-->

√√ Cara Split Screen Xiaomi Redmi Note 8 Pro dan HP Android Lainnya

Daftar isi [Tutup]


    √√Cara Split Screen Xiaomi Redmi Note 8 Pro

    Halo Teman-Teman, Fitur yang satu ini, mungkin banyak yang sudah tahu tapi mungkin juga belum banyak yang tahu. 

    Teman-Teman yang sering melakukan multitasking mungkin sering menggunakan fitur ini, yaitu Split Screen Xiaomi Redmi Note 8 Pro

    Yaitu fitur yang akan membuat kita bisa membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar HP kita. Layar akan di split atas dan bawah untuk menampilkan 2 aplikasi sekaligus.

    Women using smartphone yaitu Split Screen XiaomiRedmi Note 8 Pro

    Manfaat Split Screen Xiaomi

    Split screen pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 8 Pro sangat berguna sekali untuk kita bisa melihat tampilan / membuka 2 aplikasi sekaligus dalam satu layar, tentu ini sangat membantu bukan? 

    Misalnya satu sisi ingin menonton video melalui YouTube dan sisi lain mau melihat tweet, kita bisa menggunakan fitur Split Screen Xiaomi Redmi Note 8 Pro, sehingga kita bisa mendapatkan 2 momen tersebut dalam satu layar.

    Split screen ini cukup memuaskan untuk pengguna Redmi Note 8 Pro, karena layar ponsel ini cukup besar menurut Admin dengan ukuran 6,53 inch.

    Namun perlu di ingat Teman-Teman, tidak semua aplikasi bisa dilakukan Split Screen, atau tidak mendukung split screen. Contoh yang Admin tahu yaitu Instagram.

    Jadi pilihan nya adalah kita hanya bisa membuka Instagram saja, tidak bisa membuka 2 aplikasi sekaligus, misalnya membuka Instagram dengan YouTube tidak bisa dilakukan.





    Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Split Screen Xiaomi Redmi Note 8 Pro

    Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan layar split Xiaomi.

    1. Teman-Teman buka dulu setting Redmi Note 8 Pro. Kemudian tap atau pilih additional setting;
      Split screen Xiaomi Redmi Note 8 Pro
    2. Setelah itu tap Button Shortcut;
      Split screen Xiaomi Redmi Note 8 Pro

    3. Kemudian pilih Open Split Screen;
      Split screen Xiaomi Redmi Note 8 Pro

    4. Kemudian kita pilih salah satu shortcut mana yang akan di gunakan Teman-Teman untuk mengaktifkan layar Split pada Xiaomi, Pilihan pertama ada tekan lama pada home button, kedua tekan lama pada menu button, yang ketiga tekan lama pada back button, dan di sini Admin pilih yang ketiga;
      Split screen Xiaomi Redmi Note 8 Pro

    5. Kita langsung bisa praktekkan dengan menekan lama pada back button, sehingga tampilan nya berubah seperti di bawah ini. Dimana layar akan di bagi atau split menjadi 2, atas dan bawah dengan lebar yang sama, sampai di sini kita sudah berhasil untuk membuka 2 aplikasi sekaligus dalam 1 layar;

      Split screen Xiaomi Redmi Note 8 Pro

    6. Jika Teman-Teman menginginkan layar yang atas tampil lebih besar, tarik saja yang di tandai panah ke bawah hingga 3/4 dari layar;

      Split screen Xiaomi Redmi Note 8 Pro

    7. Kemudian sebaliknya jika Teman-Teman menginginkan aplikasi yang bawah lebih lebar, tarik saja yang di tandai panah ke atas hingga 3/4 layar dari bawah;

      Split screen Xiaomi Redmi Note 8 Pro
    8. Selesai dan kita sudah berhasil mengaktifkan layar split pada Xiaomi Redmi Note 8 Pro kita.


    Baca Juga






    Jika sudah selesai, Teman-Teman bisa menarik yang ditandai panah ke atas atau ke bawah full untuk menonaktifkan fitur split screen ini.

    Jika di tarik ke bawah mentok maka split screen pada Redmi Note 8 Pro ini akan mengaktifkan aplikasi yang sebelumnya berada di atas, dan jika ditarik ke atas mentok maka aplikasi yang di bawah akan aktif.

    Jika Teman-Teman mau mengaktifkan nya lagi tinggal tahan lama pada back button, sampai muncul split screen.

    Cara Membuka 2 Aplikasi Sekaligus di Xiaomi

    Jika Teman-Teman memegang Android selain Redmi Note 8 Pro, misalnya pada Redmi 9A, maka fitur bawaan split screen tidak bisa, Kalian tidak bisa melakukan Split Screen Redmi 9A, sehingga Teman-Teman tidak bisa membuka 2 aplikasi sekaligus dalam satu layar Redmi 9A.

    Memang sebagian besar Android terbaru saat ini sudah ada fitur split screen nya, terutama buat Android yang mempunyai spesifikasi lebih tinggi.

    Namun bagi Android yang memang di desain versi Lite (versi biasa), biasanya tidak bisa melakukan split screen, sehingga diperlukan trik tersendiri untuk melakukan cara membuka 2 aplikasi sekaligus di xiaomi.

    Solusi Android tidak bisa split screen

    Solusinya adalah install aplikasi pihak ketiga. Dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, Kita bisa melakukan split screen Redmi 9A misalnya dan pada HP Android lainnya.

    Untuk melakukan split screen Redmi 9A dan HP Android pada umumnya digunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Split Screen Shortcut by developer etsang.

    Caranya melakukan split screen Android dengan menggunakan aplikasi Split Screen Shortcut yaitu :

    1. Install aplikasi Split Screen Shortcut, cari di Play Store dengan kata kunci "Split Screen" dan silakan download dan install yang paling atas.

    2. Buka Aplikasi dan berikan akses

    3. Atur cara melakukan split screen dengan cara tekan lama button tertentu, memakai toggle atau menggunakan accesibility. Tidak semuanya compatible, silakan pilih salah satu saja yang Work dan yang Kalian suka saja.

    4. Kita bisa melakukan split screen deh pada Android apapun.

    Cara Membuka 2 Aplikasi Sekaligus di Xiaomi

    Kita sebagai pengguna smartphone terutama smartphone Xiaomi kadang kala menginginkan multitasking dalam HP Xiaomi kita, kita menginginkan dan dapat membuka 2 aplikasi sekaligus di Xiaomi yang kita pegang.

    Cara Membuka 2 Aplikasi Sekaligus di Xiaomi Split screen Xiaomi
    Foto oleh cottonbro dari Pexels

    Kita ingin melakukan misalnya menonton video di YouTube sekaligus browsing-browsing melalui Google Chrome.

    Kita dapat melakukan hal tersebut dengan memanfaatkan fitur split screen pada HP Xiaomi kita, dimana cara melakukan split screen tersebut sudah Admin jelaskan di atas, khususnya untuk pengguna Redmi Note 8 Pro.

    Sebagai catatan bahwa tidak semua aplikasi bisa di split screen ya, contohnya Shopee itu tidak bisa. Jadi jangan mengira kalau tidak bisa split screen Shopee itu tandanya tidak bisa menggunakan fitur Split Screen.

    Bagi Teman-Teman pengguna Android Xiaomi lainnya atau merk Android selain Xiaomi, jika tidak ada fitur bawaan untuk melakukan split screen atau fitur untuk cara membuka 2 aplikasi sekaligus di xiaomi, maka bisa memanfaatkan aplikasi Split Screen Shortcut.

    Untuk menggunakan Aplikasi Split Screen Shortcut juga sudah dijelaskan di atas. Namun kendalanya mungkin tidak semua fitur di aplikasi Split Screen Shortcut tersebut dapat work di HP kalian. 


    Penutup

    Sekian Teman-Teman cara mengaktifkan dan menggunakan Split Screen untuk membuka 2 aplikasi sekaligus pada Redmi Note 8 Pro

    Jika ada kendala, silakan komentar di bawah ya. 

    Atau jika Teman-Teman mengaktifkan split screen ini selain menggunakan Back Button seperti apa hasilnya? Lebih mudah yang mana mengaktifkan split screen dengan back button atau dengan yang lainnya?

    Semoga bermanfaat,
    Salam,
    Syaffi





    2 comments

    1. Syukron infonya... saaaaaangat bermanfaat. Baarakallah

      1. Siaaap. Terimakasih sudah berkunjung