--> ▷▷ Cara Membuat Sticker Whatsapp dengan WA WEB -->

▷▷ Cara Membuat Sticker Whatsapp dengan WA WEB


Daftar isi [Tutup]
    Advertisement
     
    Cara Membuat Sticker Whatsapp dengan WA WEB

    Siapa bilang membuat sticker Whatsapp susah? Karena Admin sendiri bisa lho membuat sticker Whatsapp hanya dengan menggunakan atau memanfaatkan WA WEB saja bisa koq.

    Simak selengkapnya pada artikel ini ya.

    Nanti Admin jelaskan juga melalui Video YouTube.

    Jadi, misalnya Kalian mau memanfaatkan foto teman Kalian untuk dijadikan sticker sangat-sangat bisa. Versi Admin adalah kita manfaatkan situs remove.bg untuk menghilangkan backgroundnya, kemudian lanjut di WA WEB untuk mengeditnya dengan menambah kata-kata.

    Selengkapnya simak saja di bawah ya.


    Sticker Whatsapp

    Pengertian sticker whatsapp yaitu suatu gambar bisa berupa gambar biasa atau dalam format GIF yang dijadikan seperti emoticon dalam chatting whatsapp.

    Kita bisa menggunakan sticker yang sudah ada dalam whatsapp atau bisa juga melakukan custom sendiri, dengan foto sendiri dan juga mendesain sesuai keinginan kita.

    Baca juga yuk tutorial ini : Cara Buat Link WA.ME

    Dibawah ini contoh sticker whatsapp, dimana yang kiri merupakan custom sticker dan yang kanan sticker yang sudah ada di Whatsapp sebelumnya (namun kita tetap perlu download manual ya).

    Contoh Sticker Whatsapp

    Aturan dan Persyaratan dalam Membuat Custom Sticker WA

    Karena sticker whatsapp bisa kita buat sendiri dan supaya bisa "apik" dalam tampilan chat WA, maka pihak Whatsapp sendiri memberikan aturan-aturan terkait supaya sticker ini seragam dan cocok di semua device.

    Oiya, kalau Teman-Teman mau melihat aturan lengkap silakan baca pada tautan eksternal yang Admin ambil dari situs help Whatsapp, silakan baca pada artikel cara membuat sticker untuk Whatsapp.

    Beberapa persyaratan dalam membuat sticker Whatsapp yaitu :

    1. Latar belakang transparan;
    2. Berukuran 512 x 512 piksel;
    3. Setiap sticker ukurannya kurang dari 100 KB.
    Baca juga yuk tutorial ini : Cara Mudah Chat Pertama Kali di Whatsapp
    Namun, syarat tersebut adalah hal umum saja, tidak menjadi patokan utama saat ini. Karena foto apapun bisa dijadikan sticker, karena Whatsapp sudah memperbarui dan menambahkan fitur agar bisa mengkonversi foto menjadi siap untuk dijadikan sticker.

    Persyaratan membuat sticker diatas tetap dipakai, namun foto apapun akan dikonversi menjadi sesuai syarat tersebut.

    Buktinya adalah Admin menggunakan foto dengan resolusi 1280 x 853 piksel dan ukuran 173 KB tetap bisa dipakai untuk dijadikan sticker dan hasil stickernya kecil / menyesuaikan dengan aturan/persyaratan dalam membuat sticker diatas.

    Dari situs pusat bantuan WA, kita juga disarankan untuk membuat sticker dengan menambahkan garis tepi pada objek dengan garis kode HEX #FFFFFF dan ukurannya 8 piksel, karena sticker tersebut akan ditampilkan pada latar belakang apapun, karena di WA bisa kita custom latar belakang dengan foto apapun.

    Serta buatlah margin / jarak antara objek dengan tepi luar/frame sebesar 16 piksel.

    Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya tentang saran tersebut.

    Saran Sticker WA

    Cara Buat Sticker WA

    Selanjutnya kita akan mempraktekkan bagaimana sih caranya untuk membuat sticker sendiri pada WA dan kita akan memanfaatkan Whatsapp Web untuk membuatnya.

    Jadi tidak perlu install aplikasi tertentu di HP Kalian ya, karena menurut Admin yang mudah dan cepat ya menggunakan WA Web ini.

    Silakan ikuti langkah-langkah buat sticker WA berikut ini :

    1. Cari dulu foto atau image yang cocok yang akan dijadikan sticker, bisa cari di Google Search ya, lebih baik lagi cari fotonya di situs penyedia foto yang free, jangan lupa save as ke Laptop/PC Kalian ya,
    2. Manfaatkan situs remove.bg untuk membuat gambar belakangnya transparan, sesuaikan jika hasil transparansi kurang sesuai dan download ya,
    3. Selanjutnya adalah kita buka situs web.whatsapp.com dan sinkronkan dengan Whatsapp di HP kita, kalau belum tahu cara sinkron silakan baca tutorial tentang cara menggunakan WA WEB,
    4. Buka chat dengan salah satu kontak dan klik pada icon emoji atau emoticon,
    5. Klik icon sticker kemudian pilih Create,
    6. Selanjutnya akan otomatis membuka Folder pada File Explorer, silakan cari foto/image yang telah di download dan dihilangkan backgroundnya (sesuai langkah poin 2),
    7. Pastikan sudah sesuai ya, di bagian ini pula Kalian bisa menambahkan teks atau crop dan lain sebagainya. Kalau bentuk stickernya sudah sesuai yang diinginkan, silakan tinggal klik icon Send di kanan bawah,
    8. Jadilah sticker WA custom sesuai yang kita inginkan, kalau mau di simpan dan bisa digunakan sewaktu-waktu bisa Add to favorite,

    Kira-kira seperti itu Teman-Teman tutorial untuk membuat sticker custom pada Whatsapp. Untuk memberikan gambaran bagaimana proses pembuatan sticker custom tersebut, silakan simak pada video tutorial dibawah ini ya.

    Video Tutorial Custom Sticker Whatsapp

    Admin ambilkan video tutorial ini dari channel yang Admin kelola sendiri, jadi untuk support Admin melalui channel YouTube silakan subscribe dan jangan lupa share ya.

    Berikut video tutorial buat sticker WA nya.


    Penutup

    Demikian Teman-Teman cara membuat sticker Whatsapp dengan Whatsapp Web yang bisa Admin tuliskan.

    Semoga dengan adanya tutorial yang cukup lengkap ini (ada teks dan juga video tutorialnya) Kalian bisa mempraktekkannya sendiri dan tentunya berguna untuk pengguna Whatsapp.

    Gunakan sebaik-baiknya jika Kalian sudah bisa membuat sticker WA sendiri ya.

    Terimakasih sudah membaca artikel tutorial ini hingga akhir, semoga bermanfaat.


    Artikel Populer dan Iklan



    Dapatkan Artikel Terbaru Via Email


    Comments