Daftar isi [Tampilkan]


Halo Teman-Teman,

Di HP android kalian, ios kalian atau Windows Phone kalian hampir pasti ada whatsapp bukan? 

Ya aplikasi satu ini memang favorit bagi banyak orang, dan tidak jarang mereka menggunakannya untuk keperluan apapun, misalnya untuk pekerjaan, untuk sekedar chating, berjualan dan lain sebagainya. Ternyata pengguna Whatsapp di dunia telah mencapai Milyaran pengguna, wow luar biasa bukan?

Pengguna di Whatsapp semakin di manjakan oleh Whatsapp, dengan berbagai fitur yang ada sekarang ini, yang telah dilakukan update untuk bisa melakukan banyak kemampuan dari Whatsapp, dan salah satunya fitur favorit dari Whatsapp adalah panggilan video/video call.

Orang - Orang dapat melakukan panggilan video dengan sangat mudah, hanya tap lambang video dah selesai kita melakukan panggilan video, kemudian menunggu panggilan tersebut di angkat oleh orang yang kita panggil.

Bahkan sampai dengan saat ini, pengembangan Whatsapp selalu di tingkatkan untuk memanjakan pengguna agar semakin betah dan loyal terhadap aplikasi ini. Setelah bisa melakukan panggilan video ke seseorang, ternyata kita saat ini juga bisa melakukan panggilan video dengan beberapa orang sekaligus.

Hal ini cocok dan bisa dilakukan untuk video call dengan teman mungkin, dengan keluarga dan mungkin juga bisa dilakukan untuk meeting online. Istilah kerennya adalah video conference, yang mungkin dulu terlihat mewah dan keren dan perlu perangkat tertentu, sekarang ini bisa dilakukan dengan smartphone kita. Luar biasa bukan pengembangan aplikasi Whatsapp ini.

Lalu bagaimana aturannya atau batasan maksimal kita bisa melakukan panggilan video ini? Dikutip dari situs resmi FAQ Whatsapp, kita diperbolehkan untuk melakukan video call dengan 4 orang secara bersamaan. Ya cukup lah untuk panggil keluarga, misalnya orang tua, adik, kakak, mbah, bisa beramai-ramai video call.

Kita dapat melakukan Video call atau Panggilan Video kepada siapapun, tidak terbatas tempat, tidak terbatas negara, alias selama ada koneksi internet kita bisa melakukan panggilan video, terkecuali mungkin di beberapa negara yang melarang untuk dilakukan panggilan video.

Untuk melakukan panggilan Video pada Android dapat dilakukan pada Android dengan versi 4.1+ (Android Jelly Bean atau lebih) dan tentunya di support oleh perangkatnya ya Teman-Teman. Kemudian untuk Panggilan Video bisa dilakukan pada Windows Phone dengan versi 8.1+. Lalu untuk menggunakan panggilan Video pada iOS dengan versi 8+.

Begini caranya untuk melakukan Panggilan Video, secara umum untuk di Android, di Windows Phone dan di iOS hamir sama :

  • Buka chatting dengan seseorang
  • Klik tanda 
  • Sudah gitu aja, gampang bukan?
Kemudian untuk melakukan Panggilan Video beramai-ramai dengan maksimal ke 4 kontak secara bersamaan caranya sebagai berikut :
  1. Jika kita dalam chat suatu grup, ketuk tanda , kemudian cari dan pilih dari kontak yang akan dilakukan panggilan video secara bersama-sama dan tap 
  2. Jika kita dalam tab Panggilan, tap panggilan baru  kemudian kita tap panggilan grup  lalu kita cari dan pilih kontak yang akan dilakukan panggilan video, dan tap  untuk melakukannya
  3. Untuk melakukan Panggilan Video yang dimulai dari chat individu, caranya yaitu menuju chat pribadi dan pilih panggilan video, kemudian setelah diangkat kita tambahkan peserta lain untuk dimasukkan dengan tap , kemudian cari dan pilih kontak yang akan dilakukan panggilan video, lalu klik tambahkan
Bagaimana, mudak bukan untuk melakukan Panggilan Video beramai-ramai? Oiya ada beberapa catatan / ketentuan dalam Panggilan Video, cek berikut ini ya :
  • Cek koneksi internet, internet yang stabil dan kualitas baik akan memperlancar panggilan video, jika koneksi internet tidak kencang dan stabil, bisa jadi panggilan video terputus.
  • Ketika melakukan panggilan Video secara beramai-ramai, maka para peserta akan ditampilkan dalam satu layar, karena maksimal 4, maka 4 orang tersebut akan ditampilkan semuanya di layar HP kita.
  • Kita bisa melakukan nonaktif kamera HP kita, misalnnya mau menjaga privasi dan tidak ingin wajah kita terlihat di Panggilan Video, kita bisa tap tanda  saat panggilan video sedang berlangsung.
  • Kita tidak dapat mengeluarkan seseorang keluar dari Panggilan Video, jadi hanya orang tersebut yang bisa mengeluarkan dirinya sendiri dari panggilan video dengan menekan tanda merah.
Mungkin hanya itu tutorial untuk melakukan Panggilan Video (Video Call) secara beramai-ramai dengan maksimal 4 orang. Semoga bermanfaat.

Salam,
Syaffi