Daftar isi [Tampilkan]


Hai Teman-Teman,

Mungkin Teman-Teman agak bingung ya membaca judul artikelnya? hehe
Intinya adalah kuota internet kita yang dipakai oleh Whatsapp berapa MB sih atau berapa GB sih? Apakah selama ini kuota cepat habis itu karena aplikasi Whatsapp?

Kuota internet mungkin bagi sebagian orang lumayan susah mendapatkannya, jadi untuk menghemat adalah suatu keharusan agar kuota yang ada bisa di pakai untuk kegiatan lain (tidak hanya untuk Whatsapp saja).
Women check smartphone

Untuk memonitor atau mengetahui seberapa banyak aplikasi-aplikasi dalam menggunakan kuota internet kita, bisa dilakukan dengan cara-cara yang akan Admin share di artikel ini.

Memang judul di Artikel ini untuk mengecek penggunaan kuota internet aplikasi Whatsapp, namun sebenarnya tidak hanya Whatsapp saja, aplikasi-aplikasi lainnya yang operasionalnya menggunakan kuota internet bisa juga dilakukan monitor dengan cara-cara yang nanti dituliskan di bawah.

Sesuai judul juga bahwa untuk mengecek kuota internet yang terpakai oleh aplikasi, hanya di HP Redmi Note 8 Pro, mungkin cara-cara untuk HP merk dan jenis yang lain intinya hampir sama, namun cara yang akan di share nanti hanya di Redmi Note 8 Pro saja ya Teman-Teman.


Manfaat Monitor Kuota Internet

Seperti yang telah di singgung sebelumnya di pengantar di atas, dengan memonitor kuota internet dipakai oleh aplikasi apa saja dan berapa banyak menggunakan jumlah kuota, maka kita akan bisa menghemat dan memanfaatkan kuota yang ada untuk mendapatkan apa yang kita inginkan di dalam internet atau dalam penggunaan aplikasi.

Akan tahu juga aplikasi mana saja yang boros kuota, sehingga bisa menjadi pertimbangan mungkin untuk menghapusnya saja daripada di pakai namun akan jebol dompet hanya untuk memakai aplikasi tersebut.

Misalnya nih, setelah dilakukan cek aplikasi satu per satu ternyata ada aplikasi game online yang menyita kuota internet yang besar, sehingga mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk uninstall saja daripada tetap di pakai namun akan boros kuota, ya tidak Teman-Teman?

Yang jelas sih untuk menghemat pengeluaran kita untuk membeli kuota internet ya Teman-Teman, jadi kita bisa lebih bijak dalam menggunakan kuota internet yang kita miliki.


Langkah-Langkah untuk cek Aplikasi Whatsapp menggunakan berapa banyak kuota pada Redmi Note 8 Pro

Langsung ke langkahnya untuk mengecek kuota internet saja ya Teman-Teman, silakan ikuti langkah berikut untuk pengguna Redmi Note 8 Pro, untuk HP yang mungkin hampir sama

  1. Buka setting dengan tap gambar icon gerigi pada notification bar
  2. Scroll ke bawah dan tap pada Apps
  3. Selanjutnya pilih Manage Apps
  4. Scroll bawah atau masukkan nama aplikasi Whatsapp pada kotak pencarian untuk menemukan aplikasi Whatsapp
  5. Tap pada nama aplikasi Whatsapp tersebut dan bisa di lihat Teman-Teman jumlah data usage yang di pakai Whatsapp, itu adalah jumlah data seluler yang disedot oleh Whatsapp
  6. Tap pada data usage untuk melihat detailnya
  7. Di dalam menu data usage ini kita bisa melihat penggunaan data pada tanggal dan hari tertentu, untuk melihatnya pilih tanda panah kecil ke bawah dan pilih periodenya, lebih lengkapnya lihat di screenshoot berikut ini.

    Selanjutnya tap dan tahan pada grafik batang yang ditampilkan untuk melihat detail jumlah kuota yang di pakai pada tanggal dan bulan tertentu. Contohnya pada Redmi Note 8 Admin pada tanggal ... Mei 2020 menggunakan data sejumlah ... MB (lihat screenshoot)
Bagaimana Teman-Teman apakah sudah jelas untuk melakukan cek kuota internet yang di pakai oleh Whatsaap di atas? Jika masih ada kendala silakan kirim komentar dengan menuliskannya di kolom komentar di bawah ya Teman-Teman.


Semoga Bermanfaat,
Salam,
Syaffi