Daftar isi [Tampilkan]


Selamat pagi teman-teman,

Sedikit review tentang kapal Penyeberangan terbaru untuk rute Gresik ke Bawean dan sebaliknya. Kapal Blue Sea Jet 1 termasuk baru untuk rute Gresik Bawean, yang dimulai operasi nya sejak musim lebaran idul Fitri 1440 H kemarin, yang tujuan utamanya untuk membantu angkutan lebaran, dimana sering terjadi banyak sekali penumpang yang menuju Bawean dan sebaliknya ke Gresik.

Kebetulan Saya mencoba nya pada saat bulan Juni ini, lebih tepatnya 24 Juni 2019 menuju ke Bawean. Awal masuk ke kapal menurut saya cukup menyenangkan dengan area yang menurut saya cukup luas di dalamnya. 

Terdapat kelas VVIP juga dengan 2 ruangan di lantai atas, dengan masing-masing ruangan VVIP bisa di isi untuk 4 orang. Kebetulan Saya mendapatkan tiket VIP dengan ruangan di lantai atas, nah letaknya ruang VVIP ada di kanan dan kiri ruang VIP. 

Ada juga kelas Eksekutif di lantai bawah dengan jumlah kursi yang lebih banyak daripada kelas VIP dan menurut saya cukup luas, kaki tidak sempit dan ada meja kecil di letakkan di kursi depan kita seperti pada kelas VIP, sayangnya ada beberapa kursi yang meja nya sudah rusak.

Terdapat juga klinik di lantai atas dan bawah terletak di bagian paling belakang dari kelas VIP maupun Eksekutif untuk mengakomodasi orang yang sakit, karena sering kali ada orang sakit yang dibawa dari Bawean ke Gresik mungkin karena tenaga medis di Bawean terbatas sehingga memerlukan penanganan lebih di Jawa.

Seperti yang saya alami dan orang-orang katakan kekurangan dari Blue Sea Jet 1 ini adalah goncangan ketika melewati ombak, Saya sendiri beberapa kali naik kapal ke Bawean dan kali ini mencoba Blue Sea Jet 1 hampir 2 kali muntah (perut enek) karena saya berada di lantai atas (VIP). Ternyata desain kapal ini dengan 2 lambung di kanan dan kiri, memang kapal ini terlihat lebih lebar (melebar) dengan adanya 2 lambung ini.

Kenapa dengan 2 lambung dapat terjadi goncangan? Karena dalam perjalanan di laut bisa jadi lambung kanan pas dapat ombak yang naik, kemudian lambung kiri mendapat imbang turun, kalau seperti itu maka goncangan akan lebih terasa, dan ini yang saya alami. Saat saya layar pun sebenarnya kondisi gelombang agak tinggi dengan prediksi BMKG mencapai 1,7 meter.
 
Prediksi Gelombang Wilayah Perairan Bawean

Saat saya kembali ke Gresik dari Bawean menggunakan kapal Blue Sea Jet 1 dengan kelas Eksekutif di lantai bawah, saya merasakan goncangan yang menurut saya tidak terlalu besar, karena kalau di atas swing (goyangan/ayunan besar ke kanan kiri) lebih besar, dan jika di bawah lebih kecil. 

Fasilitas yang ada di Kapal Blue Sea Jet 1 seperti deck kapal terbuka, sehingga bisa melihat laut dari luar ruangan, bisa menikmati suasana laut melalui kapal ini dengan enak dengan melihat langsung ke laut dengan area yang cukup luas dan terdapat kursi meja untuk bersantai. Karena deck terbuka saat matahari terik pastinya panas ya teman-teman hehe, kecuali kalau mau berjemur sekalian ya nggak masalah hehe

Dek Kapal Blue Sea Jet 1

Fasilitas lain yang ada di dalam kapal adalah entertainment berupa layar televisi yang cukup besar, semua ada di kelas VIP maupun di kelas eksekutif, dan menyetel lagu-lagu dangdut serta film barat.

Ada juga kantin, jadi jangan takut kelaparan ya teman-teman hehe. Kantin terletak di lantai bawah (kelas Eksekutif) di bagian depan kelas Eksekutif diantara televisi depan (karena ada 2 televisi di kanan dan kiri).

Di kapal Blue Sea Jet 1 ini juga terdapat hiburan yang bisa di tonton melalui Smartphone maupun Laptop Teman-teman, dengan panduan nya ada di kursi masing-masing. Kita bisa menonton film melalui Smartphone dengan terlebih dahulu mendownload Xtreme Player kemudian setting network untuk bisa mengakses nya. Pengaturan nya sudah ada lengkap di panduan pada masing-masing kursi. Saya sendiri kemarin mencoba namun tidak berhasil, padahal menurut ku langkah-langkahnya sudah benar hehe mungkin jika teman-teman mengalami kesulitan bisa tanya ke crew kapal.


Cara akses entertainment di Blue Sea Jet 1

Mungkin sekian dulu cerita kali ini kapal Blue Sea Jet 1 rute Gresik ke Bawean. Bagi temen-temen yang pernah naik kapal ini boleh juga silakan berkomentar ya seperti apa cerita dari temen-temen.

Semoga bermanfaat yaa..
Salam,
Syaffi