--> ✓✓ 25 Lebih Daftar Aplikasi Online Class untuk Belajar di Rumah FAVORIT Siswa -->

✓✓ 25 Lebih Daftar Aplikasi Online Class untuk Belajar di Rumah FAVORIT Siswa


Daftar isi [Tutup]
    Advertisement
     

    ✓✓ 25 Lebih Daftar Aplikasi Online Class untuk Belajar di Rumah FAVORIT Siswa

    Halo Teman-Teman,

    Masih semangat ya untuk Tetap di Rumah, iya donk harus tetap semangat dan produktif walau di rumah.

    Saat ini kita memang sedang dihadapkan pada situasi yang mengharuskan beberapa aktifitas harus dilakukan di rumah, termasuk salah satunya belajar oleh para Siswa yang harus dilakukan dirumah.

    8 Lebih Daftar Aplikasi Online Class untuk Belajar di Rumah FAVORIT Siswa
    Sumber Pexels

    Kalau anak Twitter bilang "kalau passion mu rebahan, ini saatnya untuk menyalurkan passionmu" hehe

    Ya memang, dari pemerintah juga mewajibkan untuk beberapa situasi harus dilakukan di rumah, kalaupun harus keluar rumah, harus menjalankan protokol kesehatan, minimal memakai masker.


    Belajar secara Online Class di Rumah

    Dunia digital saat ini, bisa mendukung kegiatan kita yang di rumah aja, karena internet sudah hampir merata di Indonesia, mungkin sebagian kecil yang belum menikmati internet.

    8 Lebih Daftar Aplikasi Online Class untuk Belajar di Rumah FAVORIT Siswa
    Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

    Kalau anak sekolah saat ini mungkin hampir semua sudah menggunakan internet, walaupun dengan kecepatan internet yang berbeda-beda, dengan kualitas internet yang berbeda, karena geografis Indonesia yang sangat luas.

    Dalam mendukung Kegiatan belajar di rumah, beberapa aplikasi atau situs penyedia Online Class berlomba-lomba untuk meningkatkan jangkauan mereka.

    Bahkan tak jarang mereka meng-gratiskan layanan mereka untuk mendukung Anak sekolah atau para siswa, agar tetap belajar di rumah, tetap mendapatkan ilmu pelajaran walaupun dirumah saja.

    Nanti yang akan dibahas di artikel ini sebenarnya bukan hanya aplikasi atau portal belajar untuk siswa saja ya Teman-Teman, karena nyatanya dalam satu aplikasi saja bisa menjangkau pelajar, mahasiswa bahkan karyawan yang mau upskill juga ada di beberapa aplikasi yang akan Admin jabarkan di bawah nanti.

    Online Class

    Online Class merupakan kegiatan belajar yang dilakukan secara online, atau mudahnya adalah sekolah online, karena yang paling utama adalah kegiatan belajar mengajar.

    Saat ini ada banyak aplikasi dan populer yang menyediakan online class, salah satu yang paling terkenal menurut Admin adalah Ruang Guru, sering lihat iklanya di TV kan ya Teman-Teman?

    Dalam kegiatan ini, ada yang modelnya satu arah seperti guru yang menjelaskan ke muridnya dan ada juga yang komunikasi 2 arah.

    Dengan komunikasi 2 arah maka murid bisa mengajukan pertanyaan langsung ke guru atau narasumber.


    Keuntungan Belajar Online di Rumah

    Untuk saat ini keuntungan melakukan online class sangat banyak, karena memang ini yang harus dilakukan untuk tetap bisa belajar dari rumah. Beberaa keuntungan yang bisa didapat yaitu :

    • Menaati peraturan pemerintah selama PSBB di beberapa daerah, sehingga bisa memutus rantai penyebaran pandemi covid19
    • Tetap bisa belajar dengan baik
    • Bisa sambil berkumpul dengan keluarga
    • Menghindari rasa bosan, karena bisa bertemu melalui online dengan Teman-Teman sekolah
    • Lebih santai dalam mengikuti kegiatan belajar
    • Fleksibilitas sangat baik.

      Tidak harus buru-buru, kalau di hari biasa mungkin harus buru-buru mandi, naik kendaraan, uang saku dan lain sebagainya.

      Kalau di rumah kuota saja mungkin hehe. Eh tapi nggak juga banyak operator yang kerjasama dengan aplikasi yang menyediakan akses gratis.



    Kerugian 

    Yang jelas keuntungannya lebih banyak ya Teman-Teman hehe.

    Mungkin kerugiannya adalah tidak kondusif saja ketika kelas berlangsung, karena mungkin tidak semua siswa bisa mendapatkan akses dan kecepatan internet yang sama, sehingga berpotensi tidak tersampaikannya materi dengan baik.

    Dan ini tugas pemerintah dan para pengusaha layanan telekomunikasi, ayo Pak Bu pemangku kepentingan untuk selalu dan berusaha menghadirkan layanan internet terbaik hingga ke pelosok nusantara.

    Terimakasih Bapak/Ibu jika Bapak/Ibu membaca artikel ini dan semoga pesan ini bisa tersampaikan.

    Daftar Aplikasi 

    Berikut Teman-Teman daftar aplikasi Online Class, aplikasi favorit banyak yang menggunakannya.

    1. Ruang Guru

    Aplikasi Ruang Guru pasti sudah tidak asing lagi buat Teman-Teman semua ya? Karena iklan dari aplikasi Ruang Guru ini sudah berkali-kali mondar-mandir di TV Nasional.

    Aplikasi Ruang Guru 25 Lebih Daftar Aplikasi Online Class untuk Belajar di Rumah FAVORIT Siswa
    Sumber : bimberl.ruangguru.com

    Bahkan ketika ada tahun ajaran baru, tak jarang Mereka menyewa hampir semua stasiun TV Nasional untuk menayangkan acara tersebut.

    Aplikasi Ruang Guru menampilkan banyak sekali video-video belajar dari para Guru yang sudah bersertifikasi, penyampaiannya enak, penjelasannya mudah ditangkap, animasi-animasi dalam video yang menarik dan lain sebagainya.

    2. Brainly Indonesia

    Brainly juga tidak kalah favoritnya bagi banyak siswa di Indonesia. Karena jika Kalian bertanya tentang pelajaran di Google Search misalnya, tidak jarang yang keluar di halaman 1 adalah dari situsnya Brainly.

    Printscreen situs brainly 25 Lebih Daftar Aplikasi Online Class untuk Belajar di Rumah FAVORIT Siswa


    Hal ini sangat membantu sekali para siswa dalam melakukan belajar.

    Brainly Indonesia juga hadir dalam aplikasi yang bisa kita gunakan untuk melakukan Online Class sehingga saat di rumah saja seperti sekarang ini, kita bisa tetap mendapatkan pembelajaran dengan baik dirumah.

    Kita masih bisa juga mendapatkan ilmu walaupun di rumah saja Teman-Teman.

    3. Zenius

    Zenius merupakan aplikasi belajar online yang bisa dinikmati juga secara gratis oleh para siswa. Dengan tampilan yang sederhana.

    25 Lebih Daftar Aplikasi Online Class untuk Belajar di Rumah FAVORIT Siswa

    Menyediakan materi pembelajaran sejak anak SD hingga Kuliah yang cukup lengkap.

    Bahkan bisa juga mengasah kemampuan hasil belajar kita dengan menu tryout, yang akan mengukur seberapa pemahaman kita tentang materi yang sudah dipelajari.

    4. Skill Academy

    Skill Academy ini dibuat oleh ruang guru ya Teman-Teman. Materi pembelajaran yang ada di dalamnya bisa untuk semua orang dan bisa untuk banyak profesi, tidak cuma untuk siswa saja melainkan untuk mahasiswa dan karyawan juga bisa.

    Karena tujuan dari skill academy ini untuk pengembangan kemampuan diri.

    25 Lebih Daftar Aplikasi Online Class untuk Belajar di Rumah FAVORIT Siswa


    Di dalam Skill Academy ini terdapat banyak materi-materi dari para ahli di bidangnya, dikemasa dalam video-video singkat namun jelas dan materinya mudah dipahami.

    Materi yang sudah diajarkan terdapat rangkumannya dan tentu ada juga semacam tryoutnya sehingga bisa mengukur kemampuan para penggunanya dan melihat seberapa dalam pemahaman pengguna terhadap materi yang sudah diajarkan oleh para mentor.

    Skill Academy ini menjadi salah satu aplikasi yang bekerjasama dengan pemerintah dalam program prakerja.

    5. Rumah Belajar

    Rumah belajar digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayanaa, jadi portal atau aplikasi Rumah Belajar ini merupakan program dari pemerintah.

    25 Lebih Daftar Aplikasi Online Class untuk Belajar di Rumah FAVORIT Siswa


    Materi-materi yang ada didalamnya dikemas dalam video yang menarik sehingga tidak terlalu membosankan pelajar.

    Rumah belajar adalah aplikasi HP sedangkan kalau Teman-Teman mau mengaksesnya dengan menggunakan PC melalui browser alamatnya adalah belajar.kemendikbud.go.id

    6. Kelas Pintar

    Kelas pintar ini mengusung cara belajar online dirumah dengan metode pintar, personal dan terintegrasi.

    25 Lebih Daftar Aplikasi Online Class untuk Belajar di Rumah FAVORIT Siswa


    Selama pandemi ini Kelas Pintar juga memberikan materi belajar online gratis buat para siswa ya. Terdapat materi-materi bimbingan belajar dan juga sebagai siswa bisa tanya melalui menu tanya.

    Terdapat juga bermacam-macam soal untuk mengasah kemampuan kita sebelum menghadapi ujian yang sebenarnya dari sekolah.

    7. Sekolahmu

    Aplikasi dan portal belajar Sekolahmu mengusung tagline merdeka belajar dengan satu aplikasi yang interaktif, fleksibel, terjangkau dan melibatkan ratusan sekolah, kampus, museum serta berbagai ruang belajar lainnya.

    25 Lebih Daftar Aplikasi Online Class untuk Belajar di Rumah FAVORIT Siswa


    Menggunakan portal atau aplikasi Sekolahmu akan memberikan pengalaman belajar yang cukup menyenangkan dan tentunya interaktif. 

    Terdapat menu belajar Live, ada juga kalender belajar, ada pula ujian.mu untuk mengasah dan mengevaluasi hasil pembelajaran yang sudah dilakukan.

    Ada juga materi-materi dari prakerja, dimana isinya adalah semacam kursus-kursus yang bisa memberikan arahan kepada penggunanya untuk bisa langsung kerja dengan pelatihan yang ada.
    8. Pahamify
    9. Meja Kita
    10. Icando
    11. IndonesiaX
    12. Google Suite For Education
    13. Microsoft Office 365
    14. Quipper School
    15. Cisco Webex
    16. seTARA Daring
    17. Qipin School
    18. Edmodo
    19. Google Class Room
    20. Moodle
    21. Cakap
    22. Media Belajar Online
    23. Cerebrum
    24. NF Juara
    25. Kelas Kita
    26. Bimbel SMARRT

    Penutup

    Sebenarnya tidak hanya aplikasi atau penyedia Online Class di atas saja ya Teman-Teman.

    Karena dalam perkembangannya, aplikasi social media yang sering dipakai sehari-hari pun bisa dijadikan Kelas Online, karena sudah ada fitur untuk live streaming dan sejenisnya.

    Contohnya ada Youtube Live, Facebook Live dan Instagram Live.

    Sebenarnya apapun metode belajarnya, Yuk tetap semangat dalam belajar, dan semoga masa pandemi ini cepat selesai, Yuk selalu dan tetap belajar dan produktif di rumah.

    Demikian Teman-Teman 25 Lebih Daftar Aplikasi Online Class untuk Belajar di Rumah FAVORIT Siswa.

    Semoga Bermanfaat,
    Salam,
    Syaffi


    Artikel Populer dan Iklan



    Dapatkan Artikel Terbaru Via Email


    Comments