-->

Tips Naik Kapal agar Tidak Mabuk Laut

Daftar isi [Tutup]


    Selamat Malam Teman-Teman,

    Posting kali ini dilandasi oleh beberapa waktu yang lalu Saya ke Pulau Bawean menggunakan kapal laut, dengan kondisi laut yang lumayan agak tinggi gelombangnya namun masih di ijinkan untuk berlayar oleh otoritas setempat.


    Kapal di Pelabuhan Umum Pulau Bawean

    Baca Juga : Review Kapal Blue Sea Jet 1 PP Gresik - Bawean

    Dalam perjalanan menggunakan kapal ke Bawean, terus terang Saya mengalami hampir 2 kali mau muntah, bisa jadi karena agak lama tidak naik kapal ditambah juga kapal desainnya memang jika kena ombak / gelombang goncangannya bisa lebih besar dan juga kondisi alam sendiri yang memang agak tinggi gelombangnya.

    Kondisi perairan Gresik - Bawean dan suasana di dalam kapal dapat di lihat pada 2 video di bawah ini :





    Pada kondisi seperti ini, tinggi gelobang bisa di lihat di jendela kaca kapal (prediksi BMKG sekitar 1,7 meter maksimal tinggi gelombang), kemudian ada suaran anak yang menangis dan juga kondisi kapal yang goyang agak tinggi, terus terang ada rasa takut juga yang saya alami, tapi semua pasrah kepada Allah SWT. Tips yang akan diberikan merupakan tips pribadi ya, pendapat pribadi berdasarkan yang dialami sendiri, dan berikut tipsnya :

    1. Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan berdoa kita pasrahkan kepada Tuhan semoga perjalanan menggunakan kapal dapat lancar dan selamat sampai tujuan.
    2. Minum antimo / obat sejenisnya. Hal ini bisa membuat kita tidur saat perjalanan di laut, namun jika yang senang menikmati laut, ini tidak disarankan, nanti momen di laut terlewat begitu saja hehe Minumnya bisa 30 menit sebelum keberangkatan kapal, jika lupa membeli diluar biasanya di kantin kapal menyediakan juga.
    3. Dengarkan Musik melalui earphone. Kalau saya sering menggunakan cara ini, dengarkan musik favorit untuk mengalihkan konsentrasi agar tidak terlalu memikirkan gelombang dsb, cukup ampuh bagi Saya.
    4. Paksa pejamkan mata. Yap, pejamkan mata dan kalau bisa hingga tertidur walaupun cuma sebentar, hal ini kalau Saya oribadi juga cukup efektif. Tubuh kita juga perlu beradaptasi terhadap gerakan-gerakan / goncangan dari kapal, biasanya kalau Saya sudah tertidur walaupun sebentar tubuh seperti sudah menyatu dengan gerakan kapal, dan ini membuat lebih rileks.
    5. Ikuti goyangan kapal. Bukan berarti kita ikut goyang goyang ya hehe, tapi jika kapal goyang ke kanan maka tubuh kita santai saja dan ikuti gerakannya, jangan seperti menahan agar tidak goyang ke kanan, atau malah melawannya, jangan ya Teman-Teman. Cara yang bisa dilakukan untuk mengikuti goyangan kapal yaitu dengan kita duduk dan bersandar ke kursi dan ikuti lah gerakan kapal, jangan melawan.
    6. Jangan sering melihat video di HP. Sekali lagi ini menurut Saya, dan ini yang Saya alami, jika melihat video di HP kadang malah membuat pusing, tapi kalau Saya sudah tidak pusing biasanya ya nonton video lagi, tonton video seperlunya saja hehe
    7. Lihat ke luar kapal. Luar kapal yang dimaksud adalah titik horison dari laut, atau sebatas mata memandang keluar paling jauh kemana, itu yang di lihat. Bisa juga melihat awan di angkasa. Jangan melihat air laut sisi dekat kapal, yang notabene terlihat gelombang air laut dengan jelas, itu bisa membuat pusing.
    8. Ngemil, Minum atau makan snack. Sebenarnya mungkin hanya perlu minum saja ketika agak pusing, agar tubuh terhidrasi dengan baik dan agar tidak lemas. Makan makanan kecil juga cocok, karena dapat mengalihkan perhatian kita terhadap goncangan kapal.
    9. Pakai Jaket atau Gunakan Pakaian dengan nyaman. Terutama jaket, menurut Saya cukup membantu, dari pengalaman saya naik 4 jenis kapal, rata-rata di dalam ruangan kapal itu dingin, selain itu juga melindungi kita dari angin laut, apalagi jika jenis kapal yang ada ruangan terbukanya, kudu pakai jaket ya. Pakai pakaian nyaman jangan terlalu ketat agar kita enak dalam melakukan perjalanan laut.
    Mungkin sementara itu Teman-Teman, sharing pengalaman naik kapal dan tips untuk kita terhindar dari mabuk laut. 

    Semoga bermanfaat,
    Salam,
    Syaffi


    Kotak Penelusuran




    Comments