--> ▷▷ 3+ Cara Screenshoot Windows 11 -->

▷▷ 3+ Cara Screenshoot Windows 11


Daftar isi [Tutup]
    Advertisement
     
    Screenshoot Windows 11

    Tutorial ini menjelaskan 3+ cara melakukan screenshoot (tangkapan layar) pada Windows 11. Dari yang paling mudah hingga cukup sulit.

    Kenapa dikatakan sulit seperti itu?

    Ya karena beberapa opsi tersebut perlu membuka aplikasi lainnya, jadi ada jeda waktu. Karena ada yang hanya sekali pencet tombol keyboard, dan secara otomatis akan menyimpan hasil tangkapan layar tersebut ke folder di Explorer kita.

    Semua cara yang akan Admin jelaskan, akan dibuatkan kelebihan dan kekurangannya koq. Tenang saja, Kalian akan diberikan opsi-opsi tersebut dan disesuaikan kebutuhannya saja.


    Pengertian Screenshoot pada Windows 11

    Untuk pengertian screenshoot atau menangkap Windows 11 yaitu kegiatan menangkap layar yang sedang tampil saat ini sehingga bisa dijadikan image/foto supaya kita bisa memanfaatkan hasilnya untuk keperluan tertentu.

    Tangkapan layar ini bisa / sering dilakukan oleh beberapa orang, terutama ya seperti blogger-blogger yang memberikan tutorial seperti Admin ini, supaya memperjelas apa yang ditutorialkan, maka diperlukan visualisasi tangkapan layar.

    Dan masih banyak keperluan lainnya sesuai kebutuhan masing-masing dari Kalian dalam melakukan screenshoot.

    Pada Windows 11 sendiri, kita bisa melakukan screenshoot dengan memanfaatkan aplikasi atau tanpa aplikasi. Kalau menggunakan aplikasi bisa menggunakan bawaan Windows 11 ataupun bisa memanfaatkan aplikasi/situs pihak ketiga lainnya.

    Nanti akan dijelaskan lebih lanjut dibawah mengenai hal tersebut.

    Cara Melakukan Tangkapan Layar Windows 11

    Untuk melakukan screenshoot pada Windows 11, dimulai dari yang mudah dulu ya, silakan Teman-Teman bisa mengikuti tutorial dibawah ini.

    1. Menggunakan Keyboard

    Dalam memanfaatkan keyboard untuk melakukan screenshoot ini pun ada 2 macam, yaitu :

    a. Windows + Printscreen

    Cara yang sangat cepat yaitu Kita bisa menggunakan pintasan tombol Windows + Printscreen. Hanya sekali tekan tombol maka layar yang saat ini tampil pada Laptop/PC Kalian akan tersimpan dalam Folder Pictures > Screenshots.

    Kalau ternyata pada Laptop Kalian untuk menggunakan tombol Printscreen perlu menekan tombol Fn, maka kombinasinya akan menjadi Windows + Fn + Printscreen.

    Silakan disesuaikan saja dengan kondisi masing-masing PC.

    Kelebihan : Sangat cepat, pintasannya mudah.

    Kekurangan : Butuh beberapa langkah untuk menemukan hasil screenshootnya, yaitu menuju ke Pictures > Screenshots.

    Baca artikel ini juga ya : Cara Buat Sticker WA memanfaatkan WA WEB

    b. Printscreen Saja

    Jadi, kita bisa juga memanfaatkan Tombol Printscreen saja, namun untuk menyimpan atau merealisasikan hasil tangkapan layar tersebut, diperlukan aplikasi lain untuk kita bisa menampilkannya.

    Jadi, tombol printscreen ini seolah-olah hanya seperti perintah Copy saja, jadi kita perlu Paste untuk memunculkan hasil tangkapan layar tersebut.

    Misalnya saja kalau Teman-Teman akan menangkap layar Windows 11, kemudian perlu menyimpannya ke Laptop, bisa gunakan aplikasi Paint untuk paste nya kemudian save as sebagai image dan simpan ke Explorer.

    Bisa juga misalnya paste di Whatsapp Web dan langsung kirim ke kontak WA Kalian, sesuaikan kebutuhan saja ya.

    Kelebihan : Hal ini biasa dilakukan orang, mudah juga pintasannya, hanya sekali pencet saja. 

    Kekurangan : Butuh yang namanya Paste untuk merealisasikan hasil Printscreennya, kalau tidak di Paste ya hasilnya tidak ada, bisa di Paste pada Word, Excel, Paint, dan lain sebagainya.

    c. Alt + Prinstscreen

    Jadi, kita bisa dengan mudah untuk melakukan printscreen juga dengan kombinasi tombol Alt dan juga Printscreen.

    Kombinasi tombol ini mungkin jarang digunakan, karena memang mungkin tidak se-terkenal tombol Printscreen saja.

    Cara penggunaannya seperti pada tombol Printscreen saja, namun bedanya adalah yang akan dilakukan printscreen adalah window atau aplikasi yang sedang aktif.

    Jadi misalnya Kalian sedang membuka properties File pada Explorer, kemudian pop up baru dari Properties File tersebut akan muncul, lalau Kalian pencet tombol Alt+Printscreen, maka yang akan ter-copy adalah Window Properties tadi.

    Halaman Explorer yang sedang tampil tidak akan ter-capture, karena properties tersebut bentuknya lebih kecil dan tidak menutup seluruh layar. Berbeda kalau hanya printscreen saja, maka seluruh layar (Explorer, Properties, Taskbar dll) akan ter-copy.

    Kelebihan : Bisa memilih aplikasi yang sedang aktif saja yang akan di copy.

    Kekurangan : Perlu melakukan Paste dulu supaya hasil printscreen bisa dilihat (sama seperti perintah Printscreen saja).

    Bagi YouTuber, ikuti tutorial ini ya : Cara Atur Thumbnail Video Supaya Pas

    2. Memanfaatkan Aplikasi Snipping Tool

    Aplikasi Bawaan ini juga cukup favorit bagi sebagian orang, Admin sendiri juga sering menggunakan ini.

    Dengan Aplikasi Snipping Tool, kita bisa memilih area tertentu dengan mudah untuk dilakukan tangkapan layar. Mau separuh layar, setengah layar, atau bagian kecil dari layar bisa kita ambil screenshootnya.

    Setelah memilih bagian tertentu yang akan di screenshoot, kita perlu menyimpannya terlebih dahulu dengan melakukan Save As dan disimpan pada Folder yang Kalian tentukan sendiri.

    Ada beberapa mode bentuk screenshoot pada aplikasi Snipping Tool, namun yang paling sering ada Rectangular mode atau bentuk kotak. 

    Apa saja sih perbedaan mode-mode tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

    a. Rectangular

    Mode ini bentuknya kotak, ketika menggunakan mode ini kita bisa melakukan screenshoot pada layar dengan bentuk kotak, persegi panjang dengan panjang dan lebar (area) yang kita tentukan sendiri.

    Cara mengaktifkannya yaitu buka aplikasi Snipping Tool dan pilih mode rectangular lalu pilih New, dan arahkan kotak ke layar yang Kalian inginkan untuk di screen capture. Jangan lupa save as ya.

    Cara lengkap dalam penggunaannya silakan Kalian lihat pada video tutorial dibawah nanti ya.

    Yang suka edit foto, silakan ikuti turoail ini : Cara GRATIS Merubah Latar Belakang Foto

    b. Window Mode

    Mode yang satu ini adalah akan melakukan screenshoot pada Jendela yang sedang aktif, namun perlu di pilih terlebih dahulu dengan cara klik kiri pada aplikasi yang aktif.

    Caranya yaitu buka Snipping Tool kemudian pilih mode Window Mode, lalu pilih New, kemudian pilih jendela yang aktif yang akan di screen capture. Setelah dipastikan jendela yang di capture sesuai silakan di save as ya.

    c. Full Screen Mode

     Mode satu ini akan menyimpan seluruh layar di PC Kalian. Layar yang sekarang tampil ketika di capture dengan mode ini maka akan disimpan seluruhnya.

    Cara menggunakannya yaitu dengan buka Snipping Tool, lalu pilih mode Full Screen dan pilih New, maka secara otomatis aplikasi Snipping Tool akan meng-capture seluruh layar. Jangan lupa untuk menyimpan gambar tersebut ya.

    Bagi Windows 11 Users yuk ikuti tutorial unik ini : Cara Membuat Shortcut Shutdown Unik

    d. Free Form Mode

    Kalau mode satu ini mengijinkan kita untuk meng-capture layar Desktop kita dengan bentuk terserah. Namun akan ada center (pusat) dari bentuk capturan, pusatnya adalah titik pertama saat klik kiri.

    Cara memanfaatkannya yaitu dengan cara buka Aplikasi Snipping Tool kemudian pilih Mode Free Form dan klik New. Selanjutnya klik kiri di area yang Kalian tentukan, kemudian geser dan arahkan sesuai area yang Kalian inginkan. Jangan lupa save as.

    Tutorial lebih jelasnya silakan Teman-Teman lihat pada video dibawah nanti ya.

    Kelebihan : Cepat, pintasannya mudah terutama kalau sudah di pin pada Taskbar, kita bisa menyeleksi bagian tertentu saja dari layar untuk disimpan sebagai foto/image.

    Kekurangan : Butuh beberapa langkah untuk menyimpan hasil screenshootnya, yaitu perlu melakukan Save As terlebih dahulu.

    3. Melalaui Aplikasi Xbox

    Aplikasi ini merupakan bawaan Windows 11, jadi pasti ada di Laptop Kalian ya. Kita akan memanfaatkan fungsi Capture pada aplikasi tersebut.

    Yang akan di simpan adalah seluruh tampilan layar yang sekarang tampil di Laptop Kalian. Namun keuntungannya adalah hasil tangkapan layar langsung tersimpan pada folder Videos > Capture.

    Cara menggunakannya yaitu :

    1. Buka Aplikasi Xbox Game Bar;
    2. Pilih icon Capture (sorot saja iconnya yang tengah);
    3. Maka akan muncul jendela pop up kecil dengan nama jendela Capture;
    4. Klik icon Camera dan akan menyimpan screen yang sekarang tampil pada Folder Videos > Capture;
    5. Atau bisa juga dengan shortcut Windows+Alt+Prtscn.
    Lagi - Lagi buat Windows 11 Users : Cara Memindahkan START MENU ke Sebelah Kiri

    4. Cara Lain

    a. Memanfaatkan Situs Screenshot.Net

    Dengan menggunakan situs ini kita bisa screenshoot dengan basis Website, jadi tidak terbatas hanya pada windows 11 saja sebenarnya. 

    Kita tinggal lakukan download launcher lalu bisa screenshoot dengan mudah dari Browser.

    Untuk tutorial menggunakan screenshot.net bisa dilihat pada video tutorial di bawah ini.

    Video Tutorial Screenshoot pada Windows 11

    Jadi, setelah diatas (poin 1-3) Admin sudah menjelaskan panjang lebar, namun kalau belum praktek mungkin ya gambarannya belum jelas.

    Di sini Admin mencoba praktek dan mendokumentasikan hasilnya di video tutorial berikut ini. Jadi kalau Kalian masih ada yang bingung, bisa melihat video tutorial dibawah ini ya.

    Semoga video tutorial tersebut bisa memberikan penjelasan yang utuh dan komplit dari apa yang telah Admin tuliskan diatas ya.

    Penutup

    Demikian Teman-Teman beberapa tips dan trik untuk melakukan screenshoot pada Windows 11 kita. Ada banyak cara dan banyak opsi, namun menurut Admin yang paling praktis dan cepat adalah dengan menggunakan aplikasi Snipping Tool ya.

    Kalau Kalian biasanya menggunakan aplikasi apa? 

    Btw, terimakasih ya sudah membaca tutorial ini hingga akhir, semoga bermanfaat ya.


    Artikel Populer dan Iklan



    Dapatkan Artikel Terbaru Via Email


    Comments