-->

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Secara Online dengan Tinypng, Cocok untuk Blog/Website

Daftar isi [Tutup]


    Hai Teman-Teman,

    Kecepatan blog atau website merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh para blogger ataupun web developer. Pasalnya dengan kecepatan akses yang kencang, tentu akan membuat para penggunanya nyaman dalam mencari informasi di blog atau website kita.

    Dalam melakukan optimasi di blog / website kita, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan optimasi pada ukuran foto/gambar/ilustrasi yang ada dalam posting blog. Karena gambar atau foto yang kita masukkan ke dalam posting blog, akan sangat menyita bandwith mungkin 60% atau lebih kecepatan akses blog ditentukan oleh gambar/foto.
    ilustrasi edit foto online

    Karena apa, ukuran gambar yang ratusan kB atau bahkan > 1 MB akan sangat memberatkan para visitor kita. Apalagi yang mempunyai kecepatan internet yang terbatas, misalnya jaringan yang tersedia masih 3G maka dengan ukuran posting gambar yang lebih dari 1 MB maka akan lama.

    Beda lagi bagi Teman-Teman yang mempunyai akses internet yang kencang, misalnya 4G atau bahkan sudah punya WIFI unlimited di rumah Teman-Teman, untuk melakukan load halaman dengan ukuran 1 MB atau lebih pasti sangat mudah dan cepat.

    Kecepatan akses dari blog juga dipandang berbeda oleh search engine, katanya sih seperti itu. Kenapa? Karena search engine berusaha memahami apa yang dibutuhkan manusia, dengan pengembangan-pengambangan algoritma dalam search engine tentu search engine akan lebih memprioritaskan blog atau website yang bisa diakses dengan kencang.

    Kalau kita sendiri pun begitu bukan? Misalnya judul artikel menarik dan cocok dengan kata kunci yang kita inginkan, saat kita klik dan ternyata loading nya lama, maka kita merasa tidak puas dan mungkin berusaha mencari blog / website lain yang lebih kencang.

    Hal tersebut tentu akan mengurangi traffic yang akan masuk ke blog atau website kita. Sayang sekali bukan? Hanya karena ukuran gambar yang terlalu besar, calon pengunjung blog / website kita kabur.

    Oke, langsung saja basa-basinya hehe, berikut langkah-langkah untuk mengecilkan ukuran gambar secara ONLINE menggunakan situs tinypng.com. Gambar atau foto yang bisa dikecilkan ukurannya (di kompres) adalah yang berformat .JPG atau .PNG ya Teman-Teman. Berikut langkah-langkahnya:

    1. Buka alamat Tinypng disini
    2. Kemudian cari foto atau gambar yang akan di kompresi, dengan cara klik tanda seperti screenshot di bawah ini atau dengan cara tarik dan letakkan file di kotak tersebut.
    3. Tunggu proses hingga selesai, disana ada keterangan bahwa file .PNG atau .JPG berhasil diturunkan ukurannya sekian persen, misalnya -10% dan lain sebagainya. Bisa di lihat pada screenshoot di bawah ini.
    4. Kemudian kita bisa menyimpannya satu per satu atau langsung menyimpan secara keseluruhan dan nanti format file nya menjadi .ZIP
    5. Kita bisa lihat perbedaannya, ukuran foto atau gambar sebelum di kompres dan setelah dilakukan kompres dengan tinypng ini.
    Bagaimana Teman-Teman, cukup mudah bukan? Sebenarnya ada banyak situs kompres foto online di internet, silakan Teman-Teman coba menggunakan tinypng ini, karena ini salah satu situs yang biasa Admin pakai untuk mengkompres foto. Untuk postingan lain tentang kompresi foto ONLINE bisa juga menuju ke posting di sini, sama untuk kompres foto/gambar ONLINE namun dengan alamat compressjpeg.com.


    Sekian tutorial kompresi foto online nya Teman-Teman, jika ada kendala silakan komentar di bawah dan jika suka bisa share di socmed kalian yah dan Semoga Bermanfaat,
    Salam,
    Syaffi


    Kotak Penelusuran




    Comments