-->

HASTAG YouTube? Emang ada? Begini Cara Penggunaan dan Aturannya

Daftar isi [Tutup]


    Selamat Pagi Teman-Teman 😉

    Hastag mungkin bagi Teman-Teman tidak asing bukan? Dimana kita sering menjumpainya di Social Media, misalnya instagram, twitter dan di social media yang lainnya. Namun, apakah Teman-Teman sudah tahu ada juga Hastag yang ada di YouTube? 

    Hastag YouTube ada teman-teman, caranya dengan menambah tanda pagar dan diikuti kata yang cocok sesuai dengan video, hastag jangan missleading ya atau di luar konteks, nanti bisa kena blok YouTube. Contoh penulisan Hastag YouTube bisa di lihat pada gambar di bawah ini.


    Hastag YouTube
    Contoh Penulisan Hastag YouTube

    Hastag YouTube dapat digunakan pada Deskripsi Video maupun pada Judul Video, hal ini dapat memudahkan penonton untuk menemukan video dengan hastag yang sama. Lalu bagaimana jika kita mau menemukan hastag yang sama untuk menemukan video yang cocok dengan hastag kita? Yap, caranya dengan menuliskan hastag pada kotak penelusuran YouTube Teman-Teman, nanti video dengan hastag yang sama akan muncul pada hasil pencarian.

    Teman - Teman dalam menelusuri video YouTube dengan menggunakan hastag, bisa juga dengan cara klik pada deskripsi / judul video yang ada hastag nya, sehingga akan muncul video yang mempunyai judul atau deskripsi dengan hastag yang sama tersebut. Misalnya di judul Video YouTube pada screenshoot di bawah yang ditandai merah.
    Hastag YouTube di Video
    Hastag pada salah satu video di Channel YouTube Alfath Syaffi

    Pada Screenshoot di atas juga cara menggunakan Hastag yang dituliskan pada Judul Video pada channel YouTube Alfath Syaffi hehe. Bagaimana Teman-Teman, mudah bukan? Pokoknya seperti penulisan Hastag pada umumnya kemudian dapat dituliskan pada Judul maupun pada Deskripsi video. 


    Teman-Teman, dalam penggunaan Hastag ini juga ada aturannya, agar penggunaannya dapat sesuai dengan aturan-aturan / pedoman komunitas di YouTube , berikut aturannya :

    1. Hastag dipakai tanpa tanda spasi. Jika penggunaan hastag hanya satu kata tidak masalah, namun jika mau menggunakan hastag untuk dua kata, maka penulisan yang benar tanpa tanda spasi (seperti pada contoh di atas).
    2. Gunakan hastag seperlunya. Betul teman-teman, jika mau menggunakan hastag gunakan seperlunya, bahkan dalam aturan Google jika lebih dari 15 hastag maka semua hastag tersebut tidak dianggap, hal ini untuk antisipasi hastag yang kurang relevan dengan video tersebut. Penggunaan hastag juga jangan menggunakan kata-kata yang berulang, cukup hanya 1 hastag untuk satu kata tanpa membedakan besar kecilnya huruf, jika menggunakan hastag yang berlebihan (sebagai metadata) yang menyesatkan, dapat berakibat video di hapus oleh YouTube, kembali balik lagi ke pedoman komunitas YouTube.
    3. Gunakan hastag yang baik. Bagaimana menggunakan hastag yang baik? Yaitu dengan tidak menggunakan kata-kata yang sifatnya pelecehan, kebensian, fitnah, hoax, seksual, bahasa vulgar dan lain sebagainya seperti yang tertera pada pedoman komunitas YouTube.
    Mungkin sementara itu teman-teman yang dapat dibagikan, jika teman-teman mempunyai pengalaman dalam penggunaan fitur hastag YouTube, bisa komentar di kolom komentar ya. Terimakasih

    Salam,
    Syaffi


    Kotak Penelusuran




    Comments