-->

√√ Setelah Ganti Tabung Gas LPG Kompor Susah Nyala? INI SOLUSINYA

Daftar isi [Tutup]



    Setelah Ganti Tabung Gas LPG Kompor Susah Nyala? INI SOLUSINYA - Halo Teman-Teman, hanya sharing saja dari Admin kepada Teman-Teman tentang masalah yang mungkin sering di alami Bu Ibu atau Pak Bapak :D, yaitu ketika selesai mengganti tabung gas LPG kemudian ketika kompor mau dinyalakan tidak bisa nyala.

    Akhirnya ketika mau masak terganggu bukan?

    Wanita Memasak Menggunakan Gas LPG
    Sumber Pexels

    Beberapa masalah Kompor tidak menyala

    Berikut akan Admin jelaskan beberapa kemungkinan yang menyebabkan Kompor Gas Teman-Teman tidak menyala :
    1. Apakah gas di Tabung Gas LPG ada?

      Hal yang utama yang perlu kita cek kenapa kompor susah menyala ketika selesai mengganti tabung gas LPG adalah apakah gas yang ada di dalam tabung benar-benar masih ada atau tidak.

      Karena jika tidak ada ya pasti tidak bisa nyala kompor Teman-Teman.

      Untuk mengeceknya Teman-Teman bisa melihat indikator tekanan yang ada di regulator (jika regulator Teman-Teman ada pressure indikatornya).
      1_Tekanan_gas_masih_ada_di_Regulator_gas_LPG

      Sumber Shopee Ahim Shop

      Jika tidak ada indikatornya, Teman-Teman bisa dengan cara regulator di pasang dan dengarkan ada suara ngowos atau tidak. Jika terdengar suara gas mengalir berarti masih ada.

      Atau bisa juga dengan cara mengangkatnya, bandingkan saat tadi Teman-Teman mengangkat tabung gas kosong dengan tabung gas saat ini, jika rasanya tidak berat kemungkinan besar gas tidak ada, namun ini subjektif sekali si tidak bisa menjadi patokan utama.

      Jadi pastikan gas di dalam tabung gas LPG nya masih ada ya.

    2. Apakah regulator terpasang dengan benar?

      Barangkali saat memasang ujung knob yang akan menekan tabung ketutup oleh seal dari karetnya. Bisa saja, Admin juga kadang mengalami hal ini.
      2_Pengunci_Regulator_gas_LPG
      Sumber Shopee Ahim Shop

      Selain itu, jangan-jangan pengunci regulator belum turun ke bawah (belum sempurna) sehingga gas yang ada di dalam tabung tidak bisa keluar. Ujung tabung tidak bisa tertekan. 

      Posisi yang benar adalah regulator terpasang sempurna dan pengunci turun serta tidak goyang berlebihan, serta kuat.

    3. Pengaman tekanan (gotri) menutup saluran/selang gas ke Kompor

      Nah ini yang sesuai dengan judul postingan ini sebenarnya, yaitu ketika permasalahan nomor 1 dan 2 terselesaikan namun tidak bisa menyala juga kompornya, kemungkinan permasalahan ini yang sedang Teman-Teman alami.

      Hal ini biasanya tidak kita sadari.

      Kenapa bisa terjadi? Sebenarnya ini merupakan keamanan dari si regulator tersebut, baik regulator mahal atau murah biasanya ada pengaman jenis ini.
      3_Posisi_gotri_pengunci_tabung_gas_LPG
      Sumber Shopee Ahim Shop

      Jadi, pengaman dari gotri (bola kecil dari besi) ini akan bekerja ketika ada perbedaan tekanan yang tiba-tiba dan berlebih antara sisi dalam tabung dengan luar, yang mengakibatkan gotri ini akan bergerak keluar yang akhirnya menutup jalan gas dari tabung ke kompor.

      Geraknya ini masih di dalam regulatornya ya, tidak sampai hingga ke selang fleksibelnya. Cara untuk mengatasinya/solusinya di bawah ini akan Admin jelaskan lengkap.

    Permasalahan Gas LPG tidak Mengalir karena Pengaman Gotri (bola Besi Kecil) pada Regulator

    Kompor tidak nyala dikarenakan tidak adanya gas yang mengalir dari Tabung Gas LPG ke kompor melalui selang. Hal ini karena adanya gotri (sistem pengaman) di dalam ujung regulator sebelum selang, untuk mengatasinya cukup mudah, lakukan langkah berikut :
    1. Ketok (pukul) pelan 3-5 kali ujung Regulator Tabung Gas LPG yang menuju selang kompor menggunakan kayu / batu, ingat mengetoknya pakai perasaan ya, jangan sampai terlalu keras, takutnya lepas hehe
      4_Pukul_di_ujung_Regulator_gas_LPG
      Sumber Shopee Ahim Shop

    2. Silakan coba nyalakan kompor, dengarkan sesaat sebelum kompor bunyi ceklek akan ada bunyi gas ngowos (artinya gas sudah mengalir) dan ternyata kompor bisa nyala donk
    3. Jika kompor masih belum bisa nyala, ulangi langkah nomor 1 dengan benar dan pakai perasaan

    Penutup

    Bagaimana, cukup mudah bukan?

    Jika ada kendala dalam Tabung Gas LPG Teman-Teman silakan tuliskan di kolom komentar ya.

    Atau mungkin teman-teman punya trik atau tips tersendiri jika mengalami permasalahan serupa? bisa share dengan komentar di bawah yaa.

    Sekiranya informasi ini bermanfaat dan menurut Teman-Teman orang lain di luar sana perlu mengetahui hal ini, bisa minta tolong di share di socmed kalian ya? Di Grup-Grup WA mungkin hehe. Terimakasih

    Semoga Bermanfaat
    Salam,
    Syaffi





    Comments