Daftar isi [Tampilkan]


Halo Teman-Teman,

Pusing yak dengan pompa air yang tidak kunjung keluar air padahal sudah menyala lama, sudah operasi lama dan sekaligus sudah di pancing air juga tapi tetap tidak keluar air ya.

Beberapa masalah berikut ini mungkin terjadi dengan Pompa Air Teman-Teman, dan ini hanya sekedar sharing pengalaman saja, Ane bukan ahlinya pompa ya Teman-Teman, berdasarkan yang pernah Saya alami saja hehe

Langsung saja ya, mungkin berikut masalah-masalah yang sering timbul pada Pompa Air Teman-Teman :
  1. Kedalaman air tidak sesuai dengan Spesifikasi Pompa, Silakan cek ya Teman-Teman bagaimana spesifikasi dari Pompa Air nya, bisa di lihat pada Name Plate di Pompa Air nya atau bisa juga di lihat di manual book Pompa Air Teman-Teman.

    Biasanya dilihat pada Hs nya, yang Saya pahami Hs adalah ketinggian Hisap maksimal Pompa, artinya pompa tidak bisa bekerja maksimal bahkan tidak bisa bekerja sama sekali kalau Pipa hisap melebihi spesifikasi yang diminta dari Pompa Air tersebut.

    Di dalam Name Plate misalnya tertulis Hs : 9 m, maka kedalaman pipa maksimal adalah 9 meter, dan biasanya ada juga jarak optimal misalnya 6 meter, artinya dengan panjang pipa hisap 6 meter, sedotannya Pompa Air akan menjadi maksimum dan bekerja dengan maksimal.
    Gambar Pompa dan Name Plate Shimizu PS-116 BIT
    Solusinya jika kedalaman tidak sesuai yaitu dengan melihat pipa hisap yang dimasukkan, diangkat dan diukur panjangnya pipa hisap. Jika kedalaman air melebihi pipa hisap maksimal dari spesifikasi Pompa Air, maka solusi yang tepat adalah upgrade Pompa Air lebih besar, Pompa Air Semi Jet misalnya, biasanya kedalaman pipa Hisap untuk Sumur dangkal maksimal 9 meter dan kalau Semi Jet bisa sampai 11 meter.

    Silakan cari dan tanyakan ke Toko Pompa Air dan sebutkan kedalaman air yang akan di ambil, hal itu menentukan jenis Pompa Air yang aka di beli, tentunya siapkan uang lebih jika harus membeli Semi Jet Pump atau bahkan membeli Jet Pump, kisaran harga jika sumur dangkal sekitar 500k, jika semi Jet Pump sekitar 1000k dan kalau Jet Pump bisa mencapai 2000k. Itu harga estimasi ya Teman-Teman, kalau memang pengin tahu harga pasti ya ke Toko Pompa Air terdekat ya hehe
    .
    .
  2. Air tidak ada, ini juga kendala umum yang biasa di temui dan pernah Saya alami juga, terutama terjadi saat musim Kemarau ya Teman-Teman. Tidak jarang orang tidak menyadari bahwa air di dalam sumurnya tidak ada air, sehingga apa yang mau di sedot oleh Pompa Air kalau air tidak ada.

    Apalagi jika sumur yang ada Pompa Air kodisinya tertutup, lebih susah lagi kalau Sumurnya adalah Sumur Bor sehingga dengan ukuran pipa yang kecil tidak bisa di lihat dengan kasat mata.

    Untuk mengecek apakah di dalam Sumur terdapat air atau tidak, bisa cek langsung dengan melihat atau membuka penutup sumur, bisa gunakan senter untuk melihat apakah masih ada air atau tidak.

    Kemudian jika Sumurnya adalah sumur bor, maka bisa di cek dengan cara melepas pipa hisap yang ada, kemudian dengan seutas tali rafia misalnya, dengan di gantungkan batu/benda berat lainnya dengan ukuran yang sesuai, dimasukkan ke dalam sumur bor lalu di pastikan panjang tali tersebut sampai ke dasar sumur bor.

    Kalau sudah sampai di dasar suur bor bisa di angkat kembali, dan pelan-pelan di rasakan pakai tangan di panjang berapa ada air, tandai dan di ukur apakah sesuai dengan panjang pipa dari Pompa Air Teman-Teman.

    Kalau memang panjang pipa kurang bisa ditambah panjangnya, pastikan kedalaman hisap tidak melebihi dari kemampuan Pompa Air Teman-Teman, lihat penjelasan poin 1 untuk lebih lengkapnya.

    Solusi kalau tidak ada air ada air karena sumur dangkal yaitu dengan menambah kedalaman air, sampai keluar air, kalau memang dapatnya air lebih dalam lagi ya pastinya perlu menambah pipa lagi, balik lagi ke poin 1 kalau menambah pipa hisap ya Teman-Teman.
    .
    .
  3. Kebocoran Pipa Hisap, hal ini juga sering di alami ya Teman-Teman, karena kadangkala sambungan tidak sesuai sehingga kurang rapat, bisa mengakibatkan ada angin yang dihisap, otomatis kerja pompa tidak optimal atau bahkan bisa sampai tidak keluar air kalau bocornya pipa hisap besar.

    Solusi kalau pipa hisap bocor yaitu dengan menghindari dan kurangi jumlah sambungan untuk meminimalisir kemungkinan pipa hisap bocor, dan jika bocornya parah bisa diganti dengan pipa baru.

    Tips, gunakan pipa yang bermerek agar kualitas sambungan baik dan bebas bocor, karena pengalaman Saya sendiri pernah beli pipa dengan merk tidak terkenal akhirnya kualitasnya kurang, gampang bengkok atau tidak kuat, rawan pecah dan bocor deh jadinya. Mending mahal dikit tapi pompa bebas bocor-bocor, sesuaikan dengan budget juga ya Teman-Teman.
    .
    .
  4. Tusen Klep Rusak, Tusen Klep merupakan alat/klep untuk menjaga agar air tidak jatuh/turun ke dalam sumur. Biasanya di pasang pada bagian ujung pipa hisap. Tusen Klep Pompa Air bisa macet, biasanya pada per yang ada di dalam Tusen Klep sudah rusak sehingga proses buka tutup Tusen Klep tidak bisa normal.

    Untuk mengecek Tusen Klep bisa dilakukan dengan di tiup dan sedot tusen klep dari sisi Pompa Air, dengan sebelumnya di copot dulu tusen klepnya ya Teman-Teman. Jadi, kalau bisa di sedot artinya Tusen Klep bisa membuka kalau airnya di sedot oleh Pompa Air, kemudian jika di tiup tidak keluar angin, maka tusen klep tidak bocor airnya ketika Pompa Air dimatikan, sehingga air tetap ada di dalam pipa hisap ketika Pompa Air dalam keadaan OFF.

    Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan mungkin ada kotoran di Tusen Klep nya, jika memang rusak klepnya atau pernya maka cara ekstrem adalah dilepas saja per nya, biar dia buka tutup lebih mudah, saat buka tidak dihambat oleh per dan saat nutupnya memanfaatkan gaya grafitasi dari air sendiri.

    Kalau sudah rusak banget, solusinya harus diganti ya Teman-Teman, murah koq kemarin Saya juga mengalami kendala ini dan beli baru harga 15k. Beda Toko beda harga juga mungkin hehe
    .
    .
  5. Daya hisap Pompa Rendah, Hal ini bisa terjadi karena Seal Pompa rusak, seal ini terdapat antara motor dengan pompa dan merupakan isolasi agar tidak ada kebocoran air keluar melalui shaft/poros yang menghubungkan motor dengan pompa. Biasanya terjadi karena sudah life time atau umur pompa sudah tua.

    Untuk mengecek apakah daya pompa rendah bisa dilakukan dengan cara pompa dinyalakan dan lubang hisapnya ditutup dengan tangan kita, kalau sedotan kuat, tangan kita akan terasa seperti ketarik dengan keras.

    Kalau sudah kena masalah ini, solusinya adalah ke tukang pompa untuk diperbaiki, karena bisa jadi kumparan/belitan motor yang rusak juga yang mengakibatkan putaran motor kurang sesuai nominal awal saat kondisi masih normal.
    .
    .

  6. Ketinggian tandon air tidak sesuai spesifikasi Pompa, Hal ini bisa di lihat dari spesifikasi pompa sendiri, dimana sering mensyaratkan ketinggian maksumum tandon yang bisa di isi air, misalnya tinggi maksimal 20 meter, maka maksimal dari pompa ke tandon adalah 20 meter, apalagi kalau kondisi pipa berbelok-belok, tentu semakin berat kerja pompa.

    Saran nya yaitu ubah ketinggian tandon dari pompa agar sesuai dengan jarak ketinggian maksimum pompa, dan jika memungkin kan jangan banyak belokan, kalau ketinggian memang segitu artinya butuh pompa dengan kemampuan lebih alias upgrade pompa.
    .
    .

  7. Diameter pipa hisap tidak sesuai, hal ini juga bisa berpengaruh karena jika tidak sesuai akan mempengaruhi performa pompa tidak sesuai dnegan name plate nya. Misalnya pipa hisap terlalu besar dari spesifikasi yang diminta otomatis kerja pimpa tidak maksimal.

    Solusinya adalah baca lagi spesifikasi pompa dan permintaan pompa agar kerja pompa maksimal sesuai dengan kemampuan pompa tersebut.
Yang mana Teman-Teman kerusakan pada Pompa Air Teman-Teman, semoga sudah mendapatkan solusinya ya, dan air di rumah Teman-Teman tidak ada kendala lagi. Silakan sharing permasalahan yang pernah Teman-Teman alami dan solusinya apa sehingga bermanfaat bagi Teman-Teman yang lain.

Semoga bermanfaat ya,
Salam,
Syaffi