--> ✓✓Bolehkah Memiliki Alamat Email Lebih dari Satu? Jawabannya Boleh dan Bisa, simak penjelasan serta tips menarik di artikel ini ya. -->

✓✓Bolehkah Memiliki Alamat Email Lebih dari Satu?


Daftar isi [Tutup]
     
    bolehkah memiliki alamat email lebih dari satu

    Bolehkah memiliki alamat email lebih dari satu? Jawabannya boleh dan bisa. Namun perlu diperhatikan juga ya keinginan Teman-Teman untuk membuat akun untuk apa.

    Lebih baik buat email secukupnya saja agar pengelolaannya mudah.

    Akun email yang kita buat, baik itu menggunakan Google, Yahoo atau situs penyedia email lainnya sebaiknya agar membantu kita dalam memanfaatkannya.

    Jangan sampai banyak akun dan malah membuat celah keamanan dari HP, atau akun kita menjadi rawan.

    Penggunaan Email

    Email ini cukup penting ya menurut Admin, kenapa demikian?

    Karena hampir setiap Kalian daftar untuk akun tertentu, hampir semuanya menggunakan opsi dengan memasukkan email.

    Apalagi kalau Teman-Teman sudah bekerja, email ini masih menjadi salah satu andalah berkomunikasi yang resmi atau semi resmi.

    Dari email ini pula, bisa kita jadikan sebagai bukti atau evidence yang cukup kuat ketika terdapat hal-hal penting yang melatarbelakangi adanya email tersebut.

    Kalau Teman-Teman sudah bekerja mungkin akan lebih memahami fungsinya dari akun email ini, karena mudah oleh atasan untuk memberikan perintah "Mas tolong materi presentasinya diemail ya!".

    Membuat Email

    Untuk mempunyai akun email, kita bisa membuatnya dengan berbagai metode, misalnya saja dengan Komputer atau Laptop, silakan baca artikel Admin sebelumnya tentang Cara Membuat Email dari Komputer.

    Kemudian dengan menggunakan HP pun kita bisa dengan mudah daftar email, simak di artikel sebelumnya di Cara Buat Email dari HP.
    bolehkah memiliki alamat email lebih dari satu

    1 HP bisa mempunyai dan login banyak akun sekaligus, bahkan di HP Admin ada 3 akun Google dan 1 Yahoo. Untuk login lebih dari satu akun di HP simak di artikel Admin sebelumnya di Cara mudah tambah akun email di Gmail lewat Smartphone.

    Membuat akun email saat ini pun sudah cukup mudah, bahkan oleh pemula sekaligus. Karena panduannya pun mudah serta langkah-langkahnya pun mudah dipahami.

    Kalau pengalaman dulu saat tahun 2008, masih sangat sulit untuk mencari akses internet, kalau tidak ada warnet ya susah, cara daftarnya seingat Admin cukup ribet. Setidaknya itu yang dulu pernah Admin alami. "Berasa sudah berumur ya hehe"

    Alasan Sebaiknya Memiliki lebih dari 1 Akun Email

    Alamat email yang kita punyai sebaiknya lebih dari satu, karena akan membuat fleksibilitas penggunaannya mudah.

    Tidak pula terlalu kebanyakan akun ya.
    Setidaknya pisahkan email untuk pribadi dan untuk pekerjaan.
    Hal ini pernah Admin rasakan, dimana email menumpuk, penyimpanan Google pun penuh, karena banyaknya email pekerjaan yang lampirannya berukuran jumbo.
    bolehkah memiliki alamat email lebih dari satu

    Apa saja poin-poin penting butuh banyak akun email :
    • Email Untuk Kegiatan Internet
    Kita pun akan lebih mudah dalam menggunakan email untuk kegiatan blogwalking atau kegiatan internet lainnya seperti social media.

    Karena seringkali ketika meninggalkan jejak di komentar blog, alamat email tersebut jadi sasaran marketing dengan email blasting dari pengelola websitenya.


    Kalau dicampur-campur bisa jadi banyak spam yang masuk. Ibaratnya kita korbankan 1 email khusus untuk menerima spam dan untuk blogwalking atau tujuan lain yang sifatnya "bodo amat kalau email banyak spam".
    • Email untuk Perbankan
    Email untuk hal-hal secure gunakan yang lain, misalnya untuk akun pembayaran digital, dompet digital, atau bahkan email untuk kartu kredit, untuk perbankan pisahkan sendiri ya.

    Karena di email itu menyangkut uang dan privasi, maka sebaiknya gunakan keamanan ganda.
    • Email untuk Bisnis
    Apalagi kalau Teman-Teman mempunyai email bisnis, yang mengelola bisnis dan ada akun email yang tujuannya untuk kontak bisnis, sebaiknya gunakan email sendiri.

    Punya banyak akun email juga akan menentukan kapan reaksi cepat terhadap email yang masuk.
    • Prioritas
    Sebagai contoh, email untuk bisnis atau pekerjaan adalah prioritas 1, kemudian email pribadi prioritas selanjutnya dan yang terakhir email untuk social media, mailing list dan sejenisnya dengan prioritas terakhir.

    Prioritas ini tentu tidak akan sama bagi setiap orang ya. Misalnya saja kalau Kalian adalah influencer, maka akan lebih baik prioritas utamanya adalah email social media Kalian.
    • Syarat Buat Email Secara Umum
    Mempunyai banyak akun sangat mudah, persyaratannya pun mudah saja. 

    Secara umum yang diperlukan dalam membuat email yang banyak hanyalah internet dan nomor HP.

    Bahkan untuk nomor HP sendiri sifatnya opsional, tidak menjadi kewajiban, namun sekarang ini kebanyakan sangat direkomendasikan perlu disiapkan nomor HP agar keamanan akun email Kalian bertambah.

    Tips

    Beberapa tips dan saran berikut ini mungkin bisa membantu Teman-Teman dalam mengelola alamat email :
    bolehkah memiliki alamat email lebih dari satu
    1. Jaga Email
      Email bisa menjadi pintu masuk akun penting Kalian di internet, misalnya bisa melihat Google Drive, bahkan mungkin alamat yang pernah Kalian simpan.

      Bisa juga melihat kontak dan banyak pula akun social media yang perlu didaftarkan rata-rata menggunakan email.

      Jangan sampai akun email Kalian berpindah tangan ya.

      Bijaklah klik tautan atau link yang dikirimkan melalui email, kalau ragu itu link apa, sebaiknya jangan di klik.

      Beberapa waktu belakangan mungkin Kalian tahu sendiri, ada YouTuber dengan jumlah subscriber jutaan yang kehilangan channelnya, bisa jadi pintu masuknya dari Email Googlenya yang dikirimkan link yang seolah-olah mau bekerjasama.

      Namun yang terjadi malah kehilangan akun Gmail sekaligus Channel YouTube miliknya.

    2. Jumlah maksimal email di HP
      Sebenarnya tidak ada batasan yang pasti, yang penting HP Kalian masih mampu dalam menerima banyak email dan tidak hang, maka masih bisa menambah akun email di HP berapapun yang Teman-Teman inginkan.

    3. 1 Nomor HP bisa untuk banyak email
      Seperti yang Admin lakukan, 1 nomor HP bisa untuk 4 email sekaligus, yaitu 3 untuk Gmail dan 1 Yahoo dengan nomor yang sama.

      Lebih dari itu sebenarnya bisa saja.

      Silakan saja dicoba ya kalau mau.

    4. Satu akun Gmail untuk dua HP
      Jadi kalau Kalian mempunyai 5 HP, misalnya HP untuk orang tua, untuk anak, bisa saja koq login dan menggunakan 1 akun GMAIL saja.

      Boleh dan bisa saja, tidak dilarang.

      Admin sendiri mempunyai 2 HP dengan 1 akun GMAIL.

      Namun perlu diingat kelemahannya, yaitu rawan terjadi penyimpanan Google penuh, simak artikel sebelumnya tentang cara menghapus penyimpanan Google Drive agar tidak muncul notifikasi memori Google penuh.

    5. Tidak ada batasan membuat akun Google 
      Kalau Teman-Teman mau dan mungkin diluar sana ada yang bahkan membuat 1000 akun Gmail. Kalau menurut Admin sih buatlah akun Gmail seperlunya saja.

      3 akun saja cukup, misalnya 1 akun untuk pekerjaan, 1 akun untuk pribadi dan 1 akun lagi untuk social media.

    6. Rawat akun Gmail
      Jadi sebaiknya gunakan password yang unik, sangat unik dan susah ditebak orang.

      Lupakan cara-cara jadul dalam membuat kata sandi seperti nama diikuti 123, tanggal lahir, tanggal jadian.

      Saran Admin gunakan password generator, silakan searching di Google.

      Bagaimana cara mengingatnya? Harus dicatat donk, dan bedakan 1 atau 2 karakter dicatatan Kalian.

      Kemudian ganti password secara berkala, apalagi jika ada notifikasi email yang masuk dan menyebutkan adanya percobaan login. Sebaiknya untuk menjaga keamanan aktifkan verifikasi 2 langkah akun Google Kalian. 

    Penutup

    Saat ini untuk membuat email sangatlah mudah, namun dibalik kemudahan itu ada juga rawan disalahgunakan, sebaiknya gunakan opsi ini dengan baik.

    Lakukan pula beberapa saran dan tips yang telah Admin tuliskan di atas agar pengelolaan email Kalian lebih mudah.

    Demikian beberapa uraian yang cukup dari pertanyaan Teman-Teman mengenai bolehkah memiliki alamat email lebih dari satu? Semoga menjawab ya. Pesan Admin jaga email Kalian dan rawat dengan sebaik-baiknya.



    Tema Blogger SEO Friendly

    Template Blogger Terbaik


    Artikel Unggulan



    Hosting dan Domain MURAH




    Berlangganan Via Email

    Tulis Alamat Email


    Comments