-->

√√ 40 Lebih Fungsi Tombol Windows Yang Mungkin Belum Teman-Teman Tahu

Daftar isi [Tutup]


    Halo Teman-Teman,
    Bagi pengguna Windows mungkin sangat jarang sekali untuk menekan tombol yang satu ini, tombol yang ada di keyboard kita. Tombol apa ya kira-kira?

    Yap, Betul, Tombol logo Windows. 

    Menurut Admin, Teman-Teman banyak yang tidak menggunakan tombol tersebut dalam penggunaan sehari-hari. Betul tidak kira-kira? hehe
    1. Keyboard syaffi com

    Hal ini juga Admin alami sendiri soalnya, Sangat-sangat jarang Admin menggunakan tombol ini, mungkin digunakan saat mau screenshoot saja.

    Lalu apa saja sih yang bisa dilakukan dengan Tombol Windows pada keyboard Komputer / PC / Laptop kita?

    Nanti akan lengkap di jelaskan di bawah ya Teman-Teman. Namun sebelumnya kita akan membahas mengenai manfaat dengan kita mengetahui dan menggunakan Tombol Windows pada Komputer / PC / Laptop.

    Sebagai catatan ya Teman-Teman, Admin menggunakan cara - cara ini pada Windows 10 ya.

    Manfaat Menggunakan Tombol Windows 

    Dengan kita mengetahui fungsi Tombol Windows dengan baik, tentu akan memudahkan kita dalam menggunakan Laptop / PC kita. Pekerjaan yang kita lakukan dengan laptop atau PC kita menjadi lebih efisien dan cepat.
    2. On screen Keyboard syaffi com


    Kemudian kita bisa menghemat waktu dengan baik, tidak bingung perlu klik beberapa kali hingga ketemu menu yang kita tuju. Dengan kita mengetahui trik ini hanya sekali pencet saja dengan kombinasi tombol windows maka menu yang kita tuju tadi sudah terbuka.

    Misalnya saja nih, ketika kita mau membuka Explorer dan umumnya adalah dengan klik File Explorer pada Taskbar atau mungkin masih harus mencari dulu dengan klik Start Menu kemudian ketik Explorer pada Search Menu, itu akan memakan waktu lebih lama.

    Kalau kita sudah tahu trik membuka Windows Explorer dengan menekan Tombol Windows dan huruf E secara bersama-sama (Windows+E) maka beberapa langkah klik di atas tadi bisa di lewati bukan? Akan lebih efisien bukan?

    Selain itu juga mungkin akan terlihat lebih "keren", karena mungkin seperti di film-film gitu, dengan hanya pencet tombol tertentu kebuka deh menunya. Ini agak lebay sih haha. Siapa tahu juga ketika Teman-Teman menggunakan kombinasi tombol Windows ini dan yang lihat adik kecil nya, jadi nanti adiknya bilang, wah mas keren hanya pencet-pencet tombol lalu kebuka menu-menu yang dipilih hehe. 

    Ya karena Adik atau Teman yang lainnya tidak mengetahui trik ini.

    Jujur dulu Admin awal-awal baru mengenal komputer, jaman-jaman itu ketika ada salah satu Teman Admin membuka File Explorer dengan tombol Windows+E terlihat keren. Batin Admin waktu itu lha itu tanpa klik Aplikai File Explorer koq Explorernya sudah terbuka. Hal itu karena memang Admin belum tahu ada Shortcut Keyboard seperti itu.

    40 Lebih Fungsi Tombol Windows

    Lalu apa saja kombinasi Tombol Windows itu? Simak ya Teman-Teman.
    1. Tombol Windows saja : Membuka atau menutup Start Menu
      3. Tombol Windows untuk Membuka Start Menu syaffi com

    2. Tombol Windows + Panah Atas : Untuk split sreen dan Membuat tampilan 1 layar penuh atau Maximize Window (Aplikasi yang sedang aktif)
      4. Untuk Fullscreen aplikasi yang sedang aktif syaffi com

    3. Tombol Windows + Panah Bawah : Untuk Mengecilkan / Mengembalikan ukuran Window (Aplikasi yang sedang aktif) atau bisa dikatakan mengembalikan ukuran aplikasi yang sedang aktif seperti sebelum dilakukan Maximize Window (kebalikan Maximize Window tapi bukan Minimize lho ya, silakan di coba saja sih hehe)
      5. Untuk mengembalikan aplikasi ke ukuran semual syaffi com

    4. Tombol Windows + Panah Kiri : Untuk menggeser aplikasi yang sedang aktif ke separuh layar sebelah kiri dan kemudian aplikasi yang aktif selanjutnya harus di pilih untuk di tampilkan ke separuh kanan layar.
      6. Untuk menempatkan aplikasi ke separuh layar kiri syaffi com


    5. Tombol Windows + Panah Kanan : Untuk menggeser aplikasi yang sedang aktif ke separuh layar sebelah kanan dan kemudian aplikasi yang aktif selanjutnya harus di pilih untuk di tampilkan ke separuh kiri layar.
      7. Untuk menempatkan aplikasi aktif ke separuh layar kanan syaffi com


    6. Tombol Windows + M : Untuk Minimize semua tampilan Windows (Semua Aplikasi yang sedang dibuka akan Minimize) dan akan kembali ke Tampilan Desktop (Seperti klik kanan bawah Taskbar jika posisi Taskbar di bawah layar).
    7. Tombol Windows + Shift + M : Membuka kembali semua aplikasi yang di Minimize (Kebalikan dari Windows+M).
    8. Tombol Windows + Tab : Untuk menampilkan pilihan aplikasi - aplikasi yang telah dibuka pada Desktop (Task View), dan kita harus memilih Desktop mana yang akan ditampilkan/aktif. Desktop yang dipilih dan akan di aktifkan ditandai dengan kotak putih. Klik pada Desktop yang kita inginkan untuk membuka aplikasi pada Desktop tersebut. Admin contohnya akan memilih Desktop 1.
      8. Untuk membuka Windows Task View syaffi com


    9. Tombol Windows + L : Akan mengunci layar (lockscreen).
    10. Tombol Windows + A : Untuk membuka Action Center, Action Center yang mana silakan dilihat pada screenshoot di bawah ini.
      9. Action center windows 10 syaffi com


    11. Tombol Windows + V : Untuk menampilkan History Clipboard atau riwayat kita melakukan copy.
      10. clipboard history Windows 10


      Namun kita tidak serta merta bisa membuka hal ini ya Teman-Teman, kita perlu mengaktifkan dulu Clipboard History, dengan cara masuk ke Setting > System lalu cari Clipboard dan aktifkan (ubah posisi ke ON). Sumber ilustrasi dari Howtogeek.

      11. Activate Clipboard Windows 10


    12. Tombol Windows + I : Untuk membuka Setting.
      12. Setting pada Windows 10 syaffi com


    13. Tombol Windows + F : Untuk membuka Jendela Feedback Hub, yaitu untuk memberi masukan kepada pengembang Windows terhadap kendala-kendala yang kita alami, agar ke depan terdapat update kembali untuk mengatasi kendala tersebut. Bisa jadi seperti Technical Support nya Microsoft.
      13. Window aplikasi Feedback Hub syaffi com


    14. Tombol Windows + H : Untuk membuka Pilihan Share screenshoot terakhir. 
      14. Pilihan share screenshoot terakhir syaffi com


    15. Tombol Windows + P : Untuk membuka Projection Setting. Ini fungsinya untuk mengatur mode Proyektor dari Laptop / PC kita, bisa pilihannya PC Screen Only, Duplicate, Extend dan  Second Screen Only.
      15. Pilihan Projection setting windows 10 syaffi com


    16. Tombol Windows + titik (.) atau Tombol Windows + titik koma (;) : untuk membuka emoticon pada Windows. Caranya adalah arahkan kursor ke papan ketik, contohnya di Microsoft Word dan tekan kombinasi tombol keyboard tersebut, maka pilihan emoji akan tampil dan silakan pilih sesuai keinginan.
      16. Emoticon windows


      Kalau tidak tampil emoticonnya, bisa menggunakan cara ini. Aktifkan Touch Keyboard dengan cara klik kanan pada Taskbar dan centang pada Touch Keyboard. 
      17. Activate Touch Keyboard syaffi com



      Kemudian klik kiri pada Touch Keyboard.
      18. Pilih dan Klik kiri pada Touch Keyboard syaffi com


      Klik pada tanda Emoticon.
      19. Pilih Emoticon pada Touch Keyboard syaffi com


      Emoticon sudah tampil dan silakan pilih sesuai keinginan.
      20. Emoticon sudah tampil pada Touch keyboard syaffi com


    17. Tombol Windows + Q : Untuk membuka Search Windows (Search Menu).
      21. Search Menu pada Windows 10 syaffi com


    18. Tombol Windows + G : Untuk membuka Gamebar. Disini kita bisa melakukan Screenshoot, membuka Xboox dan Merekam Layar (Screen Video). Jadi jika Teman-Teman ingin membuat video tutorial Photoshop misalnya, tidak perlu mencari aplikasi untuk merekam layar, dari bawaan Windows 10 pun sudah ada.
      22. Game Bar Xbox pada Windows 10 syaffi com


    19. Tombol Windows + X : Untuk membuka Start Menu kedua. Munculnya dari Star Menu namun yang ditampilkan adalah seperti Shortcut untuk menuju ke menu-menu penting di Windows. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat dari screenshoot berikut ini.
      23. Membuka Start menu kedua Windows 10 syaffi com


    20. Tombol Windows + nomor : Untuk membuka aplikasi pada Taskbar sesuai urutan pada Aplikasi Taskbar dari kiri. Misalnya kalau urutan Aplikasi pada Taskbar seperti berikut ini.
      24. Aplikasi pada Taskbar di Windows 10 syaffi com


      Dan Admin menekan kombinasi Tombol Windows + 4 maka akan terbuka Aplikasi Paint.
      25. Aplikasi Pain sudah terbuka pada Taskbar Windows 10 syaffi com


    21. Tombol Windows + Alt + Nomor : Untuk membuka klik kanan pada Aplikasi Taskbar. Sebagai contoh urutan aplikasi Taskbar Admin dari kiri seperti screenshoot sebelumnya. Ketika Admin kombinasikan tombol Windows+Alt+5 maka akan membuka klik kanan pada Aplikasi Sniping Tool.
      26. Klik kanan pada aplikasi snipping tool syaffi com


    22. Tombol Windows + D : Untuk menampilkan Desktop. Hal ini sebagai pintasan yang sangat cepat untuk kembali ke Desktop. Misalnya Teman-Teman membuka 10 Aplikasi bersamaan, dengan kombinasi Tombol tersebut tidak seperti minimize harus 1 per 1 untuk menuju ke Desktop. Silakan dicoba saja ya.
    23. Tombol Windows + E : Untuk membuka file Explorer.
      27. File Explorer pada Windows 10 syaffi com


    24. Tombol Windows + U : Untuk membuka Ease of Access Setting Windows kita.
      28. Ease of access windows 10 syaffi com


    25. Tombol Windows + Print Screen : Untuk screenshoot layar penuh yang saat ini tampil. Detail lengkapnya penjelasan fngsi Windows+Print Screen bisa dilihat di sini.
    26. Tombol Windows + Ctrl + F : Untuk menampilkan Window Find Computer.
      29. Windows Find pada Windows 10 syaffi com


    27. Tombol Windows + Ctrl + D : Untuk membuka Virtual Desktop. Virtual Desktop ini seperti layaknya komputer dalam komputer. Jadi ketika kita mengaktifkan banyak aplikasi dalam Desktop saat ini dan ketika kita menekan kombinasi tombil Windows+Ctrl+D makan seperti sebuah komputer baru akan dibuat. Aplikasi yang sebelumnya telah dibuka seolah-olah tidak ada. Namun jangan panik ini hanya pindah ke tampilan desktop lain. Mungkin akan dijelaskan di posting tersendiri ya.
      30. Aplikasi pada Taskbar Desktop 1 syaffi com


      Namun Admin akan menjelaskan sedikit perbedaannya. Saat ini Admin membuka aplikasi yang tampil pada Taskbar berikut ini.
      31. Task View pada Windows 10 syaffi com


      Ketika Admin aktifkan Virtual Desktop maka akan menjadi seperti ini.
      32. Tampilan Desktop Virtual Windows 10 pada Desktop 2 syaffi com


      Namun sebenarnya tidak hilang. Yuk kita cek pada Task View. Silakan klik Task View.
      33. Taskview pada Taskbar windows 10 syaffi com


      Kalu Task View belum muncul klik kanan pada Taskbar dan Aktifkan dengan klik pada Show Task View Button.
      34. Aktifkan Task View melalui klik kanan Taskbar dan centang Task View syaffi com


      Dan ternyata aplikasi yang tadi Admin buka ada di Desktop 1, dan tampilan "bersih" / tidak ada aplikasi yang dibuka pada Desktop 2 dan Desktop 3. Hal ini cocok untuk Teman-Teman yang sering presentasi dan saat itu banyak pekerjaan, namun pekerjaannya tidak mau dilihat orang lain. Atau Teman-Teman yang mau menyembunyikan sesuatu dari Bos hehe.
      35. Tampilan Desktop Virtual Windows 10 pada Desktop 2 syaffi com


    28. Tombol Windows + Ctrl + Panah Kiri : Untuk membuka Virtual Desktop sebelah kiri. Perlu Admin sampaikan, tombol ini akan berfungsi ketika Teman-Teman sudah membuka Virtual Desktop sebelumnya. Kalau tidak membuka Virtual Desktop maka cara ini tidak bisa. Kalau Teman-Teman punya 3 Desktop, dan saat ini Teman-Teman bekerja pada Desktop nomor 2, dengan tombol ini maka Teman-Teman akan pindah ke Desktop 1. Lihat pada screenshoot sebelumnya.
    29. Tombol Windows + Ctrl + Panah Kanan : Untuk membuka Virtual Desktop sebelah Kanan. Perlu Admin sampaikan, tombol ini akan berfungsi ketika Teman-Teman sudah membuka Virtual Desktop sebelumnya. Kalau tidak membuka Virtual Desktop maka cara ini tidak bisa. Kalau Teman-Teman punya 3 Desktop, dan saat ini Teman-Teman bekerja pada Desktop nomor 2, dengan tombol ini maka Teman-Teman akan pindah ke Desktop 3. Lihat pada screenshoot sebelumnya.
    30. Tombol Windows + Ctrl + F4 : Untuk menutup Virtual Desktop yang aktif saat ini.
    31. Tombol Windows + R : Untuk membuka Run. Disini kita bisa menuju ke CMD misalnya.
      36. Run CMD pada Windows 10 syaffi com


      Atau Explorer misalnya untuk membuka File Explorer.
      37. Run Explorer pada Windows 10 syaffi com


    32. Tombol Windows + F1 : Untuk membuka Help pada mesin pencari Bing pada Browser Default kita. Selengkapnya lihat screenshoot dibawah ini.
      38. Help pada mesin pencari Bing pada Windows 10 syaffi com


    33. Tombol Windows + R lalu ketik psr.exe : Untuk membuka Steps Recorder dan kita bisa merekam suara.
      39. Untuk membuka Steps Recorder syaffi com


    34. Tombol Windows + R lalu ketik OSK : Untuk membuka On Screen Keyboard.
      40. Run OSK pada Windows 10 syaffi com


      On Screen Keyboard ini akan sangat berfungsi ketika ada masalah pada tombol Keyboar laptop atau PC Teman-Teman.
      41. On Screen Keyboard syaffi com


    35. Tombol Windows + tanda plus : Hal ini berfungsi ketika kita sedang membuka foto/gambar. Kombinasi tombol ini digunakan untuk Zoom in gambar.
    36. Tombol Windows + tanda minus : Hal ini berfungsi ketika kita sedang membuka foto/gambar. Kombinasi tombol ini digunakan untuk Zoom out gambar.
    37. Tombol Windows + W : Untuk membuka Windows Ink Workspace. Silakan dilihat pada screenshoot berikut untuk lebih jelasnya.
      42. Windows Ink Workspace syaffi com


    38. Tombol Windows + T : Untuk mengarahkan pada aplikasi yang ada di Taskbar (Seolah-olah menggeser kursor pada aplikasi Taskbar). Dan kita perlu memencet tombol Windows secara terus menerus dan huruf T beberapa kali hingga yang di sorot sesuai dengan yang kita inginkan. Misalnya Tampilan Taskbar Admin seperti dibawah ini.
      43. Taskbar syaffi com


      Dengan kita pencet Tombol Windows + T sebanyak 1 kali maka akan menyorot Explorer. Karena urutan Explorer pada nomor 1 dari kiri.
      43. Taskbar syaffi com


      Kemudian Tombol Windows masih di tekan dan pencet huruf T kedua maka akan geser ke kanan, sehingga yang di sorot adalah aplikasi Foxit Reader. Begitu seterusnya.
      45. Sorot Kursor pada aplikasi Foxit Reader di Taskbar Windows 10 tanpa memakai mouse atau touchpad syaffi com


      Kombinasi tombol Windows+T ini sangat berfungsi kalau Touchpada kita bermasalah dan saat itu Mouse juga tidak ada.
    39. Tombol Windows + S : Untuk membuka Search Menu. Seperti Tombol Windows+Q sih fungsinya.
      46. Search menu pada Windows 10 syaffi com


    40. Tombol Windows + K : Untuk membuka pilihan Connect ke Device lain. 
      47. Connect ke Device lain pada Windows 10 syaffi com


      Sebenarnya seperti membuka aplikasi Connect pada Action Center.
      48. Aplikasi Connect pada action center pada Windows 10 syaffi com


    41. Tombol Windows + B : Untuk menggeser sorotan kursor ke Menu Hidden Icon.
      49. Menggeser kursor ke hidden icon pada action center Windows 10 syaffi com


    42. Tombol Windows + Enter : Untuk membuka Narrator, yaitu seperti panduan dalam bentuk suara dalam menggunakan Windows. Admin terus terang kurang paham dengan penggunaan fungsi ini, mungkin ada Teman-Teman yang paham silakan tuliskan di kolom komentar ya.
      50. Narrator pada WIndows 10 syaffi com


    43. Tombol Windows + tanda koma (,) : Untuk mengembalikan tampilan ke Desktop sementara waktu. Jadi ketika kombinasi tombol ini dipencet dan tombol Windows masih di tahan dan tanda koma di lepas, maka akan menampilkan Desktop, namun ketika tombol Windows di lepas juga akan tampil seperti tampilan terakhir aplikasi yang sedang aktif saat ini.

    Penutup

    Admin biasanya menggunakan kombinasi Tombol Windows+E, Lalu Windows+D, Kemudian Windows+PrtSc. Yang lain-lain jarang banget, kalau Teman-Teman biasanya menggunakan kombinasi tombol Windows yang mana, dan kombinasi tombol Windows yang menjadi favorit yang mana sih?

    Silakan tulis di kolom komentar ya Teman-Teman.

    Sekiranya info ini perlu disebarkan ke Teman-Teman yang lainnya, boleh donk minta share nya ke Socmed Teman-Teman agar semakin banyak yang tahu Trik ini, yang tentu jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik akan mempermudah dan semakin efisien pekerjaan kita dengan laptop atau PC kita yang menggunakan Windows.

    Semoga Bermanfaat, 
    Salam, 
    Syaffi




    Comments