, selalu dan tetap belajar dan produktif di rumah.


Semoga Bermanfaat,
Salam,
Syaffi