-->

Cara Self Check-in Tiket Kereta Api Jarak Jauh

Daftar isi [Tutup]


    Hai Teman-teman,

    Bagi sebagian orang, untuk mau naik Kereta Api jarak jauh tidaklah sulit, mulai dari pesan tiket, kemudian check in, dan naik ke dalam kereta serta mencari gerbong dan kursi hingga proses perjalanan ke stasiun tujuan.

    Namun mungkin bagi orang yang awam, beberapa langkah tersebut mungkin ada kendala. Kendala bisa jadi karena memang tidak tahu, atau malu bertanya, malas mencari informasi dan lain sebagainya.

    Dalam langkah pembelian tiket kereta api sekarang ini tidaklah sulit, bisa melalui HP kita, CS 123 KAI, ke minimarket, datang langsung ke stasiun, dan banyak cara yang lainnya.

    Nah, dari langkah-langkah tersebut, akan saya bagikan bagaimana sih caranya untuk melakukan self check-in, atau check in mandiri di stasiun keberangkatan.

    Sebagai informasi kita bisa melakukan check-in hingga tujuh hari sebelum tanggal keberangkatan. Misalnya berangkat tanggal 10 Januari, maka kita sudah bisa Check-in sejak tanggal 3 Januari.

    Langsung saja berikut caranya:
    1. Pastikan kita sudah mendapatkan kode booking, yaitu 7 digit kode unik ( bisa angka, bisa huruf, bisa juga kombinasi angka dan huruf) yang kita dapatkan ketika pesan tiket melalui media pembelian tiket (HP, minimarket, website, dsb)
    2. Dalam pembelian tiket pada OLT (online travel agent), atau website KAI, biasanya selain mendapatkan kode booking kita juga mendapatkan barcode.
    3. Kalau sudah dapat kode booking, kita menuju ke counter Self Check-in di stasiun, hampir semua stasiun sudah menyediakan fasilitas ini.
    4. Masukkan kode booking ke dalam kotak pencarian tiket, dan klik atau sentuh layar cari.
    5. Setelah pemesan tiket sesuai dengan kode booking, klik / sentuh centang semua, karena bisa jadi 1 kode booking untuk 2 orang atau lebih, agar semua penumpang bisa mendapatkan tiket sekaligus (mempercepat antrian juga).
    6. Setelah itu kita akan mendapatkan tiket yang bisa kita pakai untuk masuk ke dalam area stasiun, dengan sebelumnya di cek oleh petugas dengan menunjukkan tiket dan kartu identitas (KTP, SIM, KK, Paspor dsb).
    7. Selesai, tinggal menunggu kereta api datang dan jalan menuju ke stasiun tujuan.
    Sekian sharing kali ini, semoga bermanfaat.

    Salam,
    Syaffi


    Kotak Penelusuran




    Comments