--> ▷▷ Tips Menjadi YouTuber -->

▷▷ Tips Menjadi YouTuber


Daftar isi [Tutup]
    Advertisement
     
    Tips Menjadi YouTuber


    Salam Semangat Teman-Teman, Kali ini Admin akan membagikan bagaimana tips menjadi seorang YouTuber.

    Tidak dipungkiri, saat ini atau beberapa tahun terakhir ini, banyak anak muda (bahkan anak kecil sekalipun) yang kalau di tanya ingin menjadi apa, beberapa banyak yang menjawab ingin menjadi YouTuber.

    Sah-Sah saja memang mau bercita-cita seperti itu, karena YouTube bisa dengan mudahnya di akses bahkan oleh anak kecil sekalipun.

    Kita tinggal buka HP buka aplikasinya langsung deh jutaan video secara gratis bisa di nikmati, bisa ditonton dengan mudahnya, bahkan sekarang ini bisa menyimpan video secara offline. 

    Tentunya harus punya kuota ya Teman-Teman hehe. Tapi saat ini sudah banyak juga cafe, free hotspot area juga sih. Jadi bisa menonton YouTube dengan gratis.

    Aplikasi YouTube

    Dengan segala fasilitas yang ada di dalam aplikasi YouTube (maupun website YouTube), bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan para penonton video-video di YouTube.

    Akhirnya aplikasi / website YouTube sekarang ini menjadi favorit dari berbagai kalangan, dan dinegara manapun hampir selalu menjadi favorit (kecuali di negara-negara yang membatasi akses warganya ya dari internet).



    Tidak hanya memberikan kepuasan kepada viewer / penonton YouTube saja, melainkan para YouTuber (sebutan para pengunggah video/konten kreator) juga diberikan kenyamanan.

    Terlebih lagi jika kita melihat para pemilik Channel YouTube yang sudah sukses, dengan penghasilan puluhan juta, ratusan juta bahkan milyaran, banyak orang yang tertarik dan ingin menjadi YouTuber sukses seperti mereka.

    Tips Menjadi YouTuber

    Langsung saja, sepertinya sudah kebanyakan intronya hehe, berikut tips dari Admin untuk menjadi YouTuber sukses (walaupun sebenarnya Channel YouTube Admin masih belum berkembang hehe).

    Tips Menjadi YouTuber


    1. Pahami Pedoman Komunitas dengan Baik
      Jika Kalian memutuskan untuk menjadi seorang YouTuber, maka sudah seharusnya Kalian tunduk dan patuh terhadap aturan komunitas YouTube terbaru. 

      Supaya Kalian bisa selamat dan tentunya sukses menjadi YouTuber. Perlu diperhatikan juga bahwa pedoman komunitas akan selalu mendapatkan update atau aturan yang bisa berubah sewaktu-waktu.

      Sehingga penting bagi Kalian untuk membaca secara seksama pedoman-pedoman komunitas. Supaya Kalian bisa menyimak aturan-aturan apa yang baru, yang boleh dan tidak boleh, silakan bisa baca tentang Pedoman Komunitas YouTube.

    2. Pilih Tema / Niche Channel Yang Unik dan Spesifik
      Berdasarkan panduan komunitas YouTube, kita di ajak untuk menggaet komunitas kecil YouTube namun mempunyai ketertarikan yang baik terhadap komunitas tersebut.

      Misalnya bagi Temen-Temen yang suka dengan hobi memancing, maka buatlah tema channel YouTube kita isinya tentang memancing.

      Hal itu lebih disukai oleh YouTube untuk menemukan dengan orang-orang yang mempunyai ketertarikan yang sama, dengan harapan orang yang suka dengan memancing akan mengunjungi Channel YouTube yang telah dibuat, dengan kata lain menjadi viewer aktif, yang selalu menunggu channel YouTube kita upload video.

      YouTube selalu berharap pengunjung agar kembali lagi ke Channel yang kita buat, karena disanalah letak penghasilan YouTube, dan disana juga YouTuber mendapatkan uang, karena iklan akan tampil di video yang sudah dimonetisasi.

      Eee, tapi saat ini menurut pedoman komunitas yang baru, kalau channel belum dimonetisasi (kurang dari 1000 subscriber dan 4000 jam tayang) maka seluruh penghasilan dari iklan yang tampil di video tersebut menjadi 100% milik Google.
      .
    3. Rancang Channel Seprofesional Mungkin
      Rancang channel dengan baik, buat pengaturan Header Channel dengan baik sesuai ukuran yang diminta oleh YouTube, serta buat semenarik mungkin.

      Lengkapi selengkap-lengkapnya form-form dalam channel kita, karena memang kita baru bangun channel.

      Jangan dibangingkan dengan channel yang sudah besar ya, karena kadang deskripsi saja tidak ada viewer pun banyak yang lihat.

      Buat juga sesuai dengan jenis channel kita, agar orang lain yakin bahwa channel kita memang profesional.

      Sertakan tentang channel dan juga kontak kita di sana, bisa juga ditambahkan akun social media channel kita, agar orang lain juga bisa mengikuti dan memantau melalui social media.

      .
    4. Upload Rutin dan Konsisten
      Sebenarnya dari YouTube tidak memberikan kapan harus upload, namun saran di sini lebih ke psikologis subscriber yang aktif, dimana banyak subscriber yang menginginkan channel YouTube yang di subscribe sering upload video.

      Hal ini admin alami sendiri, ketika ada channel yang di subscribe, Admin berharap channel tersebut sering upload, sehingga bisa menikmati video yang di upload tersebut sesering mungkin.

      Selain itu juga mungkin jika subscriber yang berharap channel sering upload dan ternyata tidak upload-upload, bisa menyebabkan mereka kabur, dan unsubscribe / tidak berlangganan lagi di channel kita.

      Upload rutin di sini bisa seminggu sekali, tiga hari sekali, atau mungkin 1 bulan sekali untuk video yang memang membutuhkan pembuatan / materi serta editing yang lama, atau bisa juga 1 hari sekali (ini butuh effort yang luar biasa dan mungkin butuh tim untuk mengerjakannya).

      Syukur-Syukur pada cover / about channel disediakan informasi, upload setiap senin, atau upload setiap tanggal 15, atau upload setiap setelah gajian hehe

      Hal tersebut dapat memberikan kepastian kapan ada video baru kepada viewer YouTube kita.

      Perhatikan tutorial ini juga ya : Cara Mengatur Thumbnail YouTube di Laptop
      .
    5. Kualitas Video yang Baik (Visual maupun Isi nya Video)
      Kualitas video juga harus diperhatikan Teman-Teman, karena dengan kualitas video yang baik akan membuat betah penonton / viewer kita, sehingga bisa menikmati video hasil karya kita dengan maksimal dan dengan merasa puas.

      Sekarang ini menurut Saya hampir semua HP Android / Iphone sudah bisa merekam video dengan kualitas HD, sehingga tidak ada alasan untuk membuat video dengan kualitas baik ya Teman-Teman, apalagi jika Teman-Teman membuat video nya dengan kamera khusus yang memang ditujukan untuk membuat video dengan kualitas baik.

      Saran saja minimal kualitas video yang diupload minimal 720p, karena dengan resolusi seperti itu bisa membuat hasil video nya terlihat lebih baik.

      Walaupun sebenarnya kita (Admin sendiri) jika melihat video dari HP cukup dengan kualitas 480p, namun video yang kita upload sebisa mungkin resolusinya 720p.

      Apalagi video yang kita buat bisa 4K, mantaap, bisa memberikan opsi kepada viewer kita yang mungkin mempunyai kuota berlimpah dan punya kecepatan internet tinggi tentunya hehe

      .
    6. Tetap Belajar (Pengembangan Channel, Kemampuan Pembuatan Video/Editing)
      Ini yang tidak kalah penting, kita harus selalu belajar dalam proses produksi video, baik itu materinya, angle pengambilan video, komposisi warna serta pencahayaan, editing dan lain sebagainya, pokoknya yang harus belajar sehingga membuat kualitas video kita menjadi lebih baik.

      Hal ini bisa kita lakukan dengan subscribe akun video tentang editing video menggunakan software yang kita pakai, setelah belajar jangan lupa untuk di praktekkan ya teman-teman.

      Sering Admin pribadi alami, sudah mengkoleksi banyak video tutorial editing dan lain sebagainya, ternyata lama nggak buat-buat video hehe..

      Jangan malas ya  teman-teman.

      .
    7. Jangan Pantang Menyerah
      Koq video sepi, koq penontonnya kabur, koq subscriber nya turun, koq banyak dislike??

      Sederet pertanyaan itu muncul ketika YouTuber pemula tidak / kurang mendaptkan respon atas video yang kita buat, padahal sudah semaksimal mungkin kita membuat video.

      Langkah yang harus di ambil sebaiknya adalah instropeksi diri, apakah memang strategi kita kurang baik dalam mengupload video, atau mungkin SEO kita kurang jalan, atau mungkin video kita melanggar pedoman komunitas.

      Sederet pertanyaan untuk instropeksi diri perlu kita jawab satu-satu dan mencari solusinya.

      Yakinlah teman-teman, diluar sana banyak yang mengalami hal yang sama seperti teman - teman, mereka YouTuber sukses pun mungkin pernah mengalami hal seperti itu, kuncinya pantang menyerah dan terus belajar hingga menjadi lebih baik lagi.

      Kita tidak akan tahu video mana yang akan meledak view nya, jadi alangkah lebih baik kita seperti menyebar anak pancing yang banyak, supaya peluang mendapatkan ikannya lebih besar

      Tentunya diimbangi dengan perbaikan kualitas video, materi dan lain sebagainya.

      Semangat yaa teman-teman.

      .
    8. Share / Bagikan ke Social Media dan Ajak untuk Subscribe serta Berinteraksi di Video
      Hal ini juga tidak kalah pentingnya, karena dengan melakukan share ke social media, kita bisa mendapatkan viewer dan subscriber juga.

      Pastikan kualitas dan materi video kita baik ya teman-teman, buat viewer yang kita dapatkan dari social media merasa terkesan dengan video kita sehingga mereka berniat untuk kembali ke channel kita untuk video-video kita selanjutnya.

      Jangan kecewakan viewer kita yaa.

      Lihat-lihat juga kita share di medsos yang mana, kalau memang di akun pribadi tidak masalah langsung share, namun ketika kita masuk ke Grup tertentu, lihat pada panduan Grup tersebut, jangan sampai kita melanggar malah mendapatkan dislike atau banyak yang unsubscribe gara-gara kecerobohan kita.

      .
    9. Buat Judul, Custom Thumbnail dan Deskripsi Video yang Menarik
      Ibarat sebuah buku, Thumbnail adalah cover, buat cover yang baik yang bisa mewakili isi video kita.

      Ingat ya teman-teman, jangan click thumbnail, gambar jangan menipu dengan isi, misalnya dengan gambar-gambar yang agak menggoda namun isinya lain, hal ini bisa membuat viewer kecewa, bukan malah nambah viewer atau subscriber namun mungkin malah kena report atau dislike.

      Buat juga judul yang menarik, buat kata kunci dan diletakkan di judul, hal ini dipakai oleh YouTube untuk merekomendasikan video kita ketika kata kunci tersebut di cari oleh viewer, YouTube menyebutnya sebagai meta tag.

      Meta tag ada pada judul dan juga deskripsi, deskripsi yang baik memuat kata kunci, tidak terlalu panjang dan isinya bisa merupakan kesimpulan dari video kita.

      Jika menggunakan backsound yang mengharuskan kita menuliskan copyrigt di deskripsi jangan lupa dicantumkan ya teman-teman, karena sering musik bisa di pakai free sebagai backsound dengan catatan menuliskan judul penyanyi dan label nya di deskripsi YouTube kiita.

      .
    10. Buat Akun Google Adsense
      Kesempatan membuat akun Google Adsense hanya sekali dengan ID yang sama (kalau tidak salah).

      Jadi jika teman-teman sudah mempunyai 1 akun Google Adsense dan sudah dimonetisasi serta sudah bayaran, pasti saat proses verifikasi dulu memberikan foto/scan identitas baik itu KTP, Pasport dan sebagainya.

      Jika sudah seperti itu dan ada pelanggaran yang menyebabkan akun adsense ditutup, sepertinya untuk pengajuan dengan identitas yang sama tidak diterima.

      Solusinya adalah bekerja dengan sebaik mungkin agar Google Adsense kita aman dan tetap bayaran hehe

      Atau paling ekstrimnya, jika memang sudah "bertaubat" dan ingin membuat Google Adsense kembali yaitu dengan membuat email baru dan nantinya ID untuk Google Adsense bisa menggunakan ID keluarga atau teman, walaupun di kemudian hari bisa berpotensi untuk terjadi masalah karena menyangkut uang hehe.
    Yuk lihat juga artikel ini : Cara Atur Picture in Picture YouTube di HP

    Larangan Jika Menjadi YouTuber

    Bagi Teman-Teman yang ingin menjadi YouTuber Sukses, JANGAN lakukan hal-hal ini ya, karena akan berdampak buruk bagi Channel YouTube Kalian.

    larangan bagi YouTuber


    1. Membeli Viewer / Subscriber
      Peringatan penting ini, jangan sampai kita membeli viewer/subscriber ya teman-teman, karena di lain waktu kita akan susah mendapatkan uang di YouTube, karena Google Adsense kita mungkin di blokir, atau saat peninjauan monetisasi akan lama.

      Ingat teman-teman, YouTube mengeluarkan banyak uang untuk berinvestasi membuat mesin YouTube bekerja dengan baik, dia akan tahu data-data kita misalnya kita dengan waktu yang sangat singkat mendapatkan viewer/subscriber dengan tiba-tiba, daripada sulit di lain hari mending cari subscriber / viewer organik/asli ya teman-teman.

      Banyak teman-teman kita diluar sana yang mengalami hal seperti ini, susah di monetisasi dsb, hal ini saya daatkan di komunitas YouTuber gitu.

      Mungkin teman-teman tahu juga ada yang lolos dengan membeli subscriber/viewer namun jumlahnya pasti tidak banyak, karena sistemnya YouTube pasti selalu berkembang dan dikembangkan untuk menghindari viewer / subscriber palsu/bot.

      Kalau kita memang mau dan niat mencari uang di YouTube sebaiknya cari dengan cara-cara yang baik ya teman-teman, uang tersebut juga nantinya kita nikmati untuk kebutuhan kita, jadi carilah dengan baik yaa.

      .
    2. Reuploader
      Banned, ya hal ini mungkin yang akan diterima ketika kita reuploader, karena ada teman saya yang mengalami hal ini, syukur kalau banding dan diterima, kalau tidak diterima maka akibatnya channel kita bisa hilang untuk selamanya dan email kita juga di blokir.

      Mungkin ada juga yang melihat / menonton video seperti YTCrash, Calon Sarjana dsb, mereka bukan reuploader ya teman-teman, namun mereka mencari kelemahan dari pedoman komunitas dan mereka susun sedemikian rupa hingga menjadi konten video yang tidak melanggar kebijakan YouTube.

      Jadi dalam pedoman komunitas YouTube, ada aturan Fair Use yang menyatakan kita boleh memakai video dari YouTuber lain sebagai tujuan untuk visualisasi saja, untuk menunjukkan / membantu menjelaskan video kita, dan itu hanya beberapa detik, kurang lebih 20 detik mungkin.

      Jadi, kasarannya kita bisa memakai video orang lain tanpa kena hal cipta / copy right dengan mengambil sebagian video (< 20 detik) untuk kita pakai di video kita, nah channel-channel di atas itu mengambil kesempatan dari aturan ini.

      Saran saja gunakan kelemahan / allowance YouTube ini dengan baik ya teman-teman, agar kita tidak di cap sebagai reuploader.

      .
    3. Klik Iklan Sendiri
      Yap, jangan sampai ya teman-teman, kalaupun tidak sengaja di klik sendiri dan selama ini masih aman-aman saja, Admin sarankan mulai saat ini stop itu ya.

      Dalam aturan YouTube atau di browser yang kita pakai, YouTube menggunakan cookies / semacam riwayat di browser kita untuk optimalisasi iklan yang muncul di browser kita.

      Kalau kita klik sendiri pasti akan ketahuan, alamat IP komputer / HP / Smartphone kita sudah diketahui oleh pihak YouTube, sehingga akan ketahuan iklan yang di klik sendiri, hal ini berakibat akun Google Adsense kita di suspended, dan kita akan kehilangan peluang untuk mendaptakan pendapatan dari YouTube.

      Lihat tutorial YouTube ini ya : Cara Menambahkan End Screen YouTube

      .
    4. Tidak Mengikuti Panduan Komunitas, Mengabaikan Teguran
      Pedoman komunitas dirancang agar semua fair, agar semuanya sesuai aturan, agar win-win solution antara YouTuber dan pihak YouTube sendiri, sehingga semua harus dipatuhi untuk menjaga iklim yang baik di YouTube.

      Para pengiklan pun yang melakukan kerjasama dengan YouTube, pasti berharap iklan yang ditawarkan membuat banyak yang tertarik untuk membeli prosuk mereka, ini yang di harapkan.

      Hal tersebut yang di jaga oleh YouTube agar banyak para pengiklan dan para pengiklan pun senang dengan menampilkan iklan di YouTube, serta para YouTuber pun senang di videonya ada iklan, sehingga YouTuber, YouTube dan para pengiklan mendapat hal yang diharapkan.

      .
    5. Menggunakan Bot
      Bot bisa digunakan juga untuk membuat view palsu, subscriber palsu dan para peng-klik iklan palsu, jangan pakai ya teman-teman.

      Hal ini bisa merugikan pihak-pihak yang mengharapkan yang baik-baik di YouTube, seperti yang sudah di jelaskan di poin 4 di atas.

      Gunakan viewer/subscriber/klik iklan yang organik, agar penghasilan kita juga berkah ya teman-teman hehe.
    Baca tips YouTube berikut ini : Cara Menggunakan Hastag YouTube

    Channel YouTube untuk Belajar 

    Setelah diatas Admin sebutkan beberapa tips dan trik serta don't nya, selanjutnya bagi Kalian yang ingin belajar nge-YouTube dengan baik dan sesuai panduan komunitas, dibawah ini ada beberapa channel YouTube yang mengajarkan bagaimana menjadi YouTuber yang baik.

    1. Channel Den JC

    Pada channel ini kita akan diajarkan banyak tips untuk menjadi YouTuber. Selain itu ada juga pembelajaran langkah demi langkah untuk menjadi YouTuber yang baik di playlistnya.

    Salah satu video nya bisa dilihat di bawah ini.

    Untuk belajar banyak tentang YouTube dari Channel Den JC, silakan menuju ke Channel YouTube DEN JC.

    2. Channel YouTube Timon Adiyoso

    Pada channel YouTube Mas Timon di atas, kita juga diajarkan tips bagaimana membuat viewer banyak, algoritma-algoritma YouTube terbaru seperti apa cara kerjanya dan masih banyak materi yang lainnya.

    Langsung saja berikut contoh video dari Mas Timon.

    Untuk belajar dari Mas Timon, silakan langsung saja menuju ke Channel Timon Adiyoso.

    Yuk baca tips nge-YouTube ini : Cara Membuat Thumbnail YouTube

    3. Channel YouTube Adlina Khairunnisa

    Tidak berbeda dari kedua channel diatas, channel dari Mba Adlina ini juga membagikan tips dan kiat sukses menjadi YouTuber.

    Sudah ada ratusan video yang dibuat dari Mba Adlina.

    Kebanyakan video-videonya hanya dibuat dengan menggunakan HP saja dan terbukti berhasil. Tips dari mba Adlina salah satu videonya seperti di bawah ini.

    Untuk belajar YouTube dari Mba Adlina, silakan langsung saja menuju ke Channel Adlina Khairunnisa.

    Teman-Teman jangan hanya terpaku pada sosok 3 channel diatas ya untuk belajar membuat video YouTube dan menjadikan profesi sebagai YouTuber. 

    Silakan bisa dikulik-kulik sendiri channel lainnya dan masih banyak ilmu per-YouTube-an di channel YouTube lain tersebut.

    Penutup

    Sekian Teman-Teman Tips Menjadi YouTuber Sukses, lakukan tips dan saran dari yang sudah sukses di YouTube supaya kita bisa menjadi sukses juga.

    Kalau Kalian sudah meniatkan diri untuk menjadi YouTuber maka harus siap selalu belajar untuk membuat konten yang lebih baik dari sebelumnya dan jangan lupa terus gali ide dan informasi supaya tayangan video kita tetap ada dan berkembang.

    Terimakasih ya sudah membaca tips dan sharing tentang menjadi YouTuber hingga bagian akhir ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu Kalian semua.


    Artikel Populer dan Iklan



    Dapatkan Artikel Terbaru Via Email


    Comments