--> ▷▷ Cara Kirim File Lewat Google Drive -->

▷▷ Cara Kirim File Lewat Google Drive


Daftar isi [Tutup]
    Advertisement
     
    Cara Kirim File Lewat Google Drive

    Bagaimana cara kirim file lewat GOOGLE DRIVE? Di artikel ini akan dijelaskan langkah mudah untuk mengirimakan file berupa foto, video, atau dokumen lainnya dengan menggunakan layanan Google Drive.

    Dengan menggunakan Google Drive, kita diberikan keleluasaan untuk mengirimkan file dengan format apapun, kalau file dalam jumlah banyak sebaiknya di buat jadi ZIP atau RAR dahulu ya Teman-Teman.

    Batasan ukuran file juga tidak dibatasi ya, selama penyimpanan Google Drive Kalian masih ada.

    Karena file yang kita kirimkan tersebut, akan di jadikan attachment dalam email. Ada cara lain sebenarnya tanpa melalui email, kita bisa mengirimkan URL File tersebut di Drive, sehingga orang lain yang kita kirim bisa mengambilnya langsung di Drive.

    Penjelasan Cara Kirim File melalui Google Drive

    Berikut adalah langkah-langkah untuk mengirim file melalui Google Drive:

    1. Buka Google Drive dan login ke akun Google Anda.
    2. Pilih file yang ingin Anda kirim. Anda dapat memilih satu atau beberapa file sekaligus.
    3. Klik kanan pada file yang dipilih dan pilih opsi "Bagikan".
    4. Jendela pop-up akan muncul. Pada opsi "Orang" atau "Email", masukkan alamat email penerima atau penerima yang ingin Anda kirimkan file tersebut. Anda dapat memilih pengaturan lainnya sesuai dengan preferensi Anda, misalnya memilih opsi "Teman" atau "Siapa pun yang memiliki tautan".
    5. Anda juga dapat menambahkan pesan atau catatan tambahan pada opsi "Tambahkan pesan" jika diperlukan.
    6. Periksa kembali pengaturan untuk memastikan semuanya telah diatur dengan benar.
    7. Terakhir, klik "Kirim" dan file akan terkirim melalui Google Drive ke penerima yang Anda pilih.

    Alternatifnya, Anda juga dapat membuat tautan berbagi yang dapat Anda salin dan kirimkan ke penerima yang Anda inginkan.

    Langkah-langkahnya hampir sama, yaitu Anda perlu memilih file yang ingin Anda bagikan, klik kanan, pilih "Bagikan", lalu pilih opsi "Buat tautan". 

    Setelah itu, salin tautan tersebut dan kirimkan ke penerima yang Anda inginkan melalui email atau pesan lainnya.

    Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengirim file melalui Google Drive dan membagikannya dengan orang lain..

    Bagaimana Cara Kirim File Lewat Google Drive

    Secara singkat, cara untuk mengirimkan file melalui Drive yaitu dengan mengupload File tersebut ke Drive, kemudian Link atau URL file tersebut dikirimkan ke orang lain lalu bisa di download.

    Di artikel ini Admin akan menunjukkan bagaimana mengirimkan file melalui Drive dan dijadikan attachment pada email dan juga dengan mengirimkan melalui link Drive dengan sebelumnya kita meletakkan dahulu file yang akan dikirim pada Google Drive kita.

    1. Cara Kirim File melalui GDrive di Email

    Cara kirim file lewat Google Drive di laptop dengan menggunakan email bisa kita lakukan dengan mudah. 

    Berikut cara lengkap dalam mengirimkan file melalui Google Drive dengan mudah pada email :

    • Buka alamat mail.google.com;
    • Selanjutnya silakan buat email atau compose;
    • Jangan lupa lengkapi alamat email, subjek beserta isi email;
    • Selanjutnya untuk menambahkan attachment berupa file yang kita kirim melalui Google Drive yaitu dengan cara klik icon Google Drive, kalau di kursor diarahkan ke icon tersebut akan tampil keterangan Insert Files Using Drive;
    • Kemudian cari file yang akan Teman-Teman menggunakan Drive (bisa berupa File yang sudah diupload sebelumnya di Drive, atau pilihan lain misalnya dengan Upload terlebih dahulu dari Komputer/Laptop Kalian);
    • Kemudian pilih insert, jangan lupa pada bagian kanan bawah ada pilihan insert as, silakan pilih salah satu ya Teman-Teman,

      Pilihan insert as Drive link yaitu akan menambahkan link Google Drive dari file tersebut, kemudian kalau insert as Attachment maka akan dijadikan lampiran pada email Kalian,

      Kalau Admin sih lebih suka mengirimkan sebagai attachment, karena file Drive tersebut akan tampil layaknya attachment pada email seperti biasanya;
    • Setelah semua email lengkap maka tinggal kirim deh dan pastikan penerimanya mendapatkan email yang Kalian kirim dan bisa mendownloadnya ya.
    Lebih jelas dari apa yang Admin tuliskan ini akan coba Admin buatkan video tutorialnya dan diupload pada Channel YouTube Admin dari hasil screen capture Laptop Admin. 

    2. Mengirimkan File melalui GDrive dengan URL Download

    Cara selanjutnya ini yaitu dengan mengirimkan ke orang lain dari link / URL file kita di Google Drive, sehingga ketika orang lain klik URL tersebut akan menuju ke File yang sudah kita share.

    Pastikan file tersebut sudah diatur supaya orang lain bisa melihat atau mengambilnya.

    Kalau belum diatur seperti itu maka si penerima atau orang lain yang membuka link tersebut tidak akan mendapatkan file tersebut dan perlu meminta ijin atau permission agar diperbolehkan mengakses file tersebut di Google Drive.

    Selengkapnya berikut tutorialnya untuk mengirimakn file melalui Google Drive dengan membagikan link/URL dari file tersebut di Drive :

    • Silakan Teman-Teman buka Google Drive;
    • Login ke akun Google Kalian atau email Google Kalian ya kalau belum;
    • Selanjutnya silakan klik Baru pada kiri atas layar;
    • Kemudian upload File atau Upload Folder atau bisa juga buat folder dahulu di Drive;
    • Misalnya kita pilih upload file, maka akan membuka jendela Explorer dan kita diminta untuk mencari file yang akan dishare;
    • Tunggu proses upload hingga selesai, pastikan sudah terupload sempurna di Drive ya;
    • Selanjutnya adalah klik kanan pada file tersebut pada Google Drive;
    • Kemudian pilih Dapatkan Link;
    • Selanjutnya atur dulu pembatasannya, bisa hanya orang tertentu atau siapapun yang memiliki link tersebut,

      Kalau diatur siapapun, maka Kalian tidak perlu login ke GMAIL kalau mau mengunduh file tersebut,

      Kemudian kalau diatur hanya orang tertentu maka ketika link tersebut di klik maka akan meminta login GMAIL dan kalau belum dikasih akses maka diminta untuk ijin dulu ke yang punya file, kalau sudah disetujui maka baru bisa deh mengambil file tersebut;
    • Kalau sudah diatur semuanya silakan tinggal copy link dan bagikan ke orang lain;
    • Selain dengan cara Dapatkan Link ketika klik kanan file pada Drive, Kalian juga bisa dengan memilih Bagikan, namun perlu menambahkan email yang akan dijadikan penerima dari File tersebut, sebenarnya hampir sama saja ketika Kalian set penerimanya adalah orang tertentu.
    Lagi - lagi Admin merekomendasikan untuk melihat tutorialnya dalam bentuk video, supaya lebih jelas dan dipahami oleh Teman-Teman semuanya.

    Penutup

    Demikian Teman-Teman tutorial kirim file lewat Google Drive yang bisa Admin bagikan. Semoga dengan 2 tutorial diatas, bisa memberikan pengetahuan dan nilai tambah untuk Kalian semuanya.

    Sudah dilengkapi video tutorial juga supaya Kalian mempunyai gambaran yang komplit tentang tutorial mengirimkan file melalui Drive ini.

    Semoga membantu dan bermanfaat untuk semuanya.


    Artikel Populer dan Iklan



    Dapatkan Artikel Terbaru Via Email


    Comments