--> √√ Pompa Air atau Sanyo tidak Keluar Air, Mungkin ini Penyebab dan Solusinya mengatasinya. Simak lengkap penjelasan Admin di artikel ini ya -->

√√ Pompa Air tidak Keluar Air, Mungkin ini Penyebab dan Solusinya


Daftar isi [Tutup]
    Advertisement
      Pompa Air tidak Keluar Air, Mungkin ini beberapa Penyebab serta Solusinya - Halo Teman-Teman,

    Pompa air kalau kebanyakan orang bilang sering disebut dengan Sanyo, padahal Sanyo adalah sebuah Brand ya. Seperti layaknya Honda untuk sepeda motor. 

    Jadi nanti penggunaan kata Sanyo ataupun Pompa Air sama saja ya Teman-Teman hehe

    Soalnya agar mudah dimengerti saja.

    Pusing yak dengan pompa air / Sanyo yang tidak kunjung keluar air padahal sudah menyala lama, sudah operasi lama dan sekaligus sudah di pancing air juga tapi tetap tidak keluar air ya, lalu apa sih sebenarnya penyebab Sanyo tidak keluar air ini?

    Penyebab Sanyo tidak keluar air
    Sumber Pexels

    Beberapa masalah berikut ini mungkin terjadi dengan Pompa Air Teman-Teman, dan ini hanya sekedar sharing pengalaman saja, Admin bukan ahlinya pompa ya Teman-Teman, berdasarkan yang pernah Admin alami saja hehe

    80% masalah pompa / sanyo tidak keluar air yang Admin alami di bawah sudah pernah menimpa Admin.

    Penyebab dan Solusi Pompa Air atau Sanyo tidak keluar air

    Langsung saja ya, mungkin berikut masalah-masalah yang sering timbul pada Pompa Air Teman-Teman :
    1. Kedalaman air tidak sesuai dengan Spesifikasi Pompa
      Silakan cek ya Teman-Teman bagaimana spesifikasi dari Pompa Air nya, bisa di lihat pada Name Plate di Pompa Air nya atau bisa juga di lihat di manual book Pompa Air Teman-Teman.

      Biasanya pada kardus Box nya terdapat spesifikasi lengkap dari pompa air / sanyo kalian.

      Spesifikasi Pompa Air / Sanyo biasanya dilihat pada Hs nya, yang Admin pahami Hs adalah ketinggian Hisap maksimal Pompa, artinya pompa tidak bisa bekerja maksimal bahkan tidak bisa bekerja sama sekali kalau Pipa hisap melebihi spesifikasi yang diminta dari Pompa Air tersebut.

      Di dalam Name Plate misalnya tertulis Hs : 9 m, maka kedalaman pipa maksimal adalah 9 meter, dan biasanya ada juga jarak optimal misalnya 6 meter.

      Hal ini artinya dengan panjang pipa hisap 6 meter, sedotannya Pompa Air akan menjadi maksimum dan bekerja dengan maksimal.
      Gambar Pompa dan Name Plate Shimizu PS-116 BIT

      Solusinya jika kedalaman tidak sesuai yaitu dengan melihat pipa hisap yang dimasukkan, diangkat dan diukur panjangnya pipa hisap.

      Jika ternyata kedalaman air melebihi pipa hisap maksimal dari spesifikasi Pompa Air, maka solusi yang tepat adalah upgrade Pompa Air lebih besar.

      Pompa Air Semi Jet misalnya, biasanya kedalaman pipa Hisap untuk Sumur dangkal maksimal 9 meter dan kalau Semi Jet bisa sampai 11 meter.

      Silakan cari dan tanyakan ke Toko Pompa Air dan sebutkan kedalaman air yang akan di ambil, hal itu menentukan jenis Pompa Air yang akan di beli.

      Tentunya siapkan uang lebih jika harus membeli Semi Jet Pump atau bahkan membeli Jet Pump.

      Kisaran harga jika membeli pompa air / sanyo untuk sumur dangkal sekitar 500k, jika semi Jet Pump sekitar 1000k dan kalau Jet Pump bisa mencapai 2000k.

      Itu harga estimasi ya Teman-Teman, kalau memang ingin tahu harga pastinya ya ke Toko Pompa Air terdekat ya hehe
      .
      .
    2. Air tidak ada
      Hal ini juga kendala umum yang biasa di temui dan yang sering menjadi penyebab pompa air / sanyo tidak keluar air.

      Masalah ini juga pernah Admin alami juga, terutama terjadi saat musim Kemarau ya Teman-Teman.

      Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa air di dalam sumurnya tidak ada air, sehingga apa yang mau di sedot oleh Pompa Air kalau air tidak ada.

      Apalagi jika sumur yang ada Pompa Air kodisinya tertutup (airnya tidak kelihatan), lebih susah lagi kalau Sumurnya adalah Sumur Bor sehingga dengan ukuran pipa yang kecil tidak bisa di lihat dengan kasat mata.

      Untuk mengecek apakah di dalam Sumur terdapat air atau tidak, bisa cek langsung dengan melihat atau membuka penutup sumur, bisa gunakan senter untuk melihat apakah masih ada air atau tidak.

      Kemudian jika Sumurnya adalah sumur bor, maka bisa di cek dengan cara melepas pipa hisap yang ada.

      Kemudian dengan seutas tali rafia misalnya, gantungkan batu/benda berat lainnya dengan ukuran yang sesuai, dimasukkan ke dalam sumur bor lalu di pastikan panjang tali tersebut sampai ke dasar sumur bor.

      Kalau sudah sampai di dasar sumur bor bisa di angkat kembali, dan pelan-pelan di rasakan pakai tangan di panjang berapa ada air, tandai dan di ukur apakah sesuai dengan panjang pipa dari Pompa Air Teman-Teman.

      Kalau memang panjang pipa kurang bisa ditambah panjangnya, pastikan kedalaman hisap tidak melebihi dari kemampuan Pompa Air Teman-Teman, lihat penjelasan poin 1 untuk lebih lengkapnya.

      Solusi kalau tidak ada air ada air karena sumur dangkal yaitu dengan menambah kedalaman air, sampai keluar air, kalau memang dapatnya air lebih dalam lagi ya pastinya perlu menambah pipa lagi, balik lagi ke poin 1 kalau menambah pipa hisap ya Teman-Teman.

      Siapkan budget lagi jika harus upgrade Pompa Air/Sanyo kalian hehe
      .
      .
    3. Kebocoran Pipa Hisap
      Hal ini juga sering di alami ya Teman-Teman, karena kadangkala sambungan tidak sesuai sehingga kurang rapat, bisa mengakibatkan ada angin yang dihisap.

      Otomatis kerja pompa tidak optimal atau bahkan bisa sampai tidak keluar air kalau bocornya pipa hisap besar.

      Solusi kalau pipa hisap bocor yaitu dengan menghindari dan kurangi jumlah sambungan untuk meminimalisir kemungkinan pipa hisap bocor, dan jika bocornya parah bisa diganti dengan pipa baru.

      Tips, gunakan pipa yang bermerek agar kualitas sambungan baik dan bebas bocor, karena pengalaman Admin sendiri pernah beli pipa dengan merk tidak terkenal.

      Pada akhirnya kualitasnya kurang, gampang bengkok atau tidak kuat, rawan pecah dan bocor deh jadinya.

      Lebih baik beli pipa yang mahal dikit tapi bebas bocor-bocor, sesuaikan dengan budget juga ya Teman-Teman.
      .
      .
    4. Tusen Klep Rusak
      Tusen Klep merupakan alat/klep untuk menjaga agar air tidak jatuh/turun ke dalam sumur.

      Biasanya di pasang pada bagian ujung pipa hisap.

      Tusen Klep Pompa Air bisa macet, biasanya pada "per" atau pegas yang ada di dalam Tusen Klep sudah rusak sehingga proses buka tutup Tusen Klep tidak bisa normal.

      Untuk mengecek Tusen Klep bisa dilakukan dengan di tiup dan sedot tusen klep dari sisi Pompa Air, dengan sebelumnya di copot dulu tusen klepnya ya Teman-Teman.

      Jadi, kalau kita coba manual sedotan manusia bisa di sedot (tusen klep membuka) artinya Tusen Klep bisa membuka kalau airnya di sedot oleh Pompa Air, karena sedotan manusia saja bisa apalagi sedotan pompa yang notabene kekuatan sedotannya lebih besar.

      Kemudian jika di tiup tidak keluar angin, maka tusen klep tidak bocor airnya ketika Pompa Air dimatikan, sehingga air tetap ada di dalam pipa hisap ketika Pompa Air dalam keadaan OFF.

      Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan mungkin ada kotoran di Tusen Klep nya, jika memang rusak klepnya atau pernya maka cara ekstrem adalah dilepas saja per nya (tidak pakai per).

      Biar Tusen Klep bisa buka tutup lebih mudah, saat buka tidak dihambat oleh per dan saat nutupnya memanfaatkan gaya grafitasi dari air sendiri.

      Melepas Per pada Tusen Klep cara ekstrem ya Teman-Teman, misalnya kondisi darurat saja saat itu tidak sedia Tusen Klep dan pompa air dibutuhkan segera. Kalau sudah beli Tusen Klep bisa di pasang lagi.

      Kalau sudah rusak banget, solusinya harus diganti ya Teman-Teman, murah koq kemarin Admin juga mengalami kendala ini dan beli baru harga 15k. Beda Toko beda harga juga mungkin hehe
      .
      .
    5. Daya hisap Pompa Rendah
      Hal ini bisa terjadi karena Seal Pompa rusak, seal ini terdapat antara motor dengan pompa dan merupakan isolasi agar tidak ada kebocoran air keluar melalui shaft/poros yang menghubungkan motor dengan pompa.

      Biasanya terjadi karena sudah life time atau umur pompa sudah tua. Hal ini sering menjadi penyebab Sanyo tidak keluar air.

      Untuk mengecek apakah daya pompa rendah bisa dilakukan dengan cara pompa dinyalakan dan lubang hisapnya ditutup dengan tangan kita, kalau sedotan kuat, tangan kita akan terasa seperti ketarik dengan keras.

      Kalau sudah kena masalah ini, solusinya adalah ke tukang pompa untuk diperbaiki, karena bisa jadi kumparan/belitan motor yang rusak juga yang mengakibatkan putaran motor kurang sesuai nominal awal saat kondisi masih normal.

      .
      .

    6. Ketinggian tandon air tidak sesuai spesifikasi Pompa
      Hal ini bisa di lihat dari spesifikasi pompa sendiri, dimana sering mensyaratkan ketinggian maksumum tandon yang bisa di isi air.

      Misalnya tinggi maksimal 20 meter, maka maksimal dari pompa ke tandon adalah 20 meter, apalagi kalau kondisi pipa berbelok-belok, tentu semakin berat kerja pompa.

      Saran dan solusinya yaitu ubah ketinggian tandon dari pompa agar sesuai dengan jarak ketinggian maksimum pompa.

      Jika memungkinkan jangan banyak belokan, kalau ketinggian memang tinggi artinya butuh pompa dengan kemampuan lebih alias upgrade pompa.

      Ingat ya Teman-Teman, pipa yang menuju ke Tandon hanya 1 ya. Jika kalian punya 2 tandon dan 1 pompa, di atur posisi pompa seperti ilustrasi di bawah ini. 

      Posisi_piping_Pompa_air_yang_benar


      Jangan sampai 1 pompa untuk mengisi 2 tandon dengan konfigurasi 2 pipa masuk ke masing-masing tandon, akan 2 kali lebih berat kerja pompa.
      .
      .

    7. Diameter pipa hisap tidak sesuai
      Hal ini juga bisa berpengaruh karena jika tidak sesuai akan mempengaruhi performa pompa tidak sesuai dengan name plate nya.

      Misalnya pipa hisap terlalu besar dari spesifikasi yang diminta otomatis kerja pompa tidak maksimal.

      Solusinya adalah baca lagi spesifikasi pompa dan permintaan pompa agar kerja pompa maksimal sesuai dengan kemampuan pompa tersebut.

    Penutup

    Yang mana Teman-Teman kerusakan pada Pompa Air Teman-Teman, semoga sudah mendapatkan solusinya ya.

    Semoga segera air di rumah Teman-Teman tidak ada kendala lagi. 

    Silakan sharing permasalahan yang pernah Teman-Teman alami dan solusinya apa, silakan tuliskan di komentar sehingga bermanfaat bagi Teman-Teman yang lain.

    Demikian Teman-Teman artikel ini tentang Penyebab Pompa Air / Sanyo tidak keluar air beserta solusinya.

    Semoga bermanfaat ya,
    Salam,
    Syaffi


    Artikel Populer dan Iklan



    Dapatkan Artikel Terbaru Via Email


    Comments