Daftar isi [Tampilkan]


Selamat sore Teman-Teman,

Whatsapp Bisnis? apakah itu?
Sudah ada yang tahu atau malah belum tahu hehe

Posting kali ini bisa menambah wawasan Teman-Teman baik yang belum memakai Whatsapp Business maupun yang sudah memakainya untuk bahan referensi saja.

Berbicara dunia bisnis, pasti memerlukan sebuah kontak, diantaranya alamat email, nomor telepon, alamat kantor, website resmi dan sebagainya, agar bisnis ini dapat diyakini oleh para pengguna bisnisnya, atau para rekan bisnisnya. Penggunaan whatsapp dalam kontak sebuah bisnis dapat dilakukan sebagai opsi / pilihan customer menghubungi suatu bisnis melalui Whatsapp, hal inilah yang mungkin melatarbelakangi adanya Whatsapp Business, sehingga suatu bisnis yang menggunakan Whatsapp Business dapat diyakini atau dipercaya oleh customer / rekan bisnisnya.

Saat ini Whatsapp Business masih menyasar pengguna dengan bisnis skala kecil, atau bisa disebut UMKM. Kedepannya akan dikembangkan Whatsapp Business untuk skala bisnis besar, walaupun kenyataannya bisa juga whatsapp ini di pakai oleh perusahaan besar karena fungsinya sebagai informasi saja.

Whatsapp Business akan membuat interaksi antara pemilik usaha kecil dengan rekan bisnis atau pelanggannya lebih mudah, karena terdapat fitur-fitur yang bisa dipakai untuk menyortir barang, mengoutomasi, membalas dengan cepat dsb.

Di dalam Whatsapp Business kita bisa setting informasi penting tentang bisnis kita, seperti informasi nama bisnis, nama teman-teman, alamt bisnis, kategori bisnis, email dan situs web. Catatan untuk nama bisnis, hanya 1 atau 2 kali boleh ganti begitu, jadi upayakan nama bisnis sudah fix ya teman-teman. Contoh tampilan akun Whatsapp Business di bawah ini.

Untuk memiliki Whatsapp Business, Teman - Teman bisa meluncur ke Google Play dan ketik pada pencarian Whatsapp Business, nanti install, atau klik di sini untuk install Whatsapp Business.

Untuk membuat profil akun Whatsapp Business seperti pada screenshoot tersebut diatas, bisa dilakukan dengan cara :
  1. Buka Whatsapp Business - tap Pengaturan - Pengaturan Bisnis - Profil
  2. Tap edit pada kanan atas
  3. Lalu tap pada bagian yang akan di update atau ditambahkan, dan tap simpan
Penggunaan selanjutnya seperti penggunaan Whatsapp pada umumnya seperti kirim foto, kirim pesan dan lain sebagainya, namun ada menu / pilihan juga untuk menunjang bisnis kita.


Demikian sharing tentang Whatsapp Business, semoga bermanfaat.
salam,
syaffi