-->

Cara Bayar Pajak Motor Tahunan di Polsek Prembun Kabupaten Kebumen

Daftar isi [Tutup]


    Halo Teman-Teman,

    "Bagaimana kabarnya? Jangan panik yaa... "

    "Koq tanya nya gitu Om Admin?"

    "Enak aja dipanggil Om hehe, iya siapa tahu Teman-Teman lagi panik"

    "Emang sih lagi panik bin galau, gara-gara mikirin do'i"

    "Ups, maaf, maaf, tapi bukan itu maksud Admin, jangan panik mikirin Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor alias STNK"

    "Oh itu min, iya sih kadang kepikiran, antri lama, umpek2an, tidak tertib dsb.."

    "Jangan gitu, sekarang sudah banyak inovasi koq dari Pemerintah agar Pembayaran Pajak lebih mudah, bahkan kata menteri keuangan, Pajak akan dimudahkan, seperti semudah membeli pulsa"

    "Asssiiik, bagi kita-kita yang susah bayar pajak, sekarang tidak ada alasan lagi donk ya untuk tidak membayar pajak"

    "Hush, enak aja, kamu kali yang jarang bayar pajak, admin rutin donk, untuk pembangunan Negara kita gitu lho, harus tertib donk.."

    "iya deeeh Om Admin..."

    Diatas merupakan ilustrasi / gambaran percakapan dari Admin dan salah satu pembaca di blog ini mengenai pembayaran Pajak kendaraan bermotor. Khususnya daerah Kabupaten Kebumen Jawa Tengah.



    Jadwal Samsat Keliling Kebumen 2019

    Yang ingin Saya ceritakan adalah pengalaman membayar pajak kendaraan bermotor roda 2 di Polsek Prembun, namun sebenarnya untuk proses pembayaran pajak kendaraan roda 4 juga sama saja.

    Sebagai catatan, yang bisa dilakukan pembayaran di Polsek Prembun hanya pajak tahunan, baik itu motor maupun mobil, untuk pajak 5 tahunan (cek fisik, ganti plat, balik nama, dll) harus dilakukan di Samsat Kebumen ya Teman-Teman.

    Karena bebarengan dengan pembayaran pajak kemarin, di Polsek Prembun, ada orang yang mau bayar pajak 5 tahunan sudah antri lama dan ternyata di tolak oleh petugasnya, kemudian di arahkan untuk melakukan pembayaran pajak 5 tahunan di Samsat Kebumen.

    Berikut langkah-langkah untuk melakukan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor di Polsek Prembun.
    1. Datang ke Polsek Prembun, ini pasti donk, mau bayar pajak harus datang, kalau tidak datang tidak di layani, kasian petugasnya hehe oiya, datang Hari Senin jam 8.00 kalau bisa ya, walaupun sebenarnya buka jam 8.30, karena banyak yang antri. Jadwal nya adalah Senin di Polsek Prembun dan Jumat di Pasar Prembun jam 8.30.
    2. Ambil antrian, begitu datang biasanya langsung disamperin oleh orang (bukan berseragam petugas) dan ditanya mau bayar pajak apa enggak, dan akan diberikan antrian kalau kita memang mau bayar pajak. Kalau sampai sana tidak disamperin, cari aja orangnya, bisa tanya ke orang yang sudah di sana, ambil antrian dimana, jangan sampai kita datang duluan karena tidak ambil antrian, kita akan dilewati begitu saja.
    3. Kalau petugas sudah datang dengan mengendarai mobil Samsat Keliling, tunggu sampai petugas siap, dan antri sesuai nomor antrian.
    4. Jika sudah pada antrian kita, serahkan STNK tahun lalu dan KTP/SIM/identitas lain, kemudian antri lagi (tapi jangan jauh dari mobil Samsat Keliling), nanti dipanggil lagi untuk melakukan pembayaran. Siapkan uang sejumlah sama dengan tahun sebelumnya (lihat di STNK) ada nominal pembayaran tahun lalu.
    5. Setelah membayar, tunggu lagi, sampai dengan diverifikasi dan ditandatangani oleh petugas di STNK kita, setelah selesai nama sesuai STNK akan di panggil untuk diserahkan ke kita bahwa pembayaran STNK sudah selesai.
    6. Jangan lupa untuk di cek nama pada STNK, takutnya ketuker atau bagaimana, cek juga kembalian uang jika ada kembalian, karena saat Saya membayar sempat ramai antara petugas dengan orang yang mau bayar STNK gara-gara ketlisut uangnya.
    7. Kurang lebih dari di panggil pertama sampai dengan diserahkan ke kita STNK yang baru sekitar 15 menit, tidak lama koq Teman-Teman. Gitu saja prosesnya dan Selesai
    Tips penting mungkin bisa jadi pertimbangan, biasanya pembayaran dari orang-orang yang antri awal akan selesai dalam 2 jam an, kurang lebih jam 10.30 sudah longgar, jadi kalau Teman-Teman mau bayar tanpa antrian banyak, usahakan datang sepagi mungkin atau sekitar jam 10.30.

    Seperti itu sharing tentang tata cara bayar pajak di Polsek Prembun Samsat Keliling. Jangan lupa selalu bayar pajak tepat waktu, dijalan nyaman, tidak was-was ditilang Polisi dan kita juga sudah menyumbang ke Negara untuk digunakan sebagai pembangunan Negara.

    Ayo taat Pajak..!!

    Salam,
    Syaffi


    Kotak Penelusuran




    Comments