Daftar isi [Tampilkan]


Legaaaa....

Selamat Siang Teman-Teman,

Yap Teman-Teman, kata pertama dalam postingan kali ini adalah "L E G A", kenapa lega???
Karena, hampir puluhan kali situs syaffi.com mengajukan permohonan untuk di tinjau Google agar siap menerima iklan, lebih tepatnya pengajuan yang ke-10 diterima, akhirnya hari ini 25 Juni 2019 SIAP MENAMPILKAN IKLAN. 

Saya sekitar sebulan lalu membeli domain di hostinger, yang awalnya masih blogspot, kemudian ditingkatkan ke domain TLD (Top Level Domain) menjadi dot com, agar lebih keren, bukan itu juga sih, katanya biar ramah Search Engine dan SEO friendly atau lebih tepatnya, sejujurnya biar pundi-pundi Rupiah jauh melesat lebih banyak hehe
Situs tidak siap menampilkan iklan

Hampir sebulan Syaffi.com mengajukan ke Google Adsense, dan puluhan kali ditolak dengan alasan bermacam-macam, ada yang ditolak gara-gara Navigasi, ada yang gara-gara Situs Tidak Aktif, dan sebagainya. Hampir nyerah juga rasanya, sampai-sampai kadang nge-post, kadang enggak, galau padahal sudah membeli domain.
Screenshoot 9 kali ditolak dan yang ke-10 nya diterima Google Adsense

Pada screenshoot di atas, yang ditandai kotak hitam, dulu masih blogspot, waktu itu post padahal baru sekitar puluhan post dan Saya mengajukan Peninjauan ke Google Adsense dan akhirnya diterima. Sebenarnya waktu Januari 2019 cukup cepat diterima dan siap menampilkan iklan, seingat Saya tidak sampai Seminggu sudah diterima, dan Saya setiap hari post pada saat pengajuan. Kebetulan blog Saya ini sudah ada sejak tahun 2011, dan jarang sekali nge-post, apakah itu berpengaruh? Saya juga kurang paham.

Just info, Saya mendapat akun Google Adsense secara Hosted dari Channel YouTube..

Cara tersebut juga yang Saya lakukan, yaitu memancing dengan Post pada saat pengajuan, tanggal 24 Juni 2019 malam mengajukan dan pagi tanggal 25 Juni 2019 dapat email diterima (pada screenshoot ditandai kotak biru). Selengkapnya Saran dari syaffi.com untuk Teman-Teman yang masih ditolak terus oleh Google Adsense untuk menampilkan iklan sebagai berikut :
  1. Ikuti Syarat dan Kebijakan Google. Google punya syarat dan ketentuan serta kebijakan sendiri agar blog / situs bisa diterima oleh Google Adsense, jangan copy paste, jangan isinya sara, Jangan isinya situs download film, bajakan lagu dan karya lainnya.
  2. Jangan Putus Asa dan perbaiki semaksimal mungkin. Yap, Saya sendiri hampir putus asa, namun dengan mencari referensi dan browsing-browsing akhirnya bisa mendapat kepercayaan diri dan semangat untuk nge blog lagi. Peninjauan oleh Google biasanya dilakukan kurang dari 1 hari, artinya dalam satu hari biasanya sudah ada keterangan apakah diterima atau di tolak beserta alasan kenapa di tolak. Jangan ragu untuk submit ulang sekiranya sudah diperbaiki saran dari Google. Mau puluhan kali, mau ratusan kali pun nggak masalah, akan tetap ditinjau Google (untuk ratusan kali masih ragu dink) hehe
  3. Lakukan saran dari Google Adsense. Jadi, setiap kita ditolak oleh Google Adsense akan ada notifikasi pada menu situs di situs Google Adsense, baca dan tombol help nya di klik untuk mendapatkan lebih detail saran-saran oleh Google.
  4. Ubah Tema dan Mobile Friendly. Yap, berdasarkan hasil browsing, saat ini kebanyakan orang membuka website / blog menggunakan Mobile (smartphone) dan jarang yang menggunakan PC / komputer / Laptop, jadi usahakan cari tema yang mobile friendly ya Teman-Teman. Jika ingin Tema seperti blog ini cek di bagian bawah isi blog ini (footer) ada yang pembuat tema, dan tersedia juga pilihan tema yang lain, yang free banyak dan kalau mau berbayar juga ada. Terus terang saat beberapa kali ditolak, Tema yang saya Pakai dari bawaan blogger, tema yang bagus menurut saya Emporio dan Contempo, namun karena saat itu masih di tolak akhirnya saya mencari tema yang lain, dan dengan tema yang sekarang alhamdulillah diterima.
  5. Saat proses peninjauan, lakukan posting. ini yang Saya lakukan, dengan alasan penolakan sebelumnya yang dikira Situs Tidak Aktif, maka Saya membuat 1 posting saat proses peninjauan tanggal 24 Juni 2019, akhirnya diterima. Mungkin alasannya adalah Bot Google mendeteksi adanya kegiatan (post) di blog ini, dan dinyatakan diterima dengan adanya post tersebut.
  6. Jumlah Post tidak berpengaruh terhadap diterima atau ditolak. iya lagi-lagi yang mungkin sering dianggap penting ini, ternyata oleh Google diterima atau ditolak tidak tergantung oleh jumlah post dalam blog kita, pokoknya lakukan post dengan rutin saja dengan kualitas post sebaik mungkin, jangan copy paste dari blog lain ya, rewrite boleh tapi dengan bahasa dan penulisan sendiri.
  7. Setel dan atur Gadget secukupnya. Tampilan pada blog / situs sebaiknya yang sederhana namun komplit, nah kan bingung hehe maksdunya jangan terlalu banyak gadget yang kurang penting, sebaiknya yang sederhana saja dan secukupnya dalam pasang gadget/widget. Paling tidak ada Post Populer, Arsip, Tag / Label secukupnya, kalau bisa juga ada Related Post.
  8. Lengkapi situs dengan halaman / page yang cukup. Halaman / page yang cukup contohnya dapat di lihat pada blog ini, misalnya ada Privacy Policy, About, Contact, Disclaimer. Kenapa harus dilengkapi ini? Karena biar terkesan profesional atau biar oleh Google dianggap Navigasinya cukup, dan Orang yang mau menghubungi atau melihat syarat dan ketentuan bisa melihat di blog / situs.
  9. Tema blog / niche apakah berpengaruh? Mempunyai blog dengan Tema / Niche tertentu memang bagus, dan itu yang disarankan oleh Google, dengan cara menggaet komunitas kecil namun dapat bermanfaat. Namun, Saya sendiri membuktikan bahwa blog "gado-gado" pun bisa diterima oleh Google Adsense. Jangan berpatokan pada tema, syukur-syukur fokus ke Tema tertentu itu lebih bagus.
  10. Minta Saran dan Masukan serta Kritik ke Teman. Hal ini bisa Teman-Teman lakukan untuk melihat apakah blog kita sudah bagus, sudah Mobile Friendly, sudah enak dilihat dengan menu-menu navigasi yang cukup atau belum. Kalu bisa minta saran ke teman yang sudah punya blog dan diterima Adsense nya, ini juga yang Saya lakukan, akhirnya dengan saran tersebut ubah tema, ubah widget atau gadget sering saya lakukan ketika belum diterima.
  11. Berdoa dan Usaha. Berdoa kepada Tuhan agar dimudahkan dan selalu berusaha sebaik mungkin untuk posting yang bermanfaat.
Oke, mungkin itu dulu Saran dari syaffi.com agar blog / situs teman-teman bisa diterima oleh Google Adsense. Ayo semangat..!!!

Semoga bermanfaat,
Salam,
Syaffi