--> ▷▷ Cara Menggunakan Team Viewer PC ke PC -->

▷▷ Cara Menggunakan Team Viewer PC ke PC


Daftar isi [Tutup]
    Advertisement
     
    ilustrasi menggunakan Teamviewer untuk remote PC

    Berikut ini tips Cara Menggunakan Team Viewer PC ke PC. Penggunaan remote PC sekarang ini sangat umum terjadi. Karena banyak para pekerja yang melakukan pekerjaan dari jarak jauh, kemudian PC atau komputer kerja di kantor selalu standby.

    Sehingga kita bisa menggunakan remote PC salah satunya yaitu Team Viewer.

    Aplikasi ini mungkin mulai banyak yang tahu, karena bagi para penggemar sepakbola, kemungkinan besar pernah melihat logo Teamviewer di Jersey Mancehester United.

    Pada tutorial ini akan Admin tunjukkan bagaimana cara untuk menggunakan TeamViewer secara untuk remote PC ke PC. 

    Sekilas tentang Teamviewer

    Team viewer merupakan sebuah aplikasi remote PC (bahkan bisa remote Android) dimana kita bisa mengoperasikan perangkat lain ditempat yang jauh dengan menggunakan jaringan (bisa internet, bisa intranet/LAN).

    Dengan menggunakan Teamviewer ini, dimungkinkan untuk mengedit, menambah, mengoperasikan komputer lain seperti kita mengoperasikan PC yang ada di hadapan kita, dengan kata lain apa yang bisa kita lakukan dengan PC kita, dapat kita lakukan dengan jarak jauh.

    Teamviewer ini semakin populer ketika pandemi melanda dunia, dimana banyak sekali orang yang bekerja dari rumah. Walaupun dari rumah kita masih bisa mengoperasikan (remote) PC yang ada di kantor atau di lapangan selama masih ada jaringan.

    Cara Memanfaatkan Teamviewer untuk Remote PC ke PC

    Untuk kita menggunakan Team Viewer dari PC ke PC, bisa menggunakan 2 cara. Di sini Admin akan membagi kedalam cara penggunaan dengan intranet dan internet.

    1. Remote PC Teamviewer di Jaringan Intranet (LAN)

    Sebagai informasi, kita bisa menggunakan Teamviewer ini secara gratis lho. Kalau diarahkan untuk mendaftar, silakan daftarkan saja dengan email yang Kalian punya.

    Namun ya itu, terbatas biasanya waktu yang bisa kita gunakan untuk remote PC di lain tempat.

    Baiklah, berikut cara untuk remote dari PC ke PC dengan memanfaatkan jaringan LAN pada aplikasi Teamviewer :

    1. Terlebih dahulu Teman-Teman harus download Teamviewer di 2 PC yaitu PC yang akan di-remote dan yang digunakan untuk me-remote, silakan download melalui link resmi Download Teamviewer;

    2. Lakukan instalasi hingga selesai Teamviewer tersebut, jangan lupa untuk download Teamviewernya disesuaikan dengan berapa bit versi OS Kalian, biasanya sih 64 bit;

    3. Pada PC yang akan di-remote (PC ditempat lain namun masih 1 jaringan LAN), silakan buka CMD (command prompt) untuk mengetahui berapa sih alamat IP (internet protocol) dari PC tersebut.

      Setelah CMD terbuka, silakan ketik perintah ipconfig lalu enter, maka akan keluar IPV4, nah alamat IP itu yang akan kita masukkan di kotak Partner ID di aplikasi Teamviewer;

    4. Selanjutnya Kalian buka aplikasi Teamviewer pada PC yang akan digunakan untuk me-remote dan masukkan IPV4 tersebut pada kotak partner ID;

    5. Daaan, Kalian sudah bisa melihat PC di ruangan sebelah atau di tempat lain yang pokoknya masih di jaringan LAN yang sama, dan Teman-Teman juga bisa melakukan kegiatan seperti PC tersebut sedang di depan Kalian.
    Cara remote PC di jaringan LAN yang sama ini bisa Kalian manfaatkan untuk remote PC di kantor yang sama atau diarea 1 sekolah.

    Karena Admin juga sering memanfaatkan hal ini untuk remote PC di meja yang lain, karena PC di meja lain tersebut yang tersedia scanner dan Admin ketika ambil file hasil scan tersebut dengan memanfaatkan Teamviewer.

    Caranya tinggal buka aplikasi Teamviewer, masukkan alamat IP lalu Admin bisa copy file tersebut dan paste di PC Admin. Seketika file hasil scan tersebut sudah ada di Folder PC Admin.

    2. Meremote PC dengan Teamviewer di Jaringan Internet


    Selanjutnya Admin akan jelaskan bagaimana sih cara untuk me-remote PC yang jauh ditempat lain (bisa beda jaringan, beda kabupaten, beda negara #halah wkwk) yang penting syarat utama kedua PC ada jaringan internet aktif.

    Berikut adalah tutorial cara meremote PC dengan TeamViewer di jaringan internet:

    • Pertama, pastikan kedua komputer yang ingin dihubungkan telah terpasang aplikasi TeamViewer dan terhubung ke internet.
    • Di komputer yang akan dijadikan host (sumber) untuk remote, jalankan aplikasi TeamViewer dan catat ID dan password yang ditampilkan di jendela aplikasi.
    • Di komputer yang akan digunakan untuk melakukan remote (target), jalankan aplikasi TeamViewer dan masukkan ID komputer host ke kolom "Partner ID" di jendela aplikasi.
    • Klik tombol "Connect to partner" untuk menghubungkan kedua komputer.
    • Setelah koneksi terjalin, masukkan password yang telah ditetapkan di komputer host untuk mengakses komputer tersebut.
    • Setelah berhasil terhubung, Anda dapat mengontrol komputer host dari komputer target.
    • Untuk mengakhiri sesi remote, klik tombol "X" di sudut kanan atas jendela TeamViewer pada kedua komputer.
    • Jangan lupa untuk keluar dari aplikasi TeamViewer di kedua komputer setelah selesai menggunakan remote.
    Dalam melakukan remote dengan TeamViewer di jaringan internet, pastikan bahwa koneksi internet pada kedua komputer memadai dan stabil agar tidak terjadi gangguan atau putus-putus saat melakukan remote. 

    Selain itu, pastikan juga bahwa aplikasi TeamViewer yang digunakan di kedua komputer adalah versi yang sama atau terbaru agar terhindar dari masalah kompatibilitas.

    Penutup

    Demikian Teman-Teman cara untuk memanfaatkan Teamviewer untuk remote PC ke PC yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat dan membantu kalian ya.


    Artikel Populer dan Iklan



    Dapatkan Artikel Terbaru Via Email


    Comments