-->

Tahukah Teman-Teman, Ternyata Ada Batasan Usia dalam Menggunakan WhatsApp

Daftar isi [Tutup]


    Halo Teman-Teman,

    Penggunaan media social sekarang ini hampir tidak ada batasn usia, walaupun sebenarnya dalam Syarat dan Ketentuan dalam situs atau aplikasi yang menyediakan layanan Social Media akan memberikan aturan tersebut.

    Hal ini bisa saja terjadi karena memang ketidaktahuan dari orang tersebut ataupun ketidaktahuan dari orang tua dari anak, atau mungkin karena acuh juga bisa, atau mungkin karena malas membaca hehe Nah ini yang sering terjadi, mungkin karena banyak sekali dari syarat dan ketentuan Whatsapp, akhirnya malas membaca.


    Baca Juga : Hal yang Perlu diperhatikan dalam Status Whatsapp 

    Sebenarnya berapa sih batasan usia dalam penggunaaa Whatsapp? Dikutip dari situs FAQ Whatsapp, bahwa Batas Usia penggunaan Whatsapp di Eropa adalah 16 tahun dan umunya selain di negara-negara Eropa adalah 13 tahun.

    Sebenarnya apasih yang terjadi jika ada yang melanggar ketentuan ini? Oleh Whatsapp sendiri, jika kita melanggar aturan dalam batasan usia penggunaan Whatsapp merupakan pelanggaran, apalagi jika menggunakan informasi palsu, kemudian untuk hukuman atau sanksi dari pelanggaran ini adalah paling banter penutupan akun oleh Whatsapp. Namun jika pelanggarannya sudah masuk pidana maka akan diproses secara hukum.

    Batasan usia ini sebenarnya agar lebih bertanggungjawab oleh pengguna dari Whatsapp tersebut, karena kalau usia dibawah ketentuan tersebut disanggap masih belum bisa bertanggungjawab terhadapa apa yang dikirim dan diterima dari Whatsapp, sehingga orang tua berperan penting disini untuk menjaga anak-anaknya yang masih di bawah usia pengguna Whatsapp untuk tidak mengijinkan anaknya menggunakannya.

    Kemudian jika kita akan melakukan penghapusan akun Whatsapp dari anak kita yang belum memenuhi batas usia pemakaian Whatsapp, maka langkah yang bisa di ambil adalah dengan melakukan penghapusan akun dari aplikasi Whatsapp di HP anak, dengan masuk ke Menu Setting dan masuk ke Account lalu tap Delete My account. Mudah bukan?

    Namun apabila kondisi orang tua yang jauh dari anak, dan orang tua mau melakukan penghapusan akun Whatsapp anak, maka kita bisa mengirimkan email kepada Pihak Whatsapp untuk melakukan penghapusan akun. Caranya adalah

    "Berkirim email ke Whatsapp ke alamat underagereport@support.whatsapp.com dan kemudian dilampirkan Bukti kepemilikan nomor HP tersebut (KTA/kartu anak begitu) dan KK lalu Akte Kelahiran"
    Proses penghapusan akun tersebut akan dilakukan selama kurang lebih 90 Hari sejak email dikirimkan, sehingga orangtua perlu kesabaran ya. Kalau paling mudah sih minta tolong ke orang dekat dengan anak kita, minta pinjam HP dan minta akses untuk membuka kunci dan lakukan Hapus Akun Whatsapp dari HP anak kita.

    Yap mungkin seperti itu Teman-Teman, oiya panduan lengkapnya bisa menuju ke FAQ Whatsapp untuk aturan batasan usia ini dengan cara klink link disini.

    Semoga bermanfaat,

    Salam,
    Syaffi




    Comments