Daftar isi [Tampilkan]



Hai Teman-Teman,

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh seorang blogger adalah menjumpai adanya broken link dalam postingannya, entah broken link itu di ketahui atau tidak oleh blogger tersebut. Padahal dengan adanya broken link akan mempengaruhi penilaian website atau blog di dalam mesin pencari.
ilustrasi ekspresi broken link


Pendahuluan

Sebagian dari kita, mungkin pernah menemui adanya broken link. Namun bagi yang belum tahu, apakah sih broken link itu? Untuk mengetahui contohnya, bisa di lihat pada gambar/screenshoot berikut ini. Kebetulan kasus ini ada di blog ini ya Teman-Teman, jadi bisa sekalian troubleshooting nanti, simak terus artikel ini nanti akan dicontohkan di bawah mengenai cara mengatasinya.
error 404

Gambar Error 4040 syaffi com

Disana terlihat bahwa adanya peringatan atau tanda yang sering muncul adalah 404, There is nothing here dan di arahkan untuk ke halaman home.




Tidak semua web atau blog tampilannya seperti itu ya Teman-Teman, karena itu tergantung si pemilik blog atau website, kebetulan di situs syaffi.com di buat tampilan seperti itu.

Contoh lain ketika link yang di akses oleh Teman-Teman mengalami kerusakan (broken link) adalah ketika di akses tidak segera merespon, padahal jaringan internet lancar, kemudian muncul keterangan this website can't reach atau keterangan lain yang sejenis.

Sebagai pengguna/user/visitor, tentu akan merasa kecewa ya Teman-Teman, karena setelah melihat permalink kelihatannya permasalahan atau informasi yang ada di halaman yang di akses tersebut merupakan hal yang kita butuhkan, namun ketika di akses muncul error 404 atau sejenisnya.

Hal itu yang harus diperbaiki oleh seorang blogger atau siapa saja yang mempunyai website, bagi user / visitor saja ketika muncul error akan kecewa, begitu juga mesin pencari menilainya sebagai situs yang mungkin kurang direkomendasikan kepada orang yang mencarinya, buat apa google ngasih link mati atau broken link kalau hanya akan membuat kecewa pengunjung.




Penyebab Broken Link

Penyebab broken link umumnya terjadi karena kesalahan pada pemilik website yang kurang jeli atau teliti, contohnya mengubah permalink atau menghapus postingan namun pada postingan lain yang menuju halaman tersebut tidak di ubah link nya atau tidak di hapus.

Kemudian ketika terjadi penggantian domain web atau blog kita dan link yang menuju web yang lama tidak di ubah. Contohnya web pertama example.com kemudian diubah menjadi example2.com, maka internal link atau link apapun yang menuju ke example.com harusnya diubah menjadi example2.com, ya kecuali Teman-Teman sudah mengantisipasi sebelumnya mungkin dengan redirect atau sejenisnya.

Broken link biasanya terjadi pada internal link, yaitu link antar postingan di dalam blog atau website kita, kemudian bisa juga external link yang menuju blog atau website orang lain. Misalnya web sudah bertahun-tahun, katakan 5 tahun usis blog, dan error terjadi pada link yang diposting 5 tahun lalu, hal ini pasti cukup merepotkan, apalagi jika postingan sudah mencapai ribuan, tidak mungkin sepertinya untuk mencari satu per satu broken link.




Cara Mengetahui Adanya Broken Link

Untuk mengetahu apakah di dalam blog atau website Teman-Teman mengalami broken link atau tidak, secara umum perlu mengecek satu per satu link yang saling terkait di dalam website Teman-Teman. Namun sangat susah dan melelahkan ketika postingan sangat banyak.

Cara selanjutnya kita bisa menggunakan Tools atau alat bantu yang akan sangat memudahkan kita dalam menganalisa atau mengetahui adanya broken link. Teman-Teman bisa mencarinya di Google Search, dengan kata kunci broken link checker, pasti banyak website yang tersedia yang bisa digunakan untuk cek broken link.

Nah, nanti di postingan ini akan dicontohkan menggunakan salah satu tools dari broken link checker tersebut.




Cara Menggunakan Broken Link Checker

Cara menggunakannya pun cukup mudah ya Teman-Teman, umumnya dengan cara memasukkan alamt website atau blog kita dan tunggu hingga analisa selesasi dilakukan oleh tools tersebut. Semakin banyak postingan Teman-Teman di dalam blog atau web, akan semakin banyak pula yang harus di analisa oleh Tools tersebut, dan efeknya adalah semakin lama prosesnya.

Kita harus bersabar yaa, karena hal itu akan membantu performa blog kita di mesin pencari. Akan banyak direkomendasikan oleh pencari, sehingga visitor akan meningkat dengan memperbaik broken link  tadi.




Cara Memperbaiki Broken Link

Oke, ini mungkin yang ditunggu-tunggu Teman-Teman, troubleshooting dalam menyelesaikan broken link di blog syaffi.com ini. Yuk ikuti langkah-langkah ini untuk mengecek lalu memperbaiki jika ada broken link Teman-Teman. Namun jika ada permasalahan di dalam blog Teman-Teman penyelesaiannya tidak akan sama seperti yang ditemukan pada blog ini, karena Tema dari blog Teman-Teman sangat mungkin berbeda, tata letak widget dan lain sebagainya juga berbeda.

Poinnya adalah ketika sudah tahu permasalahan pada link yang mana, atau postingan yang mana, kita harus menuju ke postingan tersebut yang link nya rusak atau mati, sehingga harus segera diperbaiki ya Teman-Teman.

Langkah-langkahnya silakan di simak ya
  1. Cari di Google Search dengan kata kunci broken link checker, lalu pilih yang muncul paling atas, yang alamatnya adalah brokenlinkchecker.com
    Cara Cek Broken Link dan Memperbaiki broken link


  2. Masukkan alamat web atau blog Teman-Teman
    Cara Cek Broken Link dan Memperbaiki broken link


  3. Masukkan kode verifikasi sebagai kode keamanan, yang menandakan itu bukan mesin
    Cara Cek Broken Link dan Memperbaiki broken link


  4. Tunggu proses hingga selesai, dan biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, belasan menit, tapi tergantung banyak sedikitnya posting atau artikel yang ada di dalam blog atau web Teman-Teman. Setelah selesai di analisa, jika ada error seperti pada blog ini yaitu error pada halaman disclaimer dan akan diperbaiki, klik kanan pada src dan open new tab untuk melihat dimana letak kesalahannya.
    Cara Cek Broken Link dan Memperbaiki broken link


  5. Setelah itu muncul tab baru yang membuka lokasi kesalahan, lokasi kesalahan atau broken link ditunjukkan dengan di blok warna pink, setelah di lihat, itu terdapat pada main menu, selanjutnya kita menuju ke Tata letak pada situs blogger.
    Cara Cek Broken Link dan Memperbaiki broken link


  6. Diperbaiki dengan cara membuka tata letak, dan klik tanda pensil pada main menu, lalu pada menu privacy klik edit, dan disana ada URL yang merupakan URL masih salah, dan harus diperbaiki dengan cara membuat URL permanen dari halaman disclaimer, setelah diganti dengan URL Halaman Disclaimer lalu klik save.
    Cara Cek Broken Link dan Memperbaiki broken link

    Cara Cek Broken Link dan Memperbaiki broken link


  7. Selanjutny kita uji lagi dan cek apakah permasalahan sudah selesai atau belum, dan ternyata sudah tidak ada broken link lagi, dengan keterangan 231 page di analisa dan tanpa menjumpai 1 pun broken link.
    Cara Cek Broken Link dan Memperbaiki broken link

  8. Selesai

Baca Juga





Sekian Teman-Teman, jika ada permasalahan dalam mengecek dan memperbaiki broken link pada website atau blog Teman-Teman, bisa dituliskan di kolom komentar ya Teman-Teman.

Semoga Bermanfaat,
Salam,
Syaffi