Daftar isi [Tampilkan]


Halo Teman-Teman

Permasalahan dari Komputer/PC yang sedang di butuhkan menyebalkan bukan? Seperti contohnya muncul pemberitahuan Your PC or Mobile Device doesn't Support Miracast, so it can't Project Wirelessly, padahal fitur tersebut mau dipakai kita, yang mungkin hanya sekedar menyambungkan smartphone kita ke PC atau mungkin sedang pengin menonton video/film dari HP kita menggunakan layar Komputer/PC yang notabene lebih besar dan lebih lega untuk menontonnya.

Sebal, yang pasti seperti yang admin alami tentunya. Setelah melakukan searching sana-sini, akhirnya ketemu deh permasalahannya, dan ingin Admin share ke Teman-Teman tentunya, yang semoga bermanfaat ya.



Langsung saja, berikut permasalahan tersebut, untuk melihat nya bisa menuju ke menu Notification Bar pada Windows 10, atau masuk ke menu Setting lalu ke Menu Projecting to this PC.



Terlihat keterangan pada Screenshoot di atas bahwa, Fitur tersebut masih dilakukan pengecekan, padahal sebenarnya fitur itu ada namun karena ada permasalahan maka fitur tersebut belum bisa menampilkan. Kalau sudah bisa dipakai fiturnya, maka pilihan dua kotak abu-abu itu akan berubah menjadi putih dan pilihan-pilihan yang muncul bisa di pilih. Pada kasus di atas, pilihan yang ada pada kotak abu-abu tidak bisa di klik atau di pilih.

Setelah melakukan searching-searching, diduga adalah pada Driver Wireless nya. Lalu di arahkan untuk mendownload software pihak ketiga yaitu Driver Easy. Untuk mendownloadnya, Teman - Teman bisa menuju ke link ini ya.




Dari software Driver Easy tersebut, akhirnya banyak manfaatnya juga, yaitu bisa melakukan cek semua driver yang memang perlu di update dan membutuhkan di update, tidak cek satu-satu secara manual dari menu Device Manager.

Oiya, kalau memang Teman-Teman mau menggunakan fitur/fasilitas dari Driver Easy secara penuh, Teman-Teman bisa membayarnya ya, alias membeli yang pro version. Kalau mau yang pro tapi hasil sharing dari orang lain yang banyak bertebaran di Google Search juga bisa hehe Ketik saja di kotak pencarian Driver Easy Full, nanti muncul banyak, silakan pilih sendiri dan take risk.

Setelah di klik link untuk download Driver Easy di atas, kita akan mendapatkan pop up seperti berikut, yang artinya download sudah selesai, dan kita diminta untuk install.





Silakan di klik run ya Teman-Teman, proses selanjutnya adalah pilih install now dan kalau sudah selesai silakan pilih Launch now

Kemudian kita di arahkan untuk melakukan Scan terhadap driver-driver yang memang sudah ada updatenya, dan membutuhkan update.



Tunggu Proses scan hingga selesai ya Teman-Teman, nunggu waktunya lumayan lama sih, hehe

Setelah scan selesai, driver yang perlu di update muncul listnya seperti di bawah ini. Untuk melakukan update all, kita di arahkan untuk membayar ya Teman-Teman. 
Dengan kita membayar yang Pro, maka sekali pilih update All kita tinggal menunggu saja hingga selesai, sedangkan kalau kita menikmati gratis, kita akan diarahkan untuk melakukan step by step secara mandiri dan install akhir softare juga dilakukan sendiri.



Langkah-langkah jika kita mau update salah satu driver dengan metode free, maka kita akan di arahkan dengan 3 langkah, yaitu langkah Create Restore point kemudian Download Driver dan Install driver. Install drivernya yaitu kita akan di arahkan ke file driver yang sudah di download ke menu File Manager kita dimana driver tersebut di simpan dan dengan klik seperti install game atau install sofware yang lainnya, alias manual hehe

Kendala Admin waktu itu adalah, file .exe sudah masuk di Folder PC admin, namun ketika di klik install tidak mau jalan prosesnya, mungkin karena di blok kali ya oleh Antivirus, atau yang lainnya, akhirnya admin mencari cara lain yaitu dengan masuk ke menu Device Manager dan install secara manual. 




Dari awal kan sudah ketahuan tuh di Driver Easy, ternyata untuk permasalahan kita tidak bisa Project Wirelessly adalah Network Adapter Drivernya yang perlu di update. Dengan membuka menu Device Manager, kita bisa langsung menuju ke Network Adapter untuk dilakukan update, seperti langkah di bawah ini
Langkah untuk install driver manual melalui Device Manager adalah (pada Windows 10), klik Kanan This PC, pilih Manage (1), setelah munncul window selanjutnya pilih Device Manager (2), cari Network adapter dan klik kanan lalu pilih Update Driver Software (3), tunggu proses hingga selesai.
Setelah update selesai, akan muncul Pop up seperti diatas. Catatan, tentunya harus punya koneksi internet aktif ya Teman-Teman, maksudnya saat update driver ini, PC kita sedang terhubung ke internet.




Dan akhirnya berhasil, sudah tidak ada lagi kendala Your PC or Mobile Device doesn't Support Miracast, so it can't Project Wirelessly WINDOWS 10. 




Aplikasi Connect sudah bisa menampilkan layar dari Smartphone kita secara wireles.


Semoga Bermanfaat,
Salam,
Syaffi