--> Jangan panik ketika Teman-Teman upload video 4K di YouTube dan saat itu tidak langsung muncul resolusi yang dimaksud. YouTube butuh waktu memproses -->

√√ Saat Upload Video YouTube 4K kenapa Tampilan Awal hanya Maksimal 360p??


Daftar isi [Tutup]
    Advertisement
     
    Saat Upload Video YouTube 4K kenapa Tampilan Awal hanya Maksimal 360p - Selamat siang Teman-Teman, Bagi YouTuber, upload video menjadi hal yang wajib, yaiyalaaah, kalau YouTuber tidak upload video namanya bukan YouTuber kali..hehe iya iyaaa..sabaar...jangan ngegas xD

    Kalau kita di YouTube hanya sebagai penonton namanya adalah Viewer saja ya.

    Video 4K YouTube
    Sumber Pexels

    Kondisi sekarang ini tidak jarang banyak anak muda, banyak orang yang menginginkan menjadi seorang YouTuber. Sah sah saja memang, karena menjadi YouTuber juga bisa mendapatkan income atau penghasilan yang lumayan banyak jika memang banyak yang nonton.

    Upload Video 4K YouTube

    Menjadi YouTuber harus tahu nih perbedaan resolusi video. Resolusi ini ada dimulai 144p, 240p, 360p, dst bahkan hingga 8K. Untuk video 4K resolusinya adalah 2160p ya Teman-Teman.

    Semakin besar resolusi menjadikan Video secara umum menjadi lebih bagus kualitasnya. 

    Jika Teman-Teman seorang YouTuber tentang pemandangan alam, atau suka tentang view kota misalnya, sangat cocok jika videonya berukuran 4K atau lebih, lebih baik lagi kalau videonya HDR juga. Mantaap videonya.

    Permasalahan muncul ketika kita upload video 4K. Yaitu sesaat setelah upload video 4K, pilihan resolusi yang tersedia di YouTube tidak ada 4K nya.

    Hal ini terjadi / dialami Admin sendiri, dimana saat upload video 4K tapi setelah proses upload yang lumayan lama (karena file besar) yang terjadi adalah ukuran video di YouTube Maksimal 360p?

    Teman-Teman bisa melihat screenshoot di bawah ini


    Terlihat bahwa resolusinya hanya bisa 360p ya Teman-Teman.

     Gambar : Video masih 360p

    Solusi Upload Video YouTube 4K

    Solusi dari kenapa video kita hanya 360p saat upload video 4K adalah bersabar.

    Iya Teman-Teman, kalian harus tenang dan sabar saja, jangan khawatir, Admin sudah pernah mengalami nya.

    Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena Google (YouTube) perlu waktu ketika memproses video dengan ukuran 4K membutuhkan waktu yang agak lama, kalau berdasarkan pengalaman Admin sendiri sekitar 5 Jam

    Teman-Teman perlu menunggu dan bersabar selama 5 Jam agar video 4K kita bisa muncul di YouTube.

    Proses penyesuaian ukuran di YouTube bertahap, dimulai dari saat awal upload setelah di cek maksimal 360p, kemudian selang beberapa jam menjadi 1080p. Silakan di simak pada screenshoot berikut
      Gambar : Video masih 1080p

    Dan setelah 5 jam an menjadi 4K sesuai dengan ukuran asli videonya. Simak pada screenshoot di bawah ini Teman-Teman.
     Gambar : Video Sudah 4K 60 fps

    Untuk mengetahui apa benar video Admin benar-benar sudah beresolusi 4K, barangkali Teman-Teman akan mengecek silakan bisa cek video Admin di YouTube atau bisa juga ke postingan tentang Bromo Tengger Semeru, di sana ada video sesuai screenshoot di atas.

    Video pada YouTube akan menyesuaikan ukuran asli Video.

    Misalnya ukuran asli video 1080p, maka setelah video di upload di YouTube, ukuran / resolusi yang tersedia adalah 144p, 240p dst hingga maksimal 1080p.

    Jadi, misalnya Video Asli/Resolusi Asli/Ukuran Asli Video Teman-Teman adalah 480p, maka di YouTube tidak akan ada pilihan 720p, 1080p dan ukuran di atasnya.

    Tidak ada pengaruhnya mau upload pakai WIFI atau jaringan yang lebih kencang video akan menjadi 1080p atau 4K. Jadi, kalau upload video menggunakan jaringan 3G, 4G atau jaringan lainnya maka ukuran / resolusi video di YouTube akan MENYESUAIKAN UKURAN / RESOLUSI ASLI VIDEO.

    Cara Mengetahui Resolusi Video (Ukuran Asli Video) menggunakan PC/Komputer

    Untuk mengetahui Resolusi Video atau ukuran asli video (360p, 480p, dst), Teman-Teman bisa menggunakan cara di bawah ini :
    1. Buka Explorer dan cari video yang akan di lihat ukuran/resolusi asli video
      Video_YouTube_4K_1


    2. Klik kanan pada Video Tersebut dan pilih Properties
      Video_YouTube_4K_1


    3. Pilih ke Tab Details
      Video_YouTube_4K_1



      Terlihat bahwa video tersebut mempunyai ukuran Frame Width x Frame Height  : 854 x 480, yang artinya video tersebut berukuran 480p.
    Jadi, kalau Video Tersebut di upload di YouTube (ukuran asli 480p), maka nanti di YouTube pilihan resolusi yang tersedia adalah 144p, 360p dan 480p.

    Cara Mengetahui Resolusi Video (Ukuran Asli Video) menggunakan Android

    Untuk mengetahui Resolusi/ukuran asli video menggunakan Android bisa menggunakan cara berikut ini :
    1. Admin biasanya menggunakan MX Player (aplikasi untuk membuka video), kalau Teman-Teman belum punya aplikasi tersebut, silakan bisa download dulu di Google Play Store.
      Video_YouTube_4K_1


    2. Cari video yang akan kita cek resolusi aslinya
    3. Setelah ketemu, tap titik tiga di kanan video tersebut
      Video_YouTube_4K_1


    4. Pilih properties
      Video_YouTube_4K_1


    5. Ukuran asli / resolusi asli dari video tersebut bisa di lihat pada screenshoot di bawah ini
      Video_YouTube_4K_1


      Resolusinya yaitu 1280 x 720 (720p). 
    Jadi kalau video tersebut di upload di YouTube, maka ukuran / resolusi yang tersedia adalah 144p, 240p, 360p, 480p dan 720p.

    Macam-Macam Resolusi Video

    Sebagai tambahan informasi ke Teman-Teman, resolusi video yang biasa kita kenal dan yang biasa dipakai adalah sebagai berikut:
    • HD (1280 x 720)
    • FHD atau Full HD (1920 x 1080)
    • QHD atau Quad HD (2560 x 1440)
    • UHD atau Ultra HD atau 4K (3840 x 2160)

    Penutup

    Jadi kata kuncinya adalah jangan panik, YouTube membutuhkan waktu untuk memproses video 4K YouTube kita Teman-Teman.

    Bagaimana Teman-Teman, apakah masih ada kendala terhadap video 4K Teman-Teman di YouTube setelah 5 Jam?

    Bagaimana pengalaman Teman-Teman terhadap video 4K YouTube kalian? Share di kolom komentar ya.

    Semoga bermanfaat,
    Salam,
    Syaffi



    Tema Blogger SEO Friendly

    Template Blogger Terbaik


    Popular Posts and Advertisement




    Hosting dan Domain MURAH




    Berlangganan Via Email

    Tulis Alamat Email


    7 comments

    1. Wah, kurangajar. Terlanjur kehapus videonya, baru nemu postingan ini. Udah upload video 4k berjam jam padahal, hahaha. Soalnya juga baru pertama kali ini upload video 4k, biasanya max 1080p pengalaman pribadi prosesnya cepat sekali, makanya kaget waktu proses upload selesai, lah kok resolusi max cuma 360p, akhirnya saya hapus videonya karena saya kira ada kesalahan di videonya 😄

      1. harusnya sabar dikit gan, ntar juga muncul 4k nya hehe

    2. untung gw belom apus video nya wkwkkwkw... makasih lho gan masukannya..

      1. haha...untungnya lihat post ini dulu ya gan, belum kehapus deh, beda dengan komentar atasnya ente, videonya sudah dihapus dulu wkwk

    3. Biasanya berapa jam prosesnya??

      1. Kurang lebih 5 jam

    4. Saya udh lebih dri 24 jam tp resolusinya masih 360 padahal vidio aslinya 1080

      Apa karena durasi saya yang lama karena durasi vidio saya 1jam18menit