-->

Daftar Kuliner Khas Gresik Jawa Timur

Daftar isi [Tutup]


    Selamat Pagi Teman-Teman,
    Berbicara kota Gresik, atau dikenal juga Kota Santri dan sering juga disebut sebagai Kota Wali, jika berkunjung ke Gresik rasanya kurang lengkap kalau tidak mengetahui Kuliner / Makanan Khas Kota Gresik, dikutip dari berbagai sumber untuk ilustrasinya, berikut daftar makanan Khas Gresik yang cocok untuk oleh-oleh Teman-Teman saat berkunjung ke Kota Santri.
    1. Nasi Krawu
      Sumber http://disparbud.gresikkab.go.id
      Nasi Krawu merupakan nasi biasa yang diberi lauk berupa daging suwir, bisa daging sapi atau yang lainnya, kemudian dikasih serundeng dan sambal pedas. Cocok dimakan saat masih hangat, rasanyaa enaak. Untuk tempat terkenal di Gresik yang menjual nasi krawu diantaranya Nasi Krawu Bu Tiban, kemudian nasi Krawu Bu Azza, dan masih banyak tempat yang lain, bisa dibuka saja di Google Maps dengan kata kunci Nasi Krawu, nanti muncul banyak pilihan tempat makan Nasi Krawu.
    2. Bandeng
      Sumber http://disparbud.gresikkab.go.id
      Ya Bandeng, olahan Bandeng di Gresik juga sangat terkenal, bahkan sering orang luar kota yang berkunjung ke Gresik kalau belum makan bandeng rasanya ada yang kurang. Olahan bandeng antara lain otak-otak bandeng, bandeng asap. Tempat yang menjual olahan bandeng diantaranya Bandeng Pak Elan 1 dan Bandeng Pak Elan 2, kemudian Bandeng Bu Muzanah, bisa juga dibeli online.
    3. Pudak
      Sumber http://disparbud.gresikkab.go.id
      Sebenarnya makanan ini mungkin seperti jenang, karena bahan utama pembuatannya adalah dari tepung beras dan gula jawa, yang unik adalah penyajiannya menggunakan kombot jagung (kulit jagung) yang di jahit sedemikian rupa hingga bentuknya seperti foto dibawah ini. Rasa utamanya yang jelas manis, karena dibuat dari Gula, silakan mencobanya ya teman-teman saat berkunjung di Gresik. Pudak dapat diperoleh di seberang Kantor Utaman Semen Indonesia, di jl Veteran, ada banyak ruko-ruko yang menjual Pudak ini.
    4. Jenang Jubung

      Hampir sama dengan Pudak, namun bahan utamanya menggunakan ketan hitam yang ditaburi dengan wijen, penyajiannya pun sama dengan Pudak yaitu menggunakan kulit jagung.
    5. Makanan lain di Gresik juga banyak seperti Lontong Balap, Soto Haji Karim, dan lain sebagainya. Tempat kuliner (pujasera) yang menyediakan banyak makanan khas Gresik diantaranya Pujasera Semen Indonesia, kemudian Pujasera dekat McD GKB, kemudian di sekitar alun-alun Gresik hari Sabtu dan Minggu juga banyak.
    Sekian sharing kali ini tentang Kuliner Khas Gresik, jangan lupa beli oleh-oleh dan mencoba kuliner saat berkunjung ke Gresik ya Teman-Teman, Semoga Bermanfaat.

    Salam,
    Syaffi



    Kotak Penelusuran




    Comments