-->

√√ Cara Menemukan Windows 10 Product Key

Daftar isi [Tutup]


    Halo Teman-Teman,

    Kebanyakan Komputer atau PC atau Laptop menggunakan sistem operasi Windows, lebih tepatnya menggunakan Windows 10. Tidak jarang dalam operasinya, Windows 10 ini mengalami beberapa kendala. Kendala ini tidak jarang mengharuskan penggunanya untuk melakukan install ulang sistem operasi tersebut.
    1. Feature Image Windows 10 Product Key

    Masalah datang (notifikasi lebih tepatnya) ketika setelah install ulang terdapat notifikasi "Activate Windows, Go To Setting to Activate Windows".

    Hal itu mungkin membuat kita kecewa, kenapa sih koq seperti itu? Padahal sebelumnya Windows 10 nya ori dan benar-benar ori karena bawaan dari saat beli.

    Tenang Teman-Teman, jangan sedih dulu. Yuk cek postingan ini tentang Cara Menemukan Windows 10 Product Key (Kunci Produk Windows 10) yang berupa 25 digit angka, yang menunjukkan bahwa produk Windows 10 yang kita pakai merupakan original.

    Akan kita bahas dimana saja kita dapat menemukan Windows 10 Product Key, sehingga kita akan terbebas dari notifikasi di atas beserta tips yang lainnya yang semoga berguna dalam penggunaan Windows 10.



    Cara Aktivasi Windows 10

    Untuk melakukan aktivasi Windows 10, kita diberikan hanya dengan 2 pilihan berikut:

    1. Mendapatkan lisensi digital
      Kita dapat mengaktifkan Windows 10 dengan lisensi digital, yang disebut juga dengan kepemilikan digital Windows 10 versi 1511, dengan cara ini kita mendapatkan Windows 10 original tanpa perlu memasukkan 25 digit product key.
    2. Menggunakan product key
      Cara kedua ini untuk mendapatkan Windows 10 original, dengan cara memasukkan Product Key yang berjumlah 25 karakter ke dalam pengaturan Windows 10 kita. Nanti akan dijelaskan di bawah dimana saja kita mendapatkan 25 karakter Product key tersebut.
      2. Contoh Windows Product Key
      Contoh Product Key




    Ciri - Ciri Windows 10 Tidak Original

    Bagi Teman-Teman yang akan membeli Laptop ataupun PC, Jika Sistem Operasinya Windows 10, mungkin perlu mengecek terlebih dahulu apakah Windows 10 yang sudah di install benar-benar original atau tidak.

    Untuk melihat secara fisik kalau di dalam laptop kita menggunakan Windows yang asli atau original, biasanya terdapat sticker khusus yang ditempelkan pada body laptop atau PC. Contohnya sticker laptopnya Admin seperti di bawah ini.
    3. Sticker Windows Pro
    Sticker Windows 10 Asli
    Untuk mengetahui apakah Windows 10 kita original atau tidak, bisa dilihat beberapa cara berikut ini Teman-Teman. Jika Windows 10 kita ori maka kita akan nyaman menggunakan Windows, dan tentunya dapat support resmi dari Microsoft.

    1. Terdapat Watermark Activate Windows pada Layar Sebelah Kanan Bawah
      Kalau Teman-Teman melihat tanda tersebut, sudah dipastikan bahwa Windows 10 nya belum di aktivasi. Jadi pastikan kalau Teman-Teman membeli PC/Laptop tidak ada tanda watermark tersebut. Mungkin penjualnya lupa belum memasukkan Windows 10 Product Key? Bisa jadi hehe
      4. Watermark Activate Windows Go to Setting to Activate Windows

    2. Banyak fitur yang terkunci
      Contoh sederhana fitur yang terkunci adalah kita tidak bisa mengganti background Desktop. Padahal hal itu sederhana. Kalau hal tersebut tidak bisa, kemungkinan besar Windows 10 nya tidak original. Hal lain yang tidak bisa dilakukan misalnya tidak bisa mengganti Wallpaper, mengedit taskbar, lockscreen dan lain sebagainya.
      5. Perlu Aktivasi Windows sebelum ganti wallpaper

    3. Aplikasi bermasalah dan tidak bisa digunakan
      Kalau hal ini di biarkan, maka kedepan bisa jadi aplikasi-aplikasi bawaan Windows tidak bisa dibuka dan tidak bisa dipakai, sehingga akan mempersulit kita bukan?
    4. Muncul isu-isu keamanan yang dapat merugikan
      Ketika Windows 10 kita tidak ori, maka dapat mengancam data-data kita, bisa jadi data personal kita di hack oleh orang lain, atau malah di dalam Windows tersebut sudah ditambahkan malware yang dapat mengambil data kita di komputer / PC kita. Kalau kita menggunakan Windows 10 ori, maka kita akan mendapat update patch keamanan berkala, sehingga dapat meminimalisit isu keamanan ini.



    Cara Melihat Windows 10 Product Key

    Selanjutnya, ketika kita sudah mempunyai Windows 10 yang original, dimana saja kita dapat melihat product key nya..?

    Dengan kita mengetahui dan memiliki Windows 10 product key, kita akan merasa nyaman, karena suatu saat kita mendapat masalah dengan Windows 10 kita dan kita perlu menginstall ulang, kita akan segera mendapatkan Windows original kita dengan memasukkan product key untuk aktivasi.

    1. Terdapat pada Laptop / PC
      Jika Teman-Teman membeli laptop atau PC yang sudah terinstal Windows 10 sebelumnya, artinya Windows 10 nya original, yang dibuktikan dengan sertifikat keaslian, maka di dalam box atau kotak laptop tersebut terdapat Product key. Tanyakan kepada penjual kalau tidak ada product key nya.
      6. ilustrasi sticker Windows 10 Product Key

      Namun biasanya untuk laptop atau PC terbaru tidak ada sticker dengan bentuk seperti di atas.
    2. Dari Penjual Resmi
      Jika Teman-Teman membeli Windows 10 dalam bentuk CD misalnya, dan itu membeli dengan resmi, maka di dalam box CD tersebut terdapat Product Key. Jika tidak ada tanyakan kepada penjualnya, karena harusnya ada dan masih tersegel kotak CD nya.
      7. windows 10 product key di CD

    3. Data digital dari penjual resmi
      Hal ini biasanya kita dapatkan ketika membeli melalui toko resmi / toko resmi ini bisa jadi dari website dan kita diminta untuk mendaftarkan email, dan product key akan di kirim melalui email konfirmasi ke kita.
    4. Data digital dari Website Microsoft
      Product key ini akan kita dapatkan ketika membeli lisensi dari situs Microsoft, sehingga ketika kita membelinya menggunakan situs Microsoft, kita sekaligus akan mendapatkan link untuk download Windows 10 beserta mendapatkan product key di email kita atau melalui riwayat pembelian di situs Microsoft.
    Sebagai Catatan untuk Teman-Teman, jika sebelumnya Teman-Teman sudah mempunyai Windows 7 atau Windows 8 yang original, ketika akan mengupdate ke Windows 10, secara otomatis Windows 10 kita sudah original, kita akan mendapatkan lisensinya dalam bentuk digital bukan Product key lagi.



    Cara Melihat Windows 10 Product Key Menggunakan Windows PowerShell

    Sebenarnya untuk melihat Windows 10 Product Key, selain menggunakan Windows PowerShell kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya. Silakan cari saja di Google Search dengan kata kunci "aplikasi untuk melihat product key Windows", nanti akan muncul banyak pilihan aplikasi yang bisa di pakai.

    Namun jika Teman-Teman tidak ingin ribet install aplikasi lagi, kita bisa menggunakan aplikasi bawaan Windows yang namanya Windows PowerShell.

    Dengan aplikasi bawaan ini dijamin product key yang akan ditampilkan adalah benar, karena dari aplikasi bawaan sendiri, kalau menggunakan aplikasi dari pihak ketiga lainnya ada yang mengulas tidak akurat atau salah baca.

    Yuk ikuti langkah berikut ini untuk mengetahui Product Key pada Windows 10 kita.
    1. Cari dengan klik Start Menu dan buka Windows PowerShell
      8. Cari dan buka Windows PowerShell

    2. Kemudian setelah Terbuka, ketik
       (Get-WmiObject -query 'select * from SoftwareLicensingService').OA3xOriginalProductKey  
      
      lalu ENTER

    3. Kode berjumlah 25 digit tersebut merupakan Windows 10 Key Product, silakan Teman-Teman simpan atau catat misalnya dengan Screenshoot Menggunakan Aplikasi Bawaan Windows 10.
      9. Mencari Windows 10 Product Key dengan Windows PowerShell





    Cara Melihat Windows 10 Product Key Menggunakan Command Prompt (CMD)

    Cara ini cukup sederhana ya Teman-Teman, kita hanya perlu memasukkan kode dan Windows 10 Product Key akan tampil.

    Dengan aplikasi bawaan ini dijamin product key yang akan ditampilkan adalah benar, karena dari aplikasi bawaan sendiri, kalau menggunakan aplikasi dari pihak ketiga lainnya ada yang mengulas tidak akurat atau salah baca.

    Silakan Teman-Teman ikuti langkah berikut ini.
    1. Buka CMD, bisa dengan kombinasi tombol Windows + R dan ketik CMD lalu ENTER / OK
      10. Buka CMD pada Windows 10

    2. Setelah CMD terbuka ketik 
      wmic path SoftwareLicensingService get OA3xOriginalProductKey
      lalu ENTER
    3. Windows 10 Product key yang berjumlah 25 digit sudah ditemukan
      11. Mencari Windows 10 Product Key menggunakan CMD





    Cara Aktivasi Windows 10 dengan Menggunakan Product Key

    Untuk Teman-Teman yang sudah memiliki Product key sebelumnya, dan akan mengaktivasi Windows 10 nya, bisa dilakukan dengan cara berikut ini.
    1. Pastikan PC / Laptop Teman-Teman terhubung ke internet aktif, karena proses aktivasi ini memerlukan jaringan internet
    2. Kemudian buka Setting, bisa dengan cara klik kanan Taskbar dan pilih setting
      12. Buka Setting pada Windows 10

    3. Lalu pilih Update and Security
      13. Update and Security pada Setting Windows 10

    4. Kemudian pilih Activation dan Pilih Change Product Key
      14. Pilih Activation dan Change Product Key untuk aktivasi Windows 10
    5. Masukkan 25 digit kode produk / product key yang telah Teman-Teman punya sebelumnya dan klik Next
      15. Masukkan 25 digit Product Key Windows 10

    6. Silakan klik Activate dan tunggu hingga proses verifikasi product key ini berhasil
      16. Notifikasi akan aktivasi Windows 10

    7. Windows 10 sudah di aktivasi
      17. Windows 10 telah di aktivasi

    Setelah itu kita bisa melihat notifikasi atau watermark Windows Activation sudah tidak ada di layar kanan bawah, dan kita juga bisa mengubah-ubah setting untuk background desktop dan lain sebagainya. Penjelasan lebih lengkap dan akurat bisa menuju ke Windows Support disini.




    Penutup

    Semoga penggunaan Windows Teman-Teman semua aman-aman saja, namun jika terjadi permasalahan semoga cepat segera teratasi, khususnya permasalahan yang mengharuskan install ulang dan melakukan aktivasi. Untuk menemukan terlebih dahulu Windows 10 Product Key bisa dengan mudah menggunakan Windows PowerShell seperti yang telah dijelaskan di atas.



    Teman-Teman yang saat ini penggunaan Windows nya masih aman pun Admin sarankan segera mempunyai backup Windows Product Key, dan yang paling mudah cara menemukan Windows 10 Product Key adalah dengan menggunakan Windows PowerShell atau CMD.

    Jika ada pertanyaan silakan ditulis di kolom komentar ya dan jikalau artikel ini bermanfaat bisa minta tolong untuk di share di social media Teman-Teman ya hehe

    Semoga Bermanfaat,
    Salam,
    Syaffi





    Comments