-->

Cara Mengecek Konsumsi Data Terbanyak Pada Aplikasi di Windows 10

Daftar isi [Tutup]


    Halo Teman-Teman,

    Bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya.. Pada Postingan kali ini Admin mau berbagi tentang bagaimana sih kita tahu bahwa aplikasi tertentu menghabiskan sekian GB atau MB, sehingga akan tahu juga konsumsi Data terbanyak pada aplikasi apa pada Windows 10.
    Bentuk Chart

    Seperti yang kita tahu, mungkin bagi Teman-Teman mungkin abai atau kurang perhatian terhadap aplikasi yang menyumbang konsumsi terbanyak di Windows 10 dari mana saja, karena kemungkinan internet pada Komputer / Laptop biasanya terkoneksi ke intenet dengan WIFI yang mungkin dengan koneksi unlimited.

    Namun bagi Teman-Teman yang menggunakan laptop / komputer dengan mendapatkan akses internet dari hotspot HP / Tethering dari smartphone, mungkin perlu melakukan hal ini, yaitu melakukan pemantauan aplikasi mana saja yang harus di batasi penggunaan datanya, jadi biar tahu paket data sekian GB ketika untuk Tethering dipakai untuk aplikasi mana saja.


    Manfaat Monitoring Konsumsi Data

    Kita mendapatkan manfaatnya ketika paket internet di Smartphone / HP yang digunakan untuk Hotspot ke Laptop terbatas dan memang biasanya terbatas, sehingga tahu kapan Tethering di stop untuk menghemat data dan lain sebagainya.

    Kita juga akan tahu aplikasi di Windows 10 kita yang boros mana saja, yang memakai data paling banyak mana saja sehingga akan tahu kapa tidak menggunakan aplikasi itu dan analisa-analisa yang lain yang dibutuhkan.

    Dengan melakukan hal itu, kita juga akan tahu misalnya Teman kita sering download atau hanya browsing saja melalui browser atau malah main game online di laptop atau komputer.

    Di posting ini juga akan ditunjukkan bahwa Admin ketika menggunakan laptop Admin dipakai untuk apa saja sih? hehe


    Cara Monitor konsumsi Data pada Laptop / Komputer dengan OS Windows 10

    Untuk mengecek dan memonitor data yang dipakai aplikasi pada Windows 10 silakan Teman-Teman ikuti langkah-langkah berikut ini.

    1. Silakan Teman-Teman buka setting, bisa dengan klik kiri pada Start Menu dan Pilih Setting, atau bisa juga klik kanan pada Taskbar dan pilih setting
      Cara Mengecek Konsumsi Data Terbanyak Pada Aplikasi di Windows 10

    2. Selanjutnya pilih Network & Internet
      Cara Mengecek Konsumsi Data Terbanyak Pada Aplikasi di Windows 10

    3. Kemudian pilih Data Usage
      Cara Mengecek Konsumsi Data Terbanyak Pada Aplikasi di Windows 10

    4. Di sini bisa kita lihat konsumsi data selama 30 hari terakhir dari WIFI dan dari kabel Ethernet berapa MB atau GB. Yang bisa dilihat screenshoot ini adalah Laptop Admin menggunakan WIFI sebanyak 43,39 GB selama 30 hari terakhir.
      Cara Mengecek Konsumsi Data Terbanyak Pada Aplikasi di Windows 10

      Admin memakai WIFI saat bekerja di kantor dan juga saat ngeblog di rumah dengan Tethering dari HP, jadi konsumsi datanya nyampur ya Teman-Teman. Jika Teman-Teman full akses internet dari Hotspot HP bisa dipastikan juga konsumsinya laptop sekian GB, Teman-Teman bisa menentukan harus berhemat atau tetap di pakai seperti biasa data untuk Tethering ke Laptop/Komputer Teman-Teman.
    5. Selanjutnya Teman-Teman bisa memilih Usge Setting untuk mengetahui aplikasi mana saja yang menggunakan data terbanyak.
      Cara Mengecek Konsumsi Data Terbanyak Pada Aplikasi di Windows 10

      Di sini Admin menggunakan data terbanyak untuk aplikasi IDM, yang artinya Admin sering download hehe iya memang Admin sering download film ketika di rumah ya, karena di kantor nggak bisa seenaknya juga untuk bisa download film.

      Admin jadi tahu selama ini paket internet puluhan GB yang Admin beli ternyata habisnya kebanyakan untuk download film. Teman-Teman dengan melakukan cara ini pun jadi tahu ternyata Teman-Teman sering melakukan apa dengan WIFI pada laptop Teman-Teman.

      Kalau Admin sih selain download film, ternyata Admin sering membukan browser juga yang artinya cukup aktif di internet ya termasuk menulis di blog ini, kemudian karena adanya pandemi ini Admin juga sering bekerja menggunakan Zoom.

      Selain itu juga Admin sering menggunakan Teamviewer untuk keperluan Remote komputer di kantor ketika Admin Work From Home.

      Mungkin sekian analisa Admin terhadap penggunaan data Admin pada Laptop Admin selama 30 hari terakhir. Teman-Teman pun bisa melakukan analisa sederhana ini untuk mengetahui kegiatan apa saja dalam menggunakan laptop / komputer dengan Windows 10 
    Sekian Teman-Teman sharing kali ini mengenai cara mengecek konsumsi data untuk aplikasi apa saja  pada Windows 10 Teman-Teman. Jika ada temuan menarik dari aktifitas dalam menggunakan data pada Windows 10 Teman-Teman bisa juga donk di share di kolom komentar ya.


    Semoga Bermanfaat,
    Salam,
    Syaffi


    Kotak Penelusuran




    Comments