-->

√√ Cara Agar Foto di Blog kita Cepat ditemukan oleh Google atau Search Engine

Daftar isi [Tutup]


    Cara Agar Foto di Blog kita Cepat ditemukan oleh Google atau Search Engine - Selamat Pagi teman-teman, Pada mesin pencari Google Search misalnya, algoritma untuk mencari image/foto adalah dengan cara mencari data deskripsi foto tersebut, jadi Google akan mencari foto yang di cari orang dengan melihat judul dan deskripsi foto.

    Wanita di depan laptop


    Foto oleh Ekaterina Bolovtsova dari Pexels

    Foto / Gambar Sebagai Sumber Traffic Blog

    Teman-Teman jangan salah, salah satu sumber traffic yang bisa menambah unique visitor blog kita juga dari foto lho.

    Kapan kita bisa dapat traffic dari foto?
    Foto atau Gambar ditemukan Google Search Engine
    Sumber Pexels

    Jawabannya adalah ketika ada orang lain yang mencari foto melalui images di mesin pencari Google salah satunya.

    Misalnya kita sebagai Blogger mempunyai postingan tentang pantai A, didalam post kita ada foto Pantai A, orang lain yang mencari tentang Pantai A dan dengan melihat pada Google Image, kemungkinan orang tersebut akan menemukan foto Pantai A milik kita tersebut.

    Cara Agar Foto atau Gambar ditemukan oleh Google Search Engine

    Lalu bagaimana caranya agar Google mengenali suatu Gambar atau Foto merupakan pantai A?

    Jawabannya adalah dengan melihat judul dan deskripsi foto yang mengandung Pantai A. Bisa juga dengan melihat nama foto tersebut dengan pantai A.
    Foto Pantai
    Sumber Pexels

    Misalnya saja kita pernah mengunjungi Pantai Parangtritis. Kita beri nama File Foto tersebut dengan nama "Keindahan_Pantai_Parangtritis.jpg", kemudian kita membuat postingan blog mengenai review fasilitas pariwisata di Pantai Parangtritis, kemudian kita sisipkan Foto Ilustrasi tersebut dan beri Title Text dan Alt Text dengan tulisan Foto Pantai Parangtritis.

    Jika postingan tersebut sudah di indeks dan ada di daftar indeksan Mesin Pencari Google kemudian ada yang mencari Pantai Parangtritis dan menuju ke pilihan tab Images, maka kemungkinan besar foto "Keindahan_Pantai_Parangtritis.jpg" kita akan muncul di Google Search tersebut.

    Ketika orang tersebut tertarik dan klik foto kita lalu menuju ke blog kita, bukankah itu sebuah traffic?

    Kira-kira seperti itu Teman-Teman cara kerja Foto atau Gambar bisa sebagai sumber traffic penting bagi Blog atau website kita.

    Pesan buat Teman-Teman, lengkapi foto dengan nama file yang tepat, Title Text dan Alt Text yang sesuai, agar Google Images mengenali foto/gambar tersebut.

    Cara Menambahkan Title Text (Teks Judul) dan Alt Text (Alternatif Teks) pada Foto/Gambar Artikel Blog

    Bagaimana caranya membuat judul dan deskripsi foto kita agar ditemukan oleh Mesin pencari Google Image, berikut langkahnya :
    1. Beri nama file pada foto/gambar sesuai dengan Keyword atau Judul Artikel atau terserah yang sesuai dengan artikel Teman-Teman
    2. Masuk ke akun Blogger Teman-Teman, kemudian buat post baru atau edit post yang sudah ada
    3. Jika belum ada foto silakan tambahkan foto/gambar terlebih dahulu pada artikel
    4. Arahkan pada foto yang akan kita buat judul dan deskripsinya (Title Text dan Alt Text)
      Foto Ditemukan oleh Google images


    5. Pilih Properties, pada bagian Title Text masukan judul foto dan pada Alt Text masukan deskripsi dari foto tersebut
      Foto Ditemukan oleh Google images

    6. Jangan lupa pilih Post untuk memposting artikel tersebut dan pilih update jika Teman-Teman hanya mengedit artikel yang sudah terbit sebelumnya.
    7. Lakukan Submit URL pada Google Webmasters (Google Search Console), jika masih bingung silakan menju ke postingan disini, sudah Admin tulis sebelumnya. Tunggu hingga di proses oleh Google dan mengindeksnya, biasanya 1 jam 2 Jam atau bisa sampe hitungan hari.
    8. Untuk mengeceknya, Admin mencoba untuk mencari foto di atas, dan Foto tersebut sudah bisa ditemukan oleh mesin pencari Google/mesin pencari lainnya
      Foto Ditemukan oleh Google images
    Jangan malas untuk menambahkan Title Text dan Alt Text ini ya Teman-Teman ke setiap foto atau gambar yang Teman-Teman tambahkan dalam postingan blog/website kalian. Agar Google tahu identitas foto tersebut, sehingga jika ada orang lain yang mencarinya dapat disajikan foto dari Teman-Teman.

    Penutup

    Sampai di sini cukup jelas ya Teman-Teman, cukup mudah bukan..?

    Kalau teman-teman ada kesulitan bisa komentar di bawah, silakan juga follow by email untuk melihat post terbaru Admin melalui Feedburner, akan dikirimkan oleh system post terbaru ke email Teman-Teman.

    Semoga bermanfaat.
    Terimakasih


    Semoga bermanfaat yaa...
    Salam,
    Syaffi





    Comments