--> Disebut reuploader? tpi koq video aman dan bahkan bisa di monetisasi? itu Fair Use Teman-Teman, check this post apa itu Fair Use YouTube dan cara penggunaannya -->

✓✓ Apakah Fair Use dan Batasan - Batasan dalam Fair Use YouTube?


Daftar isi [Tutup]
    Advertisement
     

    ✓✓ Apakah Fair Use dan Batasan - Batasan dalam Fair Use YouTube?

    Halo Teman-Teman,
    Salam YouTubers, hehe

    Bagi Teman-Teman yang berkecimpung di dunia per YouTube an, mungkin bisa Admin bilang kalian adalah YouTubers.

    Fair Use YouTube
    Dengan kata lain jika kalian menjadi Content Creator (sebutan oleh YouTube secara umum), maka Teman-Teman sudah dikatakan sebagai YouTubers.

    Versi Admin itu lho ya hehe

    Mungkin ada pertanyaan, kalau Admin baru upload 1 video apa bisa dikatakan sebagai YouTubers? 

    Menurut Admin iya bisa dikatakan sebagai YouTubers, karena kita sudah berkreasi di sana, sudah memberikan sumbangsih untuk YouTube walaupun hanya sedikit.

    Karya kita yang sangat sederhana yang hanya dari 1 video, bisa jadi menjadi booming alias membuat kita terkenal, tentunya dengan isi video yang baik dan berkualitas ya Teman-Teman, sesuai dengan aturan Komunitas dari YouTube.

    Reuploader YouTube

    Banyak di luar sana, dengan segala motivasi masing-masing, mengupload video YouTube dengan sembarangan, comot dari video orang lain dan diupload, dengan kata lain disebut sebagai re-uploader. 

    Hampir pasti kena / melanggar aturan Komunitas YouTube donk, dan dengan segala tindakan tersebut akan ditangguhkan oleh YouTube tergantung pelanggaran yang diterima.

    Fair Use YouTube


    Pelanggaran yang sering dilakukan oleh para YouTubers pemula adalah dia melakukan upload ulang video orang lain, secara umum orang menyebutnya re-uploader.

    Namun, mungkin banyak juga yang bertanya, ada lho itu channel bla bla bla yang mengupload video orang lain, namun tidak melanggar aturan Komunitas YouTube.

    Fair Use YouTube

    Dengan segala macam kegiatan upload ulang, banyak channel tertentu yang selamat dari pelanggatan aturan Komunitas YouTube, dan itu boleh dan sah saja Teman-Teman.

    Aturan YouTube memang memperbolehkan kita mengambil video orang lain, dengan tujuan sebagai ilustrasi, atau sebagai penekanan terhadap apa yang mau kita sampaikan dengan batasan tertentu.

    Batasan itulah yang biasa disebut sebagai FAIR USE.

    Fair Use juga bisa dikatakan sebagai seberapa banyak kita boleh menggunakan video orang lain untuk kita upload di channel kita, tanpa ijin, tanpa ngomong ke yang punya video dan diperbolehkan oleh YouTube.

    Namun aangkah baiknya kita ijin dengan yang channel yang mengupload video tadi yang mau kita pakai, itu sebagai apresiasi kita dan permintaan ijin untuk memakai video hasil karya orang lain.

    Aturan Fair Use YouTube

    Karena dengan kita mematuhi aturan-aturan yang ada di Pedoman Komunitas YouTube, salah satunya pemakain Fair Use ini, kedepan channel yang kita kelola menjadi aman, dan bebas dari penangguhan atau sanksi oleh pihak YouTube.

    Urusan monetisasi pun akan lebih mudah diterima jika kita mematuhi aturan Fair Use tadi, karena mungkin hampir semua Content Creator akan mengharapkan video yang di upload bisa di pasang iklan atau di monetisasi.

    Fair Use YouTube yang diperbolehkan secara umum adalah 15 detik, dan itu lumayan panjang jika kita bisa memanfaatkan dengan baik.
    Salah banyak (bukan salah sedikit, karena memang banyak yang menggunakan aturan Fair Use ini) penggunan Fair Use adalah channel-channel yang menampilkan isi video misalnya 7 Keajaiban Dunia yang tidak banyak orang tahu, channel - channel yang menampilkan kompilasi dan lain sebagainya.

    Rasa-rasanya 7 Keajaiban itu tidak mungkin dia dapat video nya langsung dari dia mengambil sendiri (walaupun mungkin orang kaya juga susah kayaknya hehe).

    Jadi, mau tidak mau dia akan mengambil dari hasil karya orang lain, nah di sinilah Fair Use dipakai, kita bisa dan boleh mengutip video tersebut sebagian untuk membantu memperjelas judul video kita.

    Dengan ditambah animasi, transisi, ditambah-tambah dengan efek lain, kita bisa mengakali sistemnya YouTube sehingga banyak channel yang lolos dan subscribernya hingga jutaan hanya karena menggunakan dan mengakalai Fair Use ini.

    Secara aturan YouTube dia bukan dikatakan reuploader, namun banyak orang yang menganggap sebagai reuploader, padahal aturan Fair Use saja yang di pakai.

    Penutup

    Demikian Teman-Teman pembahasan dari Admin mengenai Fair Use YouTube, barangkali ada yang kurang bisa minta tolong ditambahkan ya.

    Secara lengkap, aturan penggunaan / Batasan Fair Use yang ditetapkan oleh YouTube dapat dilihat disini.

    Semoga bermanfaat untuk YouTubers.

    Salam,
    Syaffi


    Artikel Populer dan Iklan



    Dapatkan Artikel Terbaru Via Email


    Comments