-->

Cara ke Jogja menggunakan Kereta Api Prambanan Ekspres (Prameks) dari Kutoarjo

Daftar isi [Tutup]


    Hai Teman-Teman,

    Mau berlibur ke Jogja terutama Teman-Teman yang dari Kutoarjo dan Kebumen? Mau hemat bin murah? Mau tepat waktu? Jawabannya adalah naik Kereta Api Lokal, Prambanan Ekspres.

    Banyak yang menggunakan KA Lokal ini untuk bepergian dari Kutoarjo Jogja hingga ke Solo, dengan tarif yang super murah (menurut saya) karena jika dibandingkan dengan moda transportasi lain dengan tujuan yang sama, Prameks ini juaranya.

    Bagaiman tidak, Temen-Temen yang dari Kutoajo mau ke Jogja (Stasiun Yogyakarta dan Lempuyangan) cukup membayar Rp 8.000,- saja, dengan jarak yang jauh cukup dengan harga segitu sudah bisa turun di tengah kota Jogja.

    Oiya kalau Teman-Teman mau turun di sekitar Bandara Adisucipto (Stasiun Maguwo) harganya beda ya, yaitu harus membayar Rp 15.000,-, harga segitu juga sudah termasuk harga ke Solo, jadi kesimpulannya adalah Kutoarjo - Lempuyangan Rp 8.000,- sedangkan Kutoarjo - Maguwo hingga ke Solo Rp 15.000,-

    Baca Juga : Cerita 3 Hari PP Kebumen - Jogja via Stasiun Kutoarjo - Jogjakarta

    Fokus ke judul Post ini, bahwa Teman - Teman jika dari sekitar Kutoarjo atau dari Kebumen mau ke Jogja (Malioboro misalnya), Teman-Teman bisa naik kendaraan bermotor dan bisa di titipkan di dalam Stasiun Kutoarjo maupun bisa dititipkan di penitipan motor di luar stasiun, tentunya harga nya beda ya Teman-Teman.

    Kalau titip di luar stasiun (utara pintu keluar Stasiun) yang buka 24 Jam, cukup membayar Rp 3.000,- untuk periode Pagi hingga Sore/Maghrib, sedangkan kalau menginap 24 Jam mungkin sekitar Rp 5.000,- (kemarin lupa tidak tanya tarif 24 Jam hadeeh). Kemudian jika parkir di dalam stasiun yang dikelola oleh Anak Perusahaan Kereta Api, akan dikenakan tarif yang agak tinggi, dimana 1 jam pertama parkir motor sekitar Rp 3.000,- dan tiap 1 jam berikutnya Rp 1.000,- kemudian untuk mobil 1 Jam pertama Rp 5.000,- dan 1 Jam berikutnya setiap jam adalah Rp 2.000,-

    Oiya kalau untuk mobil, rasanya harus parkir di dalam Stasiun Kutoarjo, karena yang saya lihat di luar stasiun tidak ada penitipan untuk mobil, untuk Teman-Teman yang membawa mobil siap-siap parkir dengan bayar lebih ya hehe

    Setelah parkir, tentunya kita harus beli tiket donk ya, untuk menggunakan KA Prameks bisa di beli tiket dengan on the spot, alias sebelum keberangkatan di loket Stasiun Kutoarjo. Untuk saat ini kita juga bisa membeli tike KA Lokal dengan menggunakan Aplikasi KAI Access, simak cara beli tike KA Lokal di post ini ya, Cara Beli KA Lokal dengan KAI Access.

    Setelah melakukan pembelian tiket, kita harus masuk ke area dalam Stasiun melalui Pintu Timur (dekat dengan pintu masuk motor/mobil) dengan menunjukkan tiket lalu akan di lakukan scan barcode oleh petugasnya, kemudian untuk yang pembelian tiket melalui aplikasi KAI Access tidak perlu cetak tiket, cukup hanya dengan menunjukkan bukti pembelian tiket di KAI Acces perlihatkan barcodenya untuk di scan, jika cocok bisa langsung masuk area stasiun dan menunggu KA Prameks datang.

    Oiya, saat itu tidak perlu menunjukkan KTP, namun untuk jaga-jaga mungkin perlu juga di bawa, jangan lupa tiket tersebut disimpan utuk dilakukan pengecekan di dalam KA, karena kalau tidak punya tiket akan di turunkan di stasiun pemberhentian berikutnya dan bukti booking di aplikasi di screenshoot hingga kelihatan tanggal dan jam keberangkatannya, karena pengalaman kadang pas di cek kita pas lewat di area yang susah sinyal, karena untuk membuka bukti pembelian tiket melalui aplikasi butuh koneksi internet.

    Kalau KA Prameks sudah datang, ikuti panduan dari petugas stasiun, seperti antri untuk menuju ke peron, jangan buru-buru, kemudian menunggu di belakang garis kuning dengan tertib, dan tunggu penumpang keluar dulu sebelum kita mau naik, jaga ketertiban ya Teman-Teman.


    Kotak Penelusuran




    Comments