Daftar isi [Tampilkan]


Halo Teman-Teman,

Berjumpa lagi setelah sekian hari tidak ngupdate postingan terbaru hehe.. Karena beberapa kesibukan yang cukup menguras uang, halah oposih wkwk

Ya singkat cerita memang sedang merenovasi rumah gitu lah, dan sebagai tahap akhir, eh maksudnya menjelang tahap akhir dalam pekerjaan merenovasi rumah adalah mengecat. Cat dinding ya teman-teman, biar kelihatan lebih kinclong dan berwarna, penuh kehangatan dan kebahagiaan. apasih wkwk

Ya intinya biar makin cantik saja dalam tampilan rumah, karena dengan mengecat dinding semakin menambah kesan bahwa rumahnya memang di renovasi. Sengaja memang mau ngecat ulang karena cat lama sudah banyak yang pudar dan tidak cerah lagi, sudah tidak enak di pandang mata.

Sharing saja ya Teman-Teman, pengalaman hari ini Saya membeli cat dinding rumah.

Awal-awal yaitu survei lokasi pembelian cat, dan karena sumber paling mudah di dapat yaitu dari tukang yang sedang merenovasi rumah, meminta saran tempat pembelian dimana, lalu merk apa, keunggulan apa berdasarkan pengalaman tukang yang biasa mengecat rumah di tempat lain.

Selanjutnya ditambah dengan melihat review dari internet, yaitu mencari nama toko di Google Maps kemudian setelah ketemu kita tap nama toko tersebut untuk mendapatkan informasi lain, seperti review dari pembeli lain dan juga rating bintang di Google Maps.

Informasi di sana tentu subjektif dari masing-masing pembeli, karena selera berbeda dan pendapat juga berbeda, namun cukup juga sebagai informasi awal kualitas dan ketersediaan cat di sana.

Setelah yakin dan mendaptkan informasi yang cukup lanjut menuju ke tokonya, oiya jangan lupa bawa uang yang cukup sesuai kebutuhan kita berapa kg, tanyakan ke tukang kebutuhan estimasi untuk mengecat berapa banyak dinding di rumah kita.

Kita juga bisa melihat dan mengecek di internet review dari merk cat tertentu beserta sebarannya cat, misalnya kita cari informasi sebaran 1 kg cat merk A adalah 5 meter persegi misal, maka sesuaikan dengan luas dinding yang akan kita cat dengan jumlah / banyaknya cat yang akan di beli.

Informasi harga juga perlu dicari, agar budgeting kita untuk membeli cat sesuai. Jangan sampai kejadian sudah pilih cat tertentu eh uang nya kurang, kan maluuu..hehe Jadi pembeli yang kritis, tidak apa-apa kita tanya-tanya dulu nanti di toko secara detail tentang harganya.

Selanjutnya adalah ke toko dan sampaikan keperluan disana, paling tidak informasi warna dan sebutkan kebutuhan untuk cat apa, nanti dikasih pilihan oleh pelayan toko. Pilih warna yang cocok dan tanyakan harganya beserta jumlah kebutuhan kita dalam kilogram ya Teman-Teman.

Dari toko biasanya menawarkan, jika warna yang kita minta tidak ada yang sudah dalam kemasan, maka akan ditawarkan untuk diracik oleh tokonya, dan kalau kita bersedia kita akan diracikkan warna nya sesuai di katalog warna yang sudah kita pilih di awal tadi.

Karena teori dasar, warna-warna tertentu adalah kombinasi dari beberapa warna yang di campur dan di aduk hingga homogen/menyatu, dan memang biasanya toko cat seperti itu, hanya menyediakan warna-warna dasar, sedangkan warna lain akan di kombinasikan.
Contoh Katalog Warna Cat

Kita jangan khawatir warna tidak sesuai, karena pihak toko sudah menyediakan alat canggih, ceileh, ya memang canggih, karena sudah computerize, dimana pengaturan sekian persen kombinasi warna ini itu, nanti akan menjadi warna yang sesuai dengan keinginan dan permintaan kita.

Urutan meraciknya kurang lebih adalah, mencampurkan warna-warna dasar dalam prosentase jumlah yang sudah ditentukan oleh komputer dalam mesin pencampur. Prosesnya mungkin sekitar 5 menit. Kemudian setelah bahan warna-warna dasar tadi dimasukkan ke dalam wadah cat, selanjutnya adalah menutup serapat mungkin wadah tersebut, dan kemudian dimasukkan dalam mesin pencampur yang berputar (seperti pengering pada mesin cuci).

Jadi, cat tersebut akan diputar agar pencampurannya merata dan membuat warnanya menjadi warna yang kita inginkan/kita minta. Proses ini kurang lebih sekitar 10 menit. Santuy saja di sana, biasanya ada tempat duduk koq hehe

Sambil menunggu pesanan cat kita di buatkan secara custom warna, kita bisa membeli barang-barang lain untuk kebutuhan mengecat, atau kalau sudah punya di rumah ya tidak perlu hehe Barang-barang umum yang harus ada untuk cat yaitu kuas/ roller, boleh kuduanya koq, roller untuk bidang datar yang luas sedangkan kuas untuk bidang sempit.

Tidak lupa juga beli tatakan cat (atau apalah namanya itu) atau orang biasanya menyebut dengan bak cat, agar saat ngecat tidak berceceran kemana-mana. Kalau perlu beli juga isolasi kertas, untuk menutup bagian tertentu agar tidak kena cat, biasanya ada koq di toko cat, kalau tidak ada bisa saja ke toko alat-alat kantor begitu, atau mungkin ke toko bangunan juga kadang ada.

Setelah semua pesanan sudah siap, jangan lupa minta nota dan membayarnya di kasir ya Teman-Teman. FYI, untuk ukuran cat s.d 25 kg, kita bisa membawa dengan motor Teman-Teman. Kalau misalnya beli lebih dari itu mungkin bisa di bawa 2 kali atau bawa mobil sekalian.

Sekian Teman-Teman sharing kali ini, semoga bermanfaat.

Salam,
Syaffi