Daftar isi [Tampilkan]


Dear Teman-Teman,

Mungkin bagi Teman-Teman yang baru di Gresik, karena urusan kerja mungkin, atau mengunjungi keluarga atau mungkin juga Ziaran di Makam Sunan yang ada di Gresik, lalu bingung dan mungkin bertanya-tanya kalau dari Gresik bagaimana sih caranya pergi ke Terminal Bungurasih (Purabaya) Surabaya..?

ilustrasi terminal bus



Ada dua alternatif menggunakan angkutan umum untuk ke Terminal Purabaya dari Gresik, yaitu bisa melalui terminal Bunder Gresik atau melalui terminal Osowilangon (ini bukan di Gresik sih posisinya :D) 

Cara ke Terminal Bungurasih dari Terminal Bunder Gresik

Berikut cara ke terminal Bungurasih dengan Bus dari Terminal Bunder, misalnya teman-teman dari Gresik kota, bisa menggunakan angkutan umum yang ke Terminal Bunder.

Begitu sampai di Terminal Bunder, Teman-Teman tidak usah masuk ke dalam terminal (berdasarkan pengalaman pribadi), kebanyakan Bus yang akan menuju surabaya dari arah Lamongan tidak masuk ke Terminal Bunder.


SPBU Terminal Bunder

Gambar SPBU Terminal Bunder
Sumber : maps.google.com



Jadi teman-teman kalau dari arah Gresik kota turun saja di sebelum Terminal Bunder di Seberang SPBU 54-611.06 (arah kiri dari Gresik Kota), kemudian nyeberang dan tunggu saja di SPBU tersebut.

Kemudian cari Bus dari arah Lamongan yang menuju ke Bungurasih, ingat Bus nya yang ada Tulisan Bungurasih, karena beberapa Bus kondektur bilangnya ke Surabaya ternyata tujuan Terminal Osowilangon.
Bus Dali Mas
Bus Dali Mas sumber : pojokpitu

Kalau masih bingung Bus nya yang mana bisa saja tanya ke beberapa orang yang ada di sana. Karena biasanya banyak juga calon penumpang yang akan menuju ke Bungurasih di sana. Salah satu Bus nya adalah Bus Dali Mas.



Tanya aja Pak/Bu mau ke Bungurasih ya?

Dan kalau di jawa "iya" silakan ikuti Pak/Bu itu, kalau beliaunya ikut naik, langsung ikut naik saja ke Bus tersebut.

Bus naik Tol dari Pintu Tol Bunder dan keluar di Waru Sidoarjo, biaya Rp 7.000. Kemudian bus akan mengarah ke Terminal Bungurasih dan masuk ke Terminal Bungurasih. Idealnya adalah turun di dalam terminal.
Bus Dali Mas
Bus Dali Mas Sumber : kumparan

Namun jika Teman-Teman menginginkan turun di area pintu masuk Terminal juga bisa (dan kebanyakan orang yang dari arah Gresik turun di pintu masuk terminal).

Kalau Teman-Teman menginginkan / mencari Bus luar kota (misalnya ke Jogja, ke Purwokerto dsb), langsung masuk saja ke dalam terminal, jangan di luar, nanti kejauhan.



Biasanya sih banyak pengamen dan kalau penuh (sering penuh kalau sore hari) siap - siap saja berdiri, dan kalau mau ngasih ke pengamen siapkan saja uang nya ya Teman-Teman.

Rute di Google Maps dari SPBU Terminal Bunder ke Terminal Purabaya (Bungurasih) bisa di lihat pada Google Maps berikut ya Teman-Teman.




Cara ke Terminal Bungurasih dari Terminal Osowilangun

Kemudian jika ke Bungurasih dari Terminal Osowilangun, Teman-Teman jika dari arah Gresik Kota cari angkutan umum yang menuju Terminal Tambak Osowilangun.

Jika sudah sampai Terminal Osowilangun cari Bis dengan kode P8, Bus ini melalui Tol untuk menuju ke Bungurasih, biaya sama yaitu Rp 7.000

Menurut pengalaman pribadi, bus P8 yang menuju ke Bungurasih hanya sampai jam 17.00 an sore hari, jadi kalau Teman-Teman dari Gresik dan kira-kira sampai Osowilangun lebih dari jam itu, atau malah malam, mendingan langsung ke Terminal Bunder saja, lebih tepatnya ke SPBU dekat Terminal ya.


Saran dari Admin, naik saja dari Terminal Bunder, karena bis yang dari arah Lamongan lebih banyak daripada Bus P8 yang dari Terminal Osowilangon.
Terminal Tambak Osowilangun

Sumber Gambar https://www.superradio.id




Untuk rute ke Terminal Purabaya dari Terminal Tambak Osowilangun di Google Maps berikut ya Teman-Teman.

Jika sudah sampai di Terminal Purabaya, silakan Teman-Teman bisa mencari Bus yang menuju ke daerah yang Teman-Teman inginkan, disana ada tersedia Bus banyak yang menuju di pulau Jawa bahkan ke Bali dan Nusa Tenggara pun ada.
Terminal Purabaya Surabaya Jawa Timur
Sumber Gambar https://seruji.co.id/





Baca Juga : 
Lewat Tol TRANS JAWA dari Surabaya menuju Kebumen Jawa Tengah



Seperti itu sharing saja dari Saya, Semoga Bermanfaat.. Silakan komentar di bawah ya kalau ada yang kurang jelas..Terimakasih

Salam,
Syaffi