-->

[√ TIDAK RIBET ] Cara Cek Fisik Bantuan di SAMSAT Gresik untuk Pembayaran Pajak 5 Tahunan Kendaraan Luar Kota

Daftar isi [Tutup]


    Halo Teman-Teman,

    Admin mau berbagi pengalaman kepada Teman-Teman semua tentang melakukan Cek Fisik bantuan di Samsat Gresik untuk pembayaran pajak 5 tahunan kendaraan luar kota atau luar daerah.

    Admin akan menyampaikan melalui artikel ini pengalaman tersebut selengkap-lengkapnya. Jadi kalau Teman-Teman saat ini agak kebingungan mau cek fisik bantuan di Samsat Gresik, silakan simak artikel ini dibaca pelan-pelan sampai habis ya. hehe
    1. Feature image motor dengan model




    Latar Belakang Cek Fisik Bantuan di Samsat Gresik

    Admin melakukan cek fisik kendaraan di Samsat Gresik karena pajak kendaraan mau jatuh tempo dan kebetulan waktunya ganti plat juga. Ganti Plat / pajak 5 tahunan kendaraan bermotor membutuhkan cek fisik, untuk dinilai kelayakannya apakah kendaraan tersebut masih aman untuk dikendarai.

    Karena plat kendaraan Admin luar kota Gresik dan sepertinya tidak memungkinkan untuk mengirim kendaraan Admin ke rumah, maka Admin melakukan cek fisik bantuan di Samsat Gresik, untuk efektivitas, efisien waktu dan biaya juga.

    Masa di Gresik mau pakai jasa ojol terus? hehe

    Setelah beberapa kali searcing-searching dan ternyata di Samsat Gresik menerima bantuan Cek Fisik kendaraan dari luar kota/luar daerah. Cek fisik bantuan ini tidak ada biayanya alias GRATIS dan Perhatikan Syarat-Syaratnya ya Teman-Teman. Nanti akan dijelaskan di bawah.

    Oiya Teman-Teman, untuk alamat Samsat Gresik sendiri di Jl. Dr. Wahidin S.H. No.680, Kembangan, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61124, di dekat icon Mall ya Teman-Teman. Posisi di Google Maps sebagai berikut.





    Syarat Cek Fisik Bantuan di Samsat Gresik

    Syara melakukan Cek Fisik untuk kendaraan luar kota atau luar daerah sebagai berikut.
    1. BPKB 
    2. STNK
    3. KTP
    Semua Syarat tersebut ASLI dan NAMA nya SAMA. Jadi misalnya nama di BPKB Pak John Peter, STNK dan KTP juga harus atas nama John Peter.

    Kalau dokumen tersebut ada di luar kota, dikirim semua asli melalui jasa ekspedisi ke alamat Teman-Teman di Gresik.

    Jika tidak atas nama Teman-Teman sendiri tidak apa-apa juga, misalnya kendaraan tersebut atas nama Ayah tidak masalah jika Teman-Teman yang melakukan Cek Fisik ke Samsat Gresik. Nanti hanya di tanya di petugas loket, hubungannya Teman-Teman dengan nama pada STNK, misalnya masih keluarga 1 rumah tidak masalah (alamat sama), kalau beda alamat diminta untuk membuat Surat Kuasa terlebih dahulu, nanti akan dijelaskan lengkap di bawah.



    Cara Cek Fisik Bantuan di Samsat Gresik

    Jika persiapan syarat-syarat sudah lengkap, Teman-Teman segera menuju ke Samsat Gresik di alamat tersebut di atas. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini ya.

    1. Masuk ke Area Samsat Gresik dan di Pos Satpam depan akan di kasih kartu kecil untuk parkir, jangan lupa di simpan jangan sampai hilang, kalau hilang kena denda, biaya parkir Rp 2.000,- dan kalau mau ngasih lebih tidak masalah sih hehe
    2. Parkir kendaraan di area yang tersedia dan kalau bisa sekalian parkir di area dalam (agar lebih dekat ke lokasi Cek Fisik kendaraan).
    3. Langsung menuju ke Tempat Fotocopy di belakang, kalau bingung tanya saja tidak masalah, jangan sungkan-sungkan. Syarat - Syarat tadi di siapkan ya. Nah kenapa di awal tadi Admin tidak menuliskan untuk siapkan syarat berupa Fotocopy?
      2. Kantin dan Fotocopy Samsat Gresik





      Karena di area Samsat Gresik sendiri sudah ada tempat fotocopy, dan di tempat fotocopy ini paling tahu bentuk fotocopy seperti apa agar proses verifikasi dokumen tidak ada kendala.

      Bayangkan kalau fotocopy di luar dan berlembar-lembar banyaknya, kasihan petugas loketnya kan dan ini bisa menghambat ke yang lain juga, karena tidak efisien tadi.

      Kalau fotocopy di area Samsat Gresik, mungkin hanya fotocopy 1-2 lembar sudah cukup dan dokumen syaratnya sudah masuk semua.

      Di tempat fotocopy silakan sebutkan keperluannya untuk apa, dalam hal ini kita mau Cek Fisik Bantuan, kasih ke pegawai fotocopy syarat yang diminta dan kita akan dikasih map untuk mengumpulkan syarat-syarat tersebut dalam 1 map. Biaya Fotocopy dan Map Rp 3.000,-

      Teman-Teman persiapkan pulpen juga ya, bisa bawa sendiri dari rumah atau beli di tempat fotocopy, karena kita juga perlu mengisi di berkas-berkas.
    4. Menuju ke Loket Cek Fisik dan serahkan semua syarat-syarat tadi dalam 1 map, jangan lupa di map nya di tulis nama dan identitas yang diperlukan, tunggu hingga di panggil.
      3. Loket Cek Fisik Samsat Gresik
       
    5. Menerima berkas kembali dan ada kertas untuk cek nomor rangka dan nomor mesin. Selanjutnya persiapkan motornya di area lokasi cek fisik (biasanya ada orang lain beserta antrian kendaraan untuk cek fisik) dan tunggu hingga giliran kita. Oiya jangan lupa berkas yang kita dapat tadi di isi identitasnya.

      Saat cek fisik ini kita diminta untuk memarkir sepeda motornya dengan standar tengah dan membuka kunci jok motor.

      Setelah selesai cek fisik dan berkasnya sudah di tandatangan petugas cek fisik, kita kembali ke loket nomor 4 untuk disahkan.

      Jadi Teman-Teman, hasil cek fisik tadi diverifikasi petugas, apakah nomor rangka dan nomor mesin sesuai dengan data di BPKB dan aman serta layak. Kalau semua terpenuhi berkas tersebut akan di stempel dan ditandatangani petugas loket dan diserahkan kembali kepada kita, dan kita diminta menuju ke Samsat sesuai alamat pada STNK (luar kota).
    Sampai di sini kita sudah selesai Teman-Teman, kita sudah berhasil melakukan cek fisik bantuan di Samsat Gresik. Selanjutnya kita menuju ke kota / daerah sesuai alamat pada STNK untuk selanjutnya di proses STNK dan Plat Nomornya.

    Semua berkas tersebut, di kirim ke alamat luar kota (mungkin orang tua atau saudara) untuk di proses lebih lanjut.



    Tips Cek Fisik Bantuan

    Hal ini Admin sampaikan karena untuk efisien ketika Teman-Teman melakukan Cek Fisik kendaraan dan sebenarnya juga kalau tidak antri banyak, Cek Fisik mungkin hanya perlu sekitar 30 menit saja.

    Berikut Tips dari Admin :

    1. Operasional Samsat Gresik dari Senin - Sabtu Jam 08:00 - 12:00 (kecuali jumat menyesuaikan jam sholat Jumat, selengkapnya bisa lihat di Google Maps di atas), untuk hari Minggu dan tanggal Merah (libur Nasional) TUTUP.

      Admin sarankan datang lebih awal atau datang sekitar jam 11:00, karena estimasi di jam 11 an tersebut yang cek fisik dari dalam kota (Gresik) kemungkinan sudah selesai semua, mengingat yang cek fisik dalam kota pasti mengejar langkah selanjutnya di dalam kantor Samsat. Nah kita yang luar kota bisa cek fisik dengan nyaman, Admin waktu itu juga Cek Fisik di jam tersebut dan antri hanya 2-3 orang saja.
    2. Cuci Kendaraan terlebih dahulu agar Kendaraan terlihar terawat dan layak pakai. Dengan kondisi seperti ini, maka di petugas cek fisiknya akan lolos, tentu syarat lolos yang utama adalah nomor rangka dan nomor mesin sesuai.
    3. Kelengkapan kendaraan dilengkapi, seperti spion, tebeng, lampi sein, lampu utama, klakson dan aksesories lain-lain yang standar. Warna asli kendaraan juga perlu diperhatikan, standar ban, jok dan lain sebagainya. Pokoknya akan di nilai kelayakan kendaraan untuk beroperasi / dipakai di jalan raya harus terpenuhi. Semua aksesories harus bisa berfungsi dengan baik.
    4. Bawa pulpen sendiri, karena kita di sana perlu menulis beberapa identitas seperti nama, alamat dan lain sebagainya, agar tidak merepotkan orang lain pinjam sana-sini. Pulpen bisa beli di koperasi / tempat fotocopy di dalam Samsat.
    5. Kirim dokumen melalui jasa ekspedisi kalau perlu di asuransikan, ini sangat penting jika kita tidak bisa mengambil atau orang rumah mengantar ke Gresik. Admin waktu itu juga mengirimkan dokumen melalui Jasa Ekspedisi.
    6. Siapkan uang kecil, hal ini untuk mempermudah kita dalam fotocopy dan juga parkir agar tidak membuat antrian dibelakang kita. Kalau kita sebagai orang luar kota yang akan melakukan cek fisik bantuan, cukup siapkan pecahan Rp 2.000,- sebanyak 2 lembar dan 1 lembar Rp 1.000,-  Karena hanya bayar parkir Rp 2.000,- dan fotocopy+map Rp 3.000,- 
    7. Bawa Masker dan Handsanitizer, karena di masa pandemi, kita perlu hal tersebut untuk jaga diri dan juga untuk jaga orang lain, tetap jaga jarak dan masker selalu di pakai ya Teman-Teman.
    8. Diperlukan Surat Kuasa jika yang mengurus dengan nama pada BPKB berbeda alamat (kalau ini bukan pengalaman Admin, dari hasil baca-baca). Nah kasusnya bila Teman-Teman menguruskan untuk orang lain dan berbeda alamat dengan kita, misalnya walaupun masih 1 keluarga tapi beda rumah, maka diperlukan Surat Kuasa ini. Surat Kuasa bisa di dapatkan di tempat fotocopy tadi, jadi tinggal mengisi identitas saja. Tentu harus tandatangan Pemberi Kuasa dan Penerima Kuasa (Teman-Teman yang akan mengurus) terlebih dahulu.

      Perhatikan syarta nomor 8 ini terhadap jatuh tempo pajak kendaraan kita, jangan sampai surat kuasa ini menghambat ya. Kalau perlu Teman-Teman survei dulu ke Samsat ke tempat fotocopy tadi, tanya-tanya sekaligus beli Form Surat Kuasa untuk di kirim dulu ke orang rumah.
    9. Fotocopy dan Beli Map di koperasi saja, karena bentuk fotocopy (sudah di singgung di atas) agar sesuai kemauan petugas loket, agar data mudah dicari sehingga verifikasi dokumen bisa cepat, yang pada akhirnya mempercepat proses antrian. Bentuk Map nya juga khusus sehingga tidak usah beli dari luar. Intinya semua biar lancar dan cepat dalam proses verifikasi dokumen.
    10. Semua GRATIS bebas PUNGLI dan biaya lain-lain, banyak banner bertebaran kalau di SAMSAT Gresik bebas Calo dan biaya selain resmi. Admin hanya bayar Rp 5.000,- saja. Lebih mahal biaya makan nasi pecel ya Teman-Teman hehe
    11. Sabar dalam antrian. Karena yang mengurus banyak dan semua pengin cepat, maka harap bersabar dan ikuti antrian, biar tidak menambah ruwet ya Teman-Teman hehe
    12. Rajin baca petunjuk dan Pahami, karena akan banyak banner petunjuk di sana, kalau ada kebingungan jangan sungkan / ragu untuk bertanya ke petugas yang sedang tidak ramai. Iya masa petugas loket sedang periksa dokumen terus Teman-Teman menyela untuk tanya, Pak Lokasi Fotocopy dimana. Kalau itu kebangetan mah haha, kalau tanya fotocopy bisa ke kang parkir, atau ke orang lain yang sedang mengurus.



    Samsat Gresik Online (SAMSAT RAME - POLRES GRESIK)

    Ditengah pandemi seperti sekarang ini, Ternyata SAMSAT Gresik meluncurkan aplikasi Samsat Gresik Online, dengan nama aplikasinya adalah Samsat Rame - Polres Gresik. Untuk menjaga agar masyarakat tidak harus antri banyak di kantor Samsat, Teman-Teman bisa memanfaatkan ini.

    ini Admin tidak mencoba sih kemarin.

    Barangkali Teman-Teman tidak mau berkerumun dan antri, bisa menggunakan aplikasi ini. Silakan Teman-Teman bisa mendownloadnya di Google Play Store (tidak tahu di app store ada atau nggak).
    4. Samsat Rame Polres Gresik di Google Play Store

    Layanan utama pada aplikasi Samsat Rame ini adalah Cek Fisik dan Pembayaran Pajak Tahunan. Tidak tahu pasti untuk Cek Fisik Bantuan apakah bisa di layani dengan aplikasi ini, karena  tujuan utama khususnya untuk melayani masyarakat Gresik. Harusnya tetap bisa sih.

    Tampilan menu dalam screenshoot di Google Play Store seperti berikut ini, dan terlihat ada layanan yang tersedia dalam aplikasi Samsat Rame seperti Cek Fisik, Bayar Pajak, Cek Pajak dll.
    5. Tampilan menu Samsat Rame Polres Gresik





    Formulir Pengajuan Cek Fisik seperti di bawah ini. Kita bisa menentukan perkiraan tanggal untuk di survei.
    6. Formulir Pengajuan Cek Fisik Samsat Rame Polres Gresik
    Teknis pelaksanaan Layanan Samsat Rame ini terus terang Admin tidak tahu, jika Teman-Teman sudah mencobanya silakan tuliskan seperti apa layanan ini dan teknis pelaksanaan di lapangan seperti apa, agar banyak Teman-Teman yang tahu informasi ini dan memanfaatkannya dengan baik.

    Penutup

    Jangan lupa bayar pajak kendaraan tepat waktu ya Teman-Teman, jangan sampai telat karena akan kena denda dan tentu di jalan juga merasa was-was kalau ada razia dari petugas kepolisian.

    Tenang dan tidak ribet koq pelayanan di Samsat Gresik, Admin sudah mencobanya sendiri layanan Cek Fisik Bantuan ini dan cukup 30 menit saja sudah selesai.

    Aplikasi Samsat Rame juga menjadi pilihan di tengah pandemi seperti ini, silakan manfaatkan dengan baik.

    Jika Teman-Teman ada yang sudah menggunakan layanan Cek Fisik Bantuan ini dan mungkin informasi di artikel ini kurang komplit, bisa minta tolong ditambahkan di kolom komentar ya. Sekiranya bermanfaat dan perlu lebih banyak yang tahu, bisa sharing di social media Teman-Teman.

    Semoga Bermanfaat,
    Salam,
    Syaffi






    Comments