-->

Keliling di sekitar Sangkapura Bawean, Ada Apa Saja?

Daftar isi [Tutup]


    Hai Teman-Teman,

    Berbicara mengenai Pulau Bawean, kita tak lepas dari berbicara mengenai keindahannya, pulau dengan 2 kecamatan ini yaitu Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak, sangat menarik untuk dikunjungi, apalagi jika kita bisa menikmati sunset di Gili Noko, Luar biasa keindahannya.

    Sebentar, ada yang belum tahu Gili Noko? Buruan gih cari informasinya di Google Maps misalnya, nanti banyak postingan tentang keindahan pasir putih dan keindahan terumbu karang/pemandangan bawah lautnya.

    Eh ini malah bahas apa hehe

    Jadi Teman-Teman, kali ini Saya mau sharing tentang ada apa saja sih di sekitar Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean, membahas sekitar kota saja ya, tidak sampai menyeberang laut hehe

    Baca Juga : Cara ke Pulau Bawean, Bisa Jalur Laut maupun Udara Lho

    Jadi di sekitar Pelabuhan Umum Bawean, dengan jarak kurang lebih 5 km dari sekitar Pelabuhan, merupakan daerah Kota dari Kecamatan Sangkapura, di sekitar Kota ada apa saja sih.


    Pelabuhan Umum Bawean, yaitu Pelabuhan yang di pakai oleh Masyarakat Bawean untuk menuju dan keluar Bawean terutama menuju ke Gresik, Jawa Timur. Pelabuhan ini utamanya untuk penumpang, dengan kapal yang setiap harinya ada yang menuju ke Bawean maupun ada yang keluar dari Bawean. Kapal penumpang yang keluar masuk dari Pelabuhan Umum Bawean yaitu Natuna Express, Bahari Express, Blue Sea Jet 1, dan juga ada kapal lain (kapal kayu) yang biasa membawa barang kebutuhan masyarakat Bawean (bukan kapal penumpang).

    Kapal Cepat 3 tersebut, layar dari Bawean ke Gresik dan sebaliknya dengan durasi layar +_ 4 Jam.
    Beberapa kapal yang sandar di Pelabuhan Bawean bisa di lihat pada foto berikut ini

    Pelabuhan ASDP Bawean, sebenarnya hampir sama fungsinya dengan Pelabuhan Umum Bawean, namun bedanya adalah di Pelabuhan ASDP Bawean, para penumpang bisa membawa serta mobilnya / kendaraan roda 4 lainnya masuk di dalam Kapal. Sebenarnya bukan hanya untuk kendaraan roda 4 saja, namun kendaraan roda 2, barang-barang lain, bisa juga masuk di dalam Kapal yang sandar di Pelabuhan ASDP.

    Selain untuk barang, kapal yang menggunakan Pelabuhan ASDP juga bisa mengangkut penumpang, dimana penumpang ada di lantai atas, sedangkan barang ada di lantai bawah. Oiya, kapal yang melayani Masyarakat Bawean menggunakan Pelabuhan ASDP adalah kapal jenis RORO, yaitu kapal Gili Iyang. Durasi layar +_ 9 Jam, dengan tujuan Bawean - Paciran (Lamongan) dan Bawean - Gresik dan sebaliknya.

    Tugu Bawean, tugu ini berada tidak jauh dari alun-alun Sangkapura, dengan jarak < 1km dari alun-alun, tugu ini yang biasa menjadi icon nya Sangkapura Bawean.

    Pelabuhan Perikanan Bawean, pelabuhan ini sebenarnya adalah pelabuhan untuk nelayan yang akan pulang dan pergi mencari ikan di laut. Terletak di komplek Dinas Perikanan Bawean, pelabuhan ini baru saja selesai di bangun dan masih bagus.

    Seian Teman-Teman, Jangan lupa sempatkan berkunjung ke Bawean, jangan buang sampah sembarangan ya..!!

    Salam,
    Syaffi


    Kotak Penelusuran




    Comments