-->

Cara MENGHEMAT KUOTA INTERNET dengan Menonaktifkan Download Otomatis Whatsapp

Daftar isi [Tutup]


    Halo Teman-Teman,

    Kali ini mau berbagi tips lagi mengenai Whatsapp, yaitu mengenai Menghemat Kuota Seluler / Data Internet dengan mematikan fitur Download Otomatis pada aplikasi Whatsapp kita. Mungkin beberapa dari Teman-Teman membutuhkan hal ini.
    Wanita pegang smartphone

    Kenapa dapat Menghemat Kuota

    Dengan kita menonaktifkan fitur download otomatis pada foto, video, dokumen dan audio maka dapat menghemat kuota, karena dokumen-dokumen yang disebutkan tadi merupakan dokumen yang biasanya mempunyai ukuran kB yang besar.

    Ukuran yang besar ini seringkali tidak kita sadari, karena default pengaturan Whatsapp adalah dokumen-dokumen tersebut otomatis di download. Misalnya tahu-tahu di Grup ada yang mengirimkan video dengan durasi 10 menit, kalau download otomatisnya tidak dimatikan maka sudah berapa MB itu ukuran videonya, misalnya 15 MB, lumayan besar bukan?

    Kalau sehari ada yang kirim 10 video saja, maka dalam sehari konsumsi kuota selulernya sudah 150 MB, luar biasa menyedot kuota internet bukan?

    Apakah perlu menonaktifkan/mematikan Fitur Auto Download Whatsapp

    Kalau menurut Admin perlu kalau kuota internet Teman-Teman terbatas, biar awet dan bisa untuk kegiatan yang lain Admin rasa bahkan sangat perlu untuk menonaktifkan fitur ini.

    Selain itu juga dapat menghemat memory di internal HP kita, apalagi bagi Teman-Teman yang mempunyai HP dengan kapasitas memory yang tidak begitu besar, untuk menghindari data penuh dan membuat HP menjadi lemot maka perlu untuk menunda download dari media atau dokumen tadi.

    Hal lain menurut Admin kenapa kita perlu mengaktifkan fitur ini dan ini sangat Admin rekomendasikan bahkan untuk Teman-Teman yang mempunyai kuota internet unlimited atau dirumahnya sudah terpasang WIFI bahkan memory HP yang sudah ratusan GB adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak bisa kendalikan di dalam Grup Whatsapp.

    Hal - hal yang tidak bisa dikendalikan, biasanya di Grup Bapak-Bapak ini, misalnya ada anggota grup yang mengirimkan hal hal yang sensitif seperti mengirimkan gambar atau video yang tidak baik / tidak senonoh maka kita bisa menghindarinya. Jangan sampai juga karena kurang hati-hatinya, yang membuka anggota keluarga yang lain. Hati-hati ya Bapak-Bapak hehe

    Kalau memang sekiranya informasi yang ada di dalam Grup atau chat penting dari seseorang tidak bisa Teman-Teman lewatkan bahkan ketika mengirim media atau dokumen dan takut terjadi miss ketika ada yang mengirimkan pesan di Whatsapp bisa saja untuk tetap menggunakan fitur Auto Download Whatsapp. Risiko ditanggung sendiri ya Teman-Teman hehe

    Cara Cek apa Benar Whatsapp Memakan Banyak Kuota Internet

    Jika Teman-Teman kurang percaya masa sih Kuota Internet cepat habis gara-gara Download Otomatis Whatsapp diaktifkan. Untuk mengeceknya Teman - Teman bisa masuk ke menu setting, pilih Apps dan Manage Apps.

    Kemudian cari Whatsapp dan lihat pada Data Usage, disana akan tertulis dalam ukuran berapa MB data seluler yang terpakai oleh Whatsapp. Untuk lebih lengkapnya cara ini, kapan-kapan dibuatkan tutorialnya saja ya Teman-Teman, tentu di post lain hehe

    Bagaimana sih cara untuk menonaktifkan Download Otomatis Whatsapp

    Langsung saja ke inti dari post ini ya Teman-Teman, begini caranya untuk menonaktifkan Fitur Download Otomatis pada Aplikasi Whatsapp, ikuti langkah-langkahnya ya Teman-Teman.
    1. Buka Whatsapp seperti biasa dan masuk ke menu setting dengan tap titik tiga kanan atas
    2. Selanjutnya pilih menu Data and Storage Usage
    3. Kemudian pada Media auto Download tap pada pilihan When using mobile data
    4. Selanjutnya uncheck (ceklistnya dihilangkan) pada Photos, Audio, Video, Document lalu tap Ok dengan begitu ketika menggunakan Data Seluler tidak akan download otomatis dokumen atau media tersebut
    5. Masih pada menu Media Auto Download, sesuai saran Admin di atas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Admin sarankan untuk nonaktifkan autodownload ini saat koneksi menggunakan WIFI dan ketika Roaming, tap saja When Connected in WIFI dan When Roaming, lalu lakukan uncheck seperti pada poin 4.
    Selesai Teman-Teman, seperti itu sih saran Admin dan langkah-langkah dalam mematikan fitur download otomatis pada Wwhatsapp.

    Jika ada kesulitan silakan kirim komentar di bawah ya Teman-Teman
    Semoga Bermanfaat,
    Salam,
    Syaffi


    Kotak Penelusuran




    Comments