-->

[ √ CEPAT BANGET ] 7 Jam perjalanan Surabaya ke Kebumen Lewat Tol TRANS JAWA

Daftar isi [Tutup]


    7 Jam perjalanan Surabaya ke Kebumen Lewat Tol TRANS JAWA  - Halo Teman-Teman, Bagaimana kabarnya? Semoga sehat dan sukses selalu ya.

    Kembali lagi ya kali ini Admin mau sharing saja mengenai testimoni naik kendaraan umum melalui Jaringan Tol Trans Jawa, yang sudah membentang di Jawa Timur dan bisa di pakai. Admin waktu menjajal jalan Tol ini menggunakan Bis Eka jurusan Surabaya - Purwokerto.

    Bis Eka Surabaya Purwokerto

    Kali ini Admin mau cerita tentang perjalanan dari Surabaya ke Kebumen Jawa Tengah menggunakan kendaraan Bus. Admin naik Bus Eka dari Terminal Purabaya (Bungurasih) menuju Kebumen Jawa Tengah.

    Jangan lupa mudik ya Teman-Teman hehe



    Perjalanan Surabaya - Kebumen dengan Tol Panjang (Trans Jawa) Surabaya ke Solo

    Perjalanan kali ini sangat cepat menurut Admin, yang dulu (sebelum ada tol) biasanya sekitar 10 Jam, kali ini sudah ada tol Surabaya sampai Solo menjadi lebih singkat saja, yaitu hanya dengan 7 Jam sudah sampai di Kebumen.

    Pembangunan jaringan Tol Trans Jawa ini Admin rasakan sendiri manfaatnya, memangkas waktu kurang lebih 3 jam sangat luar biasa banyak bukan? Biasanya Admin naik dari Purabaya sekitar setelah maghrib dan saat ini sekitar jam 2.00 dini hari sudah sampai di Kebumen, padahal biasanya sampai di Kebumen saat subuh.

    Tidak lupa Admin ucapkan sangat-sangat berterimakasih terhadap semua kalangan terutama pemerintah yang telah menuntaskan pekerjaan jaringan Tol ini hingga bisa di pakai oleh masyarakat. Mantaap deh akselerasi pemerintah dan stakeholder lainnya untuk merealisasikan jaringan Tol Trans Jawa ini.



    Berikut beberapa dokumentasi singkat mengenai perjalanan menggunakan Tol Trans Jawa Surabaya - Solo dan dilanjutkan dengan melewati jalan Nasional dari Solo hingga ke Kebumen Jawa Tengah.

    Bis Eka di Rumah Makan Duta Ngawi

    Adanya Jalan Tol Trans Jawa, yang Saya lewati mulai dari Tol SUMO (Surabaya - Mojokerto) hingga ke Tol SOKER (Solo - Kertosono) memangkas waktu yang sangat signifikan. Bus Eka masuk Tol di Pintu Tol Warugunung kemudian terus ke Barat hingga ke Madiun.

    Sampai di Madiun bus Eka keluar di Gerbang Tol Madiun kemudian menuju ke Terminal Madiun untuk menurunkan atau menaikkan penumpang, lanjut ke Ngawi melalui Jalur Umum (Jalan Nasional), kalau lewat Tol Terus bakal lebih cepat lagi pastinya ya Teman-Teman, tapi kasian penumpang yang tujuannya ke Madiun hehe



    Setelah sampai Ngawi, masuk dulu ke Terminal Ngawi dan tidak lupa untuk ke Rumah Makan Duta untuk mendapatkan Service Makan, tak apalah makan malam-malam dengan rawon hangat. Seperti ini penampakan Rawonnya. Rawon ini pula yang menjadi ciri khas Jawa Timur dan juga menjadi menu favorit saat makan di Rumah Makan Duta Ngawi.

    Jangan lupa nyicipin Rawon ya Teman-Teman kalau ke Jawa Timur hehe

    rawon rumah makan duta ngawi 
    Sumber Gambar : Kaskus

    Sebenarnya banyak menu nya yang bisa di pesan sesuai kesukaan Teman-Teman semua, ada soto, dan menu spesial seperti pada foto di atas, yang Admin tampilkan hanya rawon karena kesukaan Admin hehe.

    Kemudian setelah mendapatkan Service Makan di Rumah Makan Duta Ngawi kira-kira 30 menit, bus melaju lagi ke Barat melanjutkan perjalanan melalui Tol dengan masuk di Gerbang Tol Ngawi dan Keluar di Gerbang Tol Karanganyar.



    Waktu Tempuh

    Bayangkan, kalau melewati Jalan biasa sampai Solo biasanya 7 jam, kemarin kurang lebih hanya 4 Jam 30 Menit. Sangat membantu bukan adanya Tol Trans Jawa ini??

    Perjalanan lanjut dengan terlebih dulu masuk di Terminal Tirtonadi Solo, lalu menuju ke Jogja dan masuk ke Terminal Giwangan Jogja. Tak terasa sampai Jogja total waktu tempuh kurang lebih 6 Jam.



    Lalu Bus melaju lagi untuk menuju ke Kebumen dengan kecepatan cukup tinggi karena dini hari sekitar pukul 01.00, sangat lancar tentunya, dengan hanya perjalanan 1 Jam sudah sampai di Prembun Kebumen.

    Alhamdulillah, total 7 Jam perjalanan dari Surabaya hingga ke Prembun Kebumen. Luar biasa cepat dan rekor bagi Admin naik Bus Eka 7 Jam Sampai di Kebumen. Sampai di Kebumen, bingung belum bisa ngasih kabar orang rumah untuk di jemput, kasian juga Bapak kalau lagi nyenyak-nyenyaknya tidur jam 2.00 dini hari dibangunin.



    Akhirnya, ya sudah lah untuk berbagi rejeki dengan tukang ojek pengkolan yang biasa mangkal di sekitaran Prembun.

    Berikut ilustrasi penampakan Jalan Tol Trans Jawa yang sangat luar biasa ini, program pemerintah yang patut di acungi jempol hehe

    Jalan tol transjawa
    Sumber Gambar dari tribunnews.com




    Tarif Bus dengan Tol Panjang Surabaya - Solo

    Terimakasih kepada pemerintah yang sudah membangun infrastruktur jalan, apakah Jalan Tol membuat harga menjadi mahal? Nyatanya kalau sebelum-sebelumnya Admin bayar 143k, dengan perjalanan Tol Panjang hingga ke Solo, harga masih tetap sama 143k hingga Prembun Kebumen. 

    Dari situ Admin mengira bahwa Solar sangat hemat kemudian maintenance Bus lebih murah sehingga biaya-biaya tersebut bisa di alihkan untuk membayar Tol Panjang tersebut.





    Penutup

    Semoga bermanfaat sharing kali ini, jangan lupa untuk komentar di bawah bagi Teman-Teman yang sudah merasakan manfaat infrastruktur Tol Trans Jawa ini dan jangan lupa berkunjung lagi ke Blog  ini.

    Mungkin Teman-Teman ada yang sudah pernah mencobanya dengan mobil pribadi? Seperti apa perbedaan waktu tempuh dan juga kenyamanannya? Apakah ada perbedaan yang signifikan?

    Sampaikan testimoninya di kolom komentar di bawah ya.

    Terimakasih dan Semoga Bermanfaat
    Salam,
    Syaffi


    Kotak Penelusuran




    2 comments

    1. Bus Eka Cepat/Patas sekarang rutenya lewat Madiun dan masuk terminal Ngawi ya ?
      kalau dulu seingat saya tidak lewat Madiun, dari Caruban langsung ke Ngawi.

      1. Betul seperti itu untuk yg jurusan sby Purwokerto / Cilacap