--> ADAB : Lebih Utama Setelah Ilmu, dan bagaimana cara menghormati orang lain, berikut tips nya -->

√√ ADAB Lebih Utama Setelah Ilmu


Daftar isi [Tutup]
      √√ ADAB Lebih Utama Setelah Ilmu - Selamat Sore Temen-Teman,
    Semoga Teman-Teman dalam keadaan sehat selalu ya

    Ngomongin tentang Adab, baik itu adab terhadap orang tua, rekan kerja, rekan sekolah rekan kuliah, kita harus bisa menjaga adab, karena banyak yang mengatakan bahwa adab tingkatannya di atas ilmu. 

    Sekarang ini yang Admin alami sendiri, banyak dari anak muda sekarang yang memiliki adab yang kurang baik terhadap orang lain.

    Sumber : http://blogomasupartana.blogspot.com

    Pentingnya adab harus kita lakukan sejak dini dan dimulai dari diri sendiri dan keluarga, agar dalam kehidupan kita menjadi lebih baik, agar kualitas hubungan kita dengan orang lain menjadi semakin baik lagi.

    Contoh sederhana dalam menjaga ADAB

    Berikut beberapa contoh sederhana yang harus kita lakukan untuk kita menjadi manusia dengan adab yang baik, yaitu :
    1. Komunikasi yang baik
      Dalam komunikasi kita dengan orang lain apalagi dengan orang yang lebih tua dari kita, gunakan tatacara komunikasi yang baik.

      Komunikasi dengan sesama (seumuran) dan mungkin dulu Teman Sekolah atau Teman di kampus, sangat perlu juga menjaga komunikasi dengan baik, apalagi jika kita jarang bertemu.

      Pasti ketika bertemu harus menjaga komunikasi sebaik mungkin, jangan menyinggung perasaannya dan juga jangan membuat Teman kita merasa "ih ngapain sih tanya-tanya gitu", walaupun dulu Teman nongkrong, Teman kongkow bareng dan lain sebagainya.

      Tetap dimanapun dan dengan siapapun harus menjaga komunikasi dengan baik ya.

      Komuikasi yang baik di sini bisa komunikasi secara langsung maupun secara tidak langsung (melalui media komunikasi).

      Sebagai Contoh misal ketemu langsung dengan orang yang lebih tua daripada kita dan kita membutuhkan beliau untuk dimintai tolong, dapat kita menyapa beliau terlebih dahulu  dengan ucapkan salam dan dengan senyuman.

      Lalu sampaikan permintaan maaf jika perlu, kemudian utarakan maksud dan tujuan kita dengan bahasa yang sopan, terlebih bagi orang Jawa khususnya, kita bisa menggunakan kata-kata kromo alus kemudain jangan lupa ucapkan terimakasih.

      Jika permintaan tolong kita sampaikan melalui media tidak langsung, misalnya SMS, Whatsapp dsb, template kurang lebih sama dimulai dengan ucapan, permohonan maaf jika perlu dan ucapkan maksud dan tujuan serta ucapkan terimakasih di akhir permintaan.

      Contoh sederhana jika komunikasi dengan Whatsapp :

      "Selamat Siang Pak, Mohon maaf sebelumnya, Saya mau minta bantuan ke Bapak untuk mereview pekerjaan yang saya submit, mohon masukan saran jika ada yang masih perlu Saya perbaiki. Terimakasih Pak."

    2. Bertingkah laku dengan baik
      Tingkah laku di sini lebih ketika kita bertemu secara langsung dengan orang lain, siapapun mereka kita harus bertindak dengan baik terhadap orang lain.

      Baik yang sudah kenal belum kenal atau yang baru pertama kali ketemu, minimal berikan salam atau senyuman kepada orang lain.

      Dengan catatan memang kita bertemu dengan orang lain di forum bersama, memang kita mau ngobrol bersama dsb, jika di tempat umum dan kita belum mengenal alangkah lebih baik kita untuk diam daripada dicap sok kenal, ya kan?

    3. Hormati dengan sebaik-baiknya
      Ada orang yang bilang, hormatilah orang lain sebelum kita minta dihormati, kira-kira ini juga cocok untuk bisa di aplikasikan.

      Kita juga perlu memandang diri kita di sisi lain, di posisi orang tersebut, misalnya jika kita posisi di orang lain dan tingkah laku kita terkesan tidak menghormati, ya kira-kira seperti itu pandangan orang lain terhadap kita, bercerminlah.

      Terlebih beliaunya adalah Guru kita, maka kita harus menjaga sikap serta harus menghormatinya dengan baik.

      Menghormati dengan baik ini misalnya dengan tidak melakukan hal-hal yang membuat beliau tersinggung, atau membuat beliau merasa "gerah" terhadap tingkah laku kita.

    Penutup

    Mungkin sementara itu berbagi pengalaman / tips bagaimana menjaga adab kita kepada orang lain.

    Sehingga dalam kehidupan kita sehari-hari akan menjadi lebih baik dengan cara menghormati orang lain dan menjaga adab kita.

    Jangan lupa komentar ya jika Teman-Teman punya tips lain dalam menjaga adab kita. 

    Semoga bermanfaat.
    Salam,
    Terimakasih



    Tema Blogger SEO Friendly

    Template Blogger Terbaik


    Artikel Unggulan



    Hosting dan Domain MURAH




    Berlangganan Via Email

    Tulis Alamat Email


    Comments