Daftar isi [Tampilkan]


Selamat Malam Temen-Teman,

Bagi Teman-Teman yang seorang YouTuber, ataupun penikmat video YouTube, sering bukan melihat Thumbnail? Atau malah mungkin belum tahu apa itu thumbnail? hehe

Sekilas tentang thumbnail ya, dikutip dari Google Support disini, bahwa Thumbnail video memungkinkan penonton untuk melihat gambaran singkat tentang video Anda selagi mereka melihat-lihat video di YouTube. Setelah video selesai diupload, Anda dapat memilih thumbnail dari tiga opsi yang otomatis dihasilkan YouTube, atau upload thumbnail Anda sendiri.


Thumbnail mungkin bisa di ibaratkan layaknya sebuah cover buku, dimana cover buku akan di desain sebaik mungkin sehingga bisa membuat pembacanya tertarik, dan tentunya cover tersebut sesuai dengan content / isinya. Thumbnail custom sering dipakai / digunakan oleh para YouTuber untuk menggaet klik bagi para viewernya. 

Harus mematuhi kebijakan YouTube ya untuk membuat thumbnail, jangan sampai membuat Thumbnail yang istilahnya click bait, atau dengan gambar yang sedikit "vulgar' untuk mendapatkan klik dari viewer. Tentunya hal tersebut akan membuat rasa kesal bagi penonton.

Teman-Teman pernah mengalami tidak saat video sudah di upload ke YouTube, namun karena Thumbnail kurang cocok akhirnya menggantinya. Namun sesaat setelah mengganti, malah tidak ada perubahan pada thumbnail.

Contoh thumbnail youtube
Contoh thumbnail youtube
Teman-Teman jika pernah mengalami hal seperti dijelaskan di atas jangan panik ya, karena YouTube perlu / butuh proses untuk mengganti thumbnail yang sudah kita siapkan. Mungkin butuh beberapa menit dan menurut pengalaman Saya, tidak sampai dengan 1 jam gambar thumbnail video yang kita ubah akan berubah. 

Sekian berbagi pengalaman dalam membuat thumbnail di YouTube, semoga bermanfaat ya Teman-Teman.

Salam,
Syaffi