-->

Cara Melakukan Factory Reset (Erase All Data) pada Xiaomi Mi A1

Daftar isi [Tutup]


    Hai Teman-Teman,

    Banyak dari Teman-Teman yang mungkin bingung, terutama yang baca postingan ini (iyalaah, memang tujuan postingan ini untuk Teman-Teman yang bingung) terhadap smartphone Mi A1 nya yang mau dijual, bingung dan takut datanya di salahgunakan.

    Walaupun mungkin sudah di hapus manual dengan di hapus satu per satu foto atau video atau data-data yang lainnya, namun di beberapa artikel mengulasnya bahwa bisa saja data yang sudah di hapus akan dikembalikan oleh orang lain, dengan kata lain di restore begitu.

    Mungkin memang seperti itu kenyataannya, data yang pernah di masukkan ke dalam media penyimpanan secara digital, bisa saja di restore atau dikembalikan, alih-alih ganti HP baru namun HP lama malah kebobolan datanya.

    Untuk menghindarinya, kita bisa melakukan reset Teman-Teman, reset disini untuk mengembalikan setting HP kepada setting pabrikan (walaupun mungkin tetap ada celah si yang Admin sendiri kurang tahu caranya). Nmaun setidaknya kita bisa meminimalisir bisa atau tidaknya Xiaomi Mi A1 kita di restore.

    Setelah melakukan reset, baiknya kita bisa memasukkan kembali data-data hingga penuh, data yang dimasukkan bisa file musik misalnya, atau data-data lain yang sekiranya kurang penting untuk Teman-Teman, istilah kerennya kita memasukkan data Dummy. Data tersebut kita masukkan hingga Mi A1 kita penuh data, lalu kita reset kembali.

    Setalah dilakukan reset, kita bisa melakukannya kembali dengan memasukkan Data Dummy lalu meresetnya ulang. Hal ini dilakukan agar file yang mungkin bisa di restore di Mi A1 kita menjadi acak dan yang mungkin berhasil di restore harapannya adalah data-data yang kurang penting tersebut.

    Analogi sederhananya mungkin seperti ini, katakan kita punya wadah ember begitu, kita masukkan pasir yang sudah diberi warna merah (data utama kita/data penting), kemudian kita kuras/tumpahkan (reset) hingga menurut kita bersih (reset berhasil), kemudian kita masukkan kembali pasir berwarna hijau (dummy data pertama), kemudian kita kuras lagi/tumpahkan (reset kembali), lalu kita masukkan pasir lagi yang berwarna kuning (data dummy kedua) lalu kita tumpahkan (reset kembali).

    Sekiranya data yang pernah di simpan itu data yang sangat penting, kita bisa melakukan siklus reset data dengan berulang kali. Dengan analogi di atas kita bisa menyimpulkan, kalau data penting kita (analogi pasir merah), kita harapkan sudah tidak pernah terlihat lagi atau menempel di dinding ember kita, kalau pun ada harapannya sekecil mungkin dan yang kita harapkan lagi pasir yang menempel di dinding adalah selain pasir merah, sehingga dummy data yang kita masukkan berhasil untuk mengelabuhi orang lain yang mungkin mencoba untuk melakukan restore terhadap data utama kita.

    Bagaimana Teman-Teman, apakah sudah bisa menyimpulkan yang Admin maksud belum? hehe
    Maaf kalau bahasanya agak aneh ya, tapi memang seperti itu adanya, ada yang bilang data secara digital yang sudah pernah masuk ke media penyimpanan selamanya tidak akan hilang sepenuhnya. Untuk menjaga data penting kita bisa lakukan cara-cara tersebut di atas.

    Oiya, ngomong-ngomong untuk melakukan reset all data di Mi A1 kita malah belum di tulis yah, hehe Langsung saja berikut caranya untuk melakukan Factory Reset (Reset All Data Xiaomi Mi A1 kita.

    1. Masuk ke menu setting di Xiaomi Mi A1, lalu tap System

    2. Kemudian tap Reset Option

    3. Lalu tap Erase All Data (Factory Reset)

    4. Pilih Reset Phone dan tunggu hingga proses selesai

    Jika ada kesulitan silakan komentar ya Teman-Teman, atau jika ada yang mau di diskusikan juga tulis komentar di bawah ya. Terimakasih

    Semoga Bermanfaat,

    Salam,
    Syaffi


    Kotak Penelusuran




    2 comments

    1. Terima kasih atas penjelasan nya, bermanfaat

      1. oke sama-sama