Daftar isi [Tampilkan]


Hai Teman-Teman,

Kali ini Admin mau share mengenai Tips dalam menggunakan Windows 10, yaitu cara menyembunyikan Taskbar. Kira-kira apakah Teman-Teman sudah tahu pengertian Taskbar pada Windows 10 belum? Mungkin ada yang sudah tahu dan ada yang belum tahu.
Women using White Laptop

Pengertian Taskbar Pada Windows 10

Teman-Teman pengguna Windows 10 atau Windows versi sebelumnya mungkin tidak asing lagi dengan bentuk atau tampilan dari Taskbar, namun mungkin tidak menyadarinya apa itu Taskbar, atau Taskbar itu yang mana.

Taskbar sendiri merupakan sebuah panel kumpulan dari Aplikasi-Aplikasi yang sedang aktid dan sedang digunakan oleh Teman-Teman. Namun tidak semua aplikasi yang aktif akan ditampilkan pada Taskbar dan juga tidak semua aplikasi tidak aktif tidak di tampilkan di Taskbar.

Bagimana ya Teman-Teman bingung ya dengan definisi di atas? hehe

Jadi, Aplikasi-Aplikasi yang sedang digunakan misalnya Ms Excel dan Ms Word akan ditampilkan dalam satu panel (biasanay di bawah layar), namun mungkin ada aplikasi yang tidak aktif ditampilkan di Taskbar juga karena dalam Taskbar ada menu atau pilihan Pin to Taskbar.

Untuk lebih jelasnya bisa di lihat pada screenshoot di bawah ini.


Manfaat Pin dan Unpin Aplikasi di Taskbar

Dengan kita melakukan Pin aplikasi pada Taskbar, maka akan meletakkan aplikasi pada Taskbar sehingga akan memudahkan kita untuk mencari aplikasi yang kita inginkan.

Yang di Pin biasanya Aplikasi yang biasa di pakai saja ya Teman-Teman, jadi biat Taskbarnya juga terlihat lebih bersih dan tentunya akan memudahkan kita dalam mencari aplikasi yang kita inginkan.

Misalnya nih Teman-Teman dalam bekerja sering menggunakan Microsoft Excel, maka untuk memudahkan Teman-Teman dalam membuka dan mengerjakan sesuatu dengan Ms Excel bisa langsung di Pin saja Ms Excel tersebut.

Misalnya juga Teman-Teman sering menggunakan Web Browser dari Google, yaitu Google Chrome bisa juga di Pin Google Chrome tersebut, jadi tidak terlalu lama mencari dulu melalui Start menu dan cari aplikasi scroll scroll ke bawah, karena akan lebih lama, sehingga pekerjaan Teman-Teman lebih efisien.

Unpin Aplikasi pada Taskbar artinya menghilangkan Aplikasi pada Taskbar saat aplikasi tersebut tidak aktif atau tidak sedang digunakan, sehingga akan membuat Taskbar lebih bersih dan tidak membingungkan Teman-Teman dalam mencari aplikasi yang biasa digunakan.

Pin dan Unpin Aplikasi pada Taskbar bisa Teman-Teman lakukan sesuai dengan keinginan dan disesuaikan juga dengan kebutuhan Teman-Teman dalam mengelola dan memanfaatkan aplikasi yang ada pada Windows Teman-Teman.

Cara Pin Aplikasi Pada Taskbar

Untuk cara Pin Aplikasi pada Taskbar juga mudah Teman-Teman, silakan ikuti langkah berikut ya Teman-Teman.

  1. Sebelumnya buka dulu aplikasi yang akan di Pin, sehingga aplikasi tersebut muncul dan aktif pada Taskbar, misalnya Admin mau Pin aplikasi Mozilla Firefox
  2. Kemudian klik kanan pada aplikasi tersebut di taskbar dan pilih Pin to Taskbar.
  3. Hasilnya bisa dilihat seperti pada screenshoot di bawah ini ya Teman-Teman, meskipun Mozilla Firefox tidak aktif (tidak sedang digunakan), icon Mozilla Firefox akan tetap di Taskbar.


Cara Unpin Aplikasi Pada Taskbar

Selanjutnya cara yang dapat Teman-Teman ikuti untuk melakukan Unpin Aplikasi dari Taskbar (Menyembunyikan aplikasi ketika tidak aktif atau tidak sedang digunakan).

  1. Langsung saja menuju ke Taskbar dan cari aplikasi mana yang akan dihilangkan dari Taskbar, disini misalnya Admin mau menghilangkan aplikasi Internet Explorer (karena sudah ada Web Browser yang lain).
  2. Klik kanan pada aplikasi yang akan di hilangkan dan pilih Unpin from Taskbar
  3. Selesai dan Aplikasi sudah hilang dari Taskbar


Cara Menyembunyikan Taskbar pada Windows 10

Selanjutnya adalah cara menyembunyikan Taskbar, hal ini mungkin tidak semua Teman-Teman setuju, karena memang ada yang setuju untuk menyembunyikan Taskbar dan ada juga yang tidak setuju (mungkin lebih banyak).

Karena dengan kita memunculkan Taskbar maka Teman-Teman akan mudah memonitor dan melihat aplikasi mana saja yang sedang aktif dan sedang digunakan, sehingga akan memudahkan kita dalam mengelola aplikasi tersebut.

Namun ada juga yang memang sengaja mau menyembunyikan aplikasi karena alasan tertentu, misalnya untuk menambah kesan yang luas dilayar komputer atau laptop Teman-Teman, atau dengan alasan yang lainnya.

Berikut caranya untuk menyembunyikan Taskbar Teman-Teman.

  1. Klik kanan pada Taskbar (pada area yang kosong ya Teman-Teman, jangan mengarah ke aplikasi tertentu) kemudian pilih Setting 
  2. Selanjutnya pilih ON pada pilihan automaticallu hide taskbar in desktop mode
  3. Lihat perbedaan setelah di ON kan, Taskbar akan tersembunyi beserta aplikasi-aplikasi yang sedang aktif.
Mudah bukan Teman-Teman cara menyembunyikan taskbar? Selanjutnya adalah cara memindahkan taskbar, apa dipindahkan? Cek selengkapnya di bawah ini.



Cara Memindahkan Taskbar pada Windows 10

Cara ini bisa digunakan Teman-Teman untuk memindahkan Taskbar yang mungkin biasanaya (default) berada di bawah layar, kemudian bisa dipindahkan di kana atau kiri atau atas layar.

Hal ini memang sesuai selera saja Teman-Teman, mana yang lebih Teman-Teman sukai dan mana yang lebih nyaman saja.

Namun trik ini juga bisa digunakan mungkin bagi Teman-Teman yang mengalami kendala dalam layarnya, misalnya ada piksel yang mati di bagian bawah layar, untuk mensiasatinya bisa dipindahkan di kanan atau kiri atau atas layar.

Berikut caranya untuk memindahkan Taskbar.

  1. Klik kanan pada Taskbar (pada area yang kosong ya Teman-Teman, jangan mengarah ke aplikasi tertentu) kemudian pilih Setting 
  2. Selanjutnya scroll ke bawah dan temukan Taskbar Location on Screen dan pilih sesuai keinginan Teman - Teman.
  3. Misalnya di sini Admin mau memindahkan Taskbar di atas layar, maka Admin pilih top, sehingga tampilan taskbar seperti di bawah ini.


Penutup

Sebenarnya ada banyak tindakan yang bisa dilakukan dengan Taskbar yang ada di Windows Teman-Teman, silakan bisa di explore sendiri dan disesuaikan dengan keinginan Teman-Teman.

Jika ada kendala dengan trik Taskbar di atas bisa komentar di bawah ya Teman-Teman.

Semoga Bermanfaat,
Salam,
Syaffi