Daftar isi [Tampilkan]


Hai Teman-Teman,

Keamanan merupakan prioritas utama dalam kita ber-dunia maya, hah apa tuuh? Ya pokoknya data kita di internet aman gitu lah hehe. Jadi dengan kita melakukan pengamanan, kita akan terhindar dari kejahatan atau penggunaan data untuk hal-hal yang kurang baik.

Karena ada yang bilang, entah siapa, bahwa dengan kita memegang Handphone pun sebenarnya sudah membuka 1 peluang untuk pengambilan privasi-privasi kita, karena HP sebagai salah satu celah untuk keamanan kita, misalnya jika ada yang ingin mengetahui posisi kita, bisa di lacak menggunakan HP yang dipegang/dibawa.



Google sebagai perusahaan raksasa yang hampir pasti semua orang tahu, memberikan jaminan keamanan terhadap data-data yang disimpan di dalam Google. Salah satu keamanan yang perting dilakukan adalah dengan mengamankan login kita untuk mengakses layanan Google.

Ya, Email atau Gmail kita harus kita amankan sebaik mungkin karena hampir semua catatan tentang kita ada pada Google, mulai dari riwayat perjalanan, riwayat pembelian tiket, riwayat posisi, semua ada di Google, entah Teman-Teman menyadarinya atau tidak.

Untuk menjaga keamanan penggunanya, pihak Google selalu meningkatkan keamanan terutama dalam hal penggunaan alamat email, karena 1 alamat email bisa untuk membuka semua layanan Google, jadi untuk mengamankan Email dari Penggunanya Google memberikan opsi keamanan 2 step verification atau verifikasi 2 langkah.



Seperti apa sih cara kerja 2 langkah ini?

Jadi, dengan kita mengaktifkan fitur ini, jika kita akan melakukan login pada akun Gmail kita, harus login dengan username / alamat email kita menggunakan password dan juga menggunakan ponsel kita.

Seperti biasa ketika kita kalau mau masuk ke akun Gmail kita, kita diminta memasukkan sandi, kemudian kita akan di kirim SMS, atau telepon, atau dari aplikasi Google sendiri berupa kode 6 figit yang harus kita masukkan ke dalam kotak yang tersedia saat mau login.

Hal ini memang terlihat ribet ketika mau login, namun hal ini akan sangat bermanfaat ketika login dari komputer atau perangkat lain yang tidak diketahui.

Untuk perangkat atau komputer yang sudah pernah dipakai sebelumnya, tidak akan diminta untuk memasukkan kode yang dikirmkan ke ponsel kita, hanya diminta masuk menggunakan password saja, jadi tidak ribet juga selama perangkat yang dipakai sudah terpercaya.




Alasan kenapa kita membutuhkan verifikasi 2 langkah akun Google?

Orang lain dapat mengambil kata sandi kita dari hal-hal yang mungkin tidak kita sadari, sebagai contoh dengan kita melakukan login pada perangkat yang tidak dipercaya (warnet atau komputer kampus dsb), sehingga ketika lupa logout, sudah deh akun kita bisa diambil alih.

Potensi lain dari pengunduhan aplikasi yang kurang dipercaya, apalagi jika melalui apk, tidak dari Google Play Store, rawan sekali Teman-Teman, kemudian juga sembarang klik link yang dikirim ke email, atau saat download film di internet, atau dari extention di browser.

Dengan kita mengaktifkan verifikasi 2 langkah akun Google menjadi lebih aman bukan?




Apa yang terjadi ketika akun dicuri?

Seseorang yang kehilangan akun akan sangat merugi, apalagi jika yang kehilangan adalah pebisnis atau orang yang mengendalikan suatu organisasi atau mungkin suatu pemerintah, atau orang yang penting, maka akan sangat berbahaya bukan?

Jika ada dari Teman-Teman yang kehilangan akses karena tidak mengaktifkan verfikasi 2 langkah akun Google, maka si pencuri dapat melakukan hal apapun yang dikehendakinya, seperti :

  1. Melakukan penghapusan akun, penghapusan kontak, mengambil info penting dalam email bisnis atau email penting lainnya
  2. Bisa melakukan penipuan kepada orang lain dengan mengatasnamakan Teman-Teman, bayangkan ketika tiba-tiba Teman yang mengirim email dan langsung percaya misalnya pinjam uang atau keperluan penting lainnya, dan langsung percaya saja, hal-hal yang tidak diinginkan akan terjadi
  3. Dari alamat email pun bisa melakukan apapun pada akun-akun yang lain, karena kebanyakan pebuatan akun-akun yang lain menggunakan alamat email, contohnya pada web e commerce, dengan melakukan forgot password maka reset password dapat dilakukan.



    Biasanya dengan mengirimkan link reset passsword ke email, dan dari link itu bisa dilakukan reset password sesuai dengan keinginan si penipu tadi, ambyar sudah, karena di akun e commerce biasanya ada salod dalam bentuk uang digital yang dapat digunakan untuk belanja.
  4. dan hal-hal lain yang bisa dilakukan dengan email bisa dilakukan oleh si penipu

Bagaimana sih cara melakukan aktivasi Verifikasi 2 Langkah Akun Google?


  1. Cari saja di Google Search dengan kata kunci Akun Google, nanti pilih yang paling atas


  2. Login ketika belum masuk akun Google, lalu pilih pada menu keamanan dan pilih lagi di verifikasi 2 langkah


  3. Setelah itu ada penjelasan singkat mengenai kenapa harus atau disarankan melakukan aktivasi verifikasi 2 langkah


  4. Kemudian masukkan password untuk mengkonfirmasi bahwa yang login adalah memang Teman-Teman.

  5. Kemudian dari daftar perangkat yang ada, kita akan dikirimkan kode dari Google, caranya dengan klik Coba Sekarang.

  6. Google akan mengirimkan perintah ke Smartphone kita dan ditap saja Ya pada notifikasi yang muncul.

  7. Kemudian masukkan nomor HP yang akan di kirmkan SMS sebagai konfirmasi bahwa nomor tersebut memang milik Teman-Teman. Kita juga diberikan opsi untuk menerima kode tersebut menggunakan SMS atau telepon.

  8. Masukkan kode yang telah di kirimkan SMS ke Nomot HP Teman-Teman, lalu klik selanjutnya.

  9. Kemudian pada tampilan selanjutnya, kita diminta untuk mengkonfirmasi sekali lagi dan meyakinkan kita bahwa kita akan melakukan verifikasi 2 langkah akun Google, klik saja Aktifkan jika Teman-Teman sudah yakin dan mau mengaktifkan tambahan keamanan ini.

  10. Selesai dan selanjutnya kita akan dibawa ke tampilan bahwa kita sudah menambahkan keamanan pada setting akun Google kita.

  11. Selanjutnya kita juga bisa menambahkan nomor telepon yang bisa kita gunakan untuk verifikasi 2 langkah, jika khawatir Teman-Teman misalnya kehilangan HP dan lain sebagainya, alangkah lebih baik (saran) kita menambahkan nomor telepon minimal 1 lagi agar kita tetap bisa masuk dan mengakses akun Google kita.

    Caranya dengan klik saja tambahkan nomor telepon dan masukkan nomor telepon yang akan kita tambahkan.

  12. Pada tampilan selanjutnya, ada penjelasan bahwa verifikasi 2 langkah tidak diperlukan untuk perangkat yang sudah dipercaya, atau perangkat yang sudah kita gunakan sebelumnya, sehingga akan memudahkan kita dalam login pada perangkat yang terpercaya.

  13. Tampilan selanjutnya kita di bawa ke tampilan awal saat masuk menu keamanan pada setting akun Google kita, dan di sana muncul keterangan bahwa kita sudah mengaktifkan Verifikasi 2 langkah akun Google dengan tanda centang pada keterangan aktif.

  14. Sampai sini sudah selesai, semoga keamanan akun Google kita menjadi lebih terjamin dan kita merasa nyaman menggunakan akun Google kita.




Baca Juga


Sekian Teman-Teman, jika memang Teman-Teman sudah melakukan dan berhasil boleh donk di share dan jika ada kendala juga bisa disebutkan kendalanya seperti apa, barangkali Admin bisa membantu atau Teman-Teman yang lain bisa membantu, silakan tuliskan di kolom komentar ya.


Semoga Bermanfaat,
Salam,
Syaffi