Daftar isi [Tampilkan]


Halo Teman-Teman,

Kali ini saya mau cerita perjalanan ke Surabaya dari Stasiun Kutoarjo menggunakan Kereta Api Ranggajati.

Simak ya pembahasan lengkap di bawah ini Teman-Teman.
Lokomotif Kereta Api
sumber : kai.id



Latar Belakang

Sebelumnya, Admin akan sedikit membahas mengenai nama Kereta Api Ranggajati ini yang dikutip dari Wikipedia, bahwa nama Ranggajati ini merupakan tokoh yang menyebarkan agama Islam di sekitar Cirebon. Nama beliau di abadikan dalam nama Kereta Api ini.

Pembukaan

Sebagai informasi, bahwa Kereta Api Ranggajati ini merupakan rangkaian Kereta Api yang dioperasikan oleh DAOP III Cirebon dengan Relasi Jember s.d Cirebon PP dan melewati jalur selatan (Jogja - Purwokerto).

Kereta ini cukup lama sepanjang perjalanan, dimana untuk mencapai Cirebon dari Jember membutuhkan waktu lebih dari 12 Jam. Luar biasa "tepos" ya Teman-Teman kalau duduk terus hehe.

Sebagai salah satu alat Transpostasi yang menjangkau 4 Provinsi sekaligus di Pulau Jawa, Kereta Api ini menggunakan Gerbong dengan kelasnya yaitu Kelas Eksekutif dan Kelas Bisnis.



Harga / Tarif

Untuk bisa menikmati perjalanan dengan menggunakan Kereta Api Ranggajati, kita perlu membayar dengan tarif terjauh untuk kelas Eksekutif hingga maksimal Rp 750.000 dan untuk Kelas Bisnis dengan harga maksimal Rp 650.000

Untuk Admin sendiri yang melakukan perjalanan dari Stasiun Kutoarjo hingga ke Stasiun Surabaya Gubeng dengan kelas Bisnis biayanya adalah Rp 280.000 / orang, kebetulan perjalanan ini bareng keluarga (istri dan anak yang masih di bawah 3 tahun/infant).
Detail Biaya Pembelian Tiket Kereta Api Ranggajati



Pembelian Tiket Kereta Api Ranggajati

Untuk bisa naik Ranggajati ini, kita harus membeli tiket sesuai dengan kenyamanan kita melalui platform mana saja. Misalnya bisa melalui KAI Access dan bisa melalui minimarket dan aplikasi OLT (Online Travel) yang Teman-Teman sukai.

Kalau Admin sendiri sih biasanya menggunakan aplikasi si burung biru, taulah yang itu hehe

Intinya yang lebih nyaman dan merasa cepat saja, sehingga kalau memang kita sedang dalam keadaan sangat butuh, kita bisa dengan segera mendapatkan tiket Kereta Api Ranggajati ini, sehingga kita merasa aman dan nyaman dalam menggunakan moda transportasi ini.



Untuk Teman-Teman yang menginginkan harga yang "miring" (tersedia tidak di semua stasiun), Teman-Teman bisa menuju ke Stasiun tersebut dan memesannya dengan sistem Go Show. Tiket Go Show bisa dibeli hingga 2 jam sebelum keberangkatan Kereta Api Ranggajati selama ketersediaan kursi masih ada.

Misalnya Teman-Teman dari Surabaya Gubeng yang mau menuju ke Jember, selama kursi masih ada, Teman-Teman bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan pembelian ini harus di loket stasiun.

Silakan langsung menuju ke Stasiun dan tanyakan ke Satpam atau petugas stasiun lainnya untuk membeli dengan Go Show ini.

Kereta Api Ranggajati



Perjalanan Admin dari Kutoarjo ke Surabaya Gubeng

Admin melakukan Perjalanan dari Kutoarjo menuju ke Surabaya Gubeng ditempuh dalam waktu +_ 7 jam, dengan melewati beberapa kota di Jawa tengah, Jogjakarta dan Jawa Timur.

Perjalanan sangat nyaman, Admin dan keluarga menggunakan Kelas Bisnis biar anak bisa selonjoran (papah mamahnya mengalah) hehe. Karena kursinya lebar dan panjang sehingga anak kalau mau tidur, atau bersantai jadi lebih nyaman.

Anak Admin juga tidak rewel, nyaman, kondisi suasana juga nyaman, AC tidak terlalu dingin, cocok.



Buat Temen-Temen yang mau perjalanan dengan Kereta Api, sekarang sangat nyaman dengan ketepatan waktu yang baik.

Di setiap gerbong juga tersedia toilet untuk mengakomodir kebutuhan "alami" dari penumpangnya hehe

Iya masa kalau 12 jam lebih perjalanan tidak ke toilet hehe

Ada juga kereta makan yang akan menyediakan kebutuhan makan Teman-Teman semua, serta juga ada camilan yang akan membuat perjalanan Teman-Teman sekalian lebih nyaman ditemani camilan tersebut.



Penutup

Ayo jaga kebersihan dan juga fasilitas yang ada di dalam Kereta Api Ranggajati ini, sehingga bisa awet dan juga kita para penggunanya bisa merasa nyaman dan aman dalam menggunakan moda transportasi ini.

Ayo naik kereta api

Salam,
Syaffi